≡ Menu

Cara Mengecek Kualitas Charger dan Baterai HP Android

Cara Mengecek Kualitas Charger dan Baterai HP Android

Sebagai pemakai ponsel Android, kadang kita hanya bisa menerima apa adanya terhadap kualitas baterai dan charger. Tapi bukankah lebih bagus jika kita sendiri mengetahui bagaimana kualitas sebenarnya? Tentunya ini sangat mudah dan tidak perlu membongkar komponen apapun.

Kualitas baterai biasanya diukur dari banyaknya mAh (miliampere per hour), sedangkan kualitas charger diukur dari kecepatan mA yang didapatkan. Jika ingin mengetahui berapa banyak mAh baterai, itu bisa dilihat dari spesifikasi ponsel di internet. Sedangkan untuk mengukur kualitas charger, tak bisa dilakukan di internet.

Ada satu aplikasi yang dapat membantu kamu untuk melihat kualitas charger dan baterai dengan sangat mudah. Nama dari aplikasinya adalah Ampere. Sebenarnya aplikasi tersebut bertujuan untuk memastikan kinerja charging pada ponsel, tapi terdapat pula fitur untuk mengecek kesehatan baterai saat ini.

Baca juga: Tips Membeli Baterai Baru untuk HP Android

Mengecek Kualitas Charger dan Baterai dengan Aplikasi Ampere

Dengan aplikasi Ampere, kamu bisa mengetahui seberapa banyak energi baterai yang diasumsikan ketika ponsel digunakan saat ini. Dan kamu juga bisa melihat seberapa baik kecepatan charger/kabel yang dipakai, serta bisa mulai untuk membedakan dengan charger yang lain.

Cara penggunaan aplikasi Ampere sangatlah mudah, ketika ponsel sedang tidak di-charging, maka aplikasi tersebut akan menampilkan interface berwarna jingga yang mana itu adalah perhitungan seberapa banyak energi yang dihabiskan sekarang.

Mengetahui Penggunaan Energi Baterai di Aplikasi Ampere

Sedangkan jika ponsel mulai di-charging, maka interface pada aplikasi Ampere akan berubah menjadi warna hijau dan akan menampilkan seberapa cepat mA yang didapatkan dari charger yang dipakai sekarang ini. Jika ponsel kamu telah mendukung fitur fast-charging, maka hasil kecepatan yang didapatkan kurang lebih 2500mA keatas.

Mengetahui Kecepatan Charger Android pada Aplikasi Ampere

Fitur Tambahan pada Aplikasi Ampere

Terdapat sedikit fitur tambahan yang disediakan pada aplikasi Ampere. Yaitu mengetahui kesehatan, persentase, voltage, temperatur pada baterai. Selain itu, juga telah disediakan widget untuk dipasang pada homescreen ponsel.

Fitur Lain pada Aplikasi Ampere

Interface pada aplikasi Ampere tak hanya memiliki dua warna (hijau dan jingga) saja. Tapi ada warna merah yang berarti tegangan terlalu tinggi pada kesehatan baterai, lalu ada pula warna biru yang berarti proses pengisian sudah penuh 100%.

Mengapa Aplikasi Ampere Tidak Bekerja?

Saat ini tak semua ponsel Android bisa menjalankan aplikasi ini. Tapi kebanyakan ponsel Android kini di versi Lolipop keatas akan dapat menjalankan aplikasi Ampere tanpa ada masalah.

Perlu diketahui bahwa proses perhitungan yang dibutuhkan aplikasi Ampere kurang lebihnya adalah 10 detik. Jadi setelah membuka aplikasinya, silakan tunggu beberapa saat sampai disana tampil perhitungannya.

Baca juga: Tips Merawat Ponsel Ketika Tidak Dipakai Dalam Jangka Lama

Download Aplikasi Ampere untuk Android

Aplikasi Ampere dapat digunakan pada ponsel Android versi 4.0.3 keatas, dan memiliki ukuran sekitar 6MB. Tidak perlu akses root dan juga Ampere memiliki versi PRO untuk menghilangkan iklan yang ada. Untuk mengunduhnya, silakan tekan pada banner hijau dibawah ini.

DOWNLOAD

Satu hal terakhir yang perlu untuk diketahui adalah perhitungan yang dilakukan oleh aplikasi Ampere tidak berarti akurat 100%, namun itu sudah mendekati dari sempurna. Hal ini juga telah disampaikan oleh pengembang pada halaman aplikasi tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment