≡ Menu

Cara Mengambil Screenshot di Ponsel Android

Cara Mengambil Screenshot di Ponsel Android

Kegunaan dari fitur screenshot yang ada di ponsel adalah menangkap tampilan layar saat ini. Banyak orang menggunakannya untuk menyimpan suatu gambar di internet dengan cepat, atau bahkan menyimpan barang bukti konversasi yang pernah dilakukan pada suatu aplikasi.

Jika di komputer, melakukan screenshot atau capture layar bisa dengan mudah dilakukan dengan menekan tombol Print Sc, sedangkan pada ponsel Android memiliki cara tersendiri dan bisa dilakukan dengan banyak cara.

Artikel ini akan membagikan tata cara untuk melakukan screenshot di ponsel Android dan tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Tak ada perbedaan sampai saat ini, semua jenis OS Android bisa melakukan dengan cara yang sama.

Baca juga: 5 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

Tutorial Mengambil Screenshot pada HP Android

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Tapi disini hanya akan membagikan cara yang paling mudah. Yaitu menggunakan tombol yang ada pada ponselnya. Selengkapnya silakan untuk menyimak tata caranya dibawah ini.

  1. Siapkan sesuatu pada layar untuk di-screenshot
  2. Jika sudah, tekan tombol POWER sembari menekan tombol VOLUME BAWAH
  3. Maka akan muncul notifikasi bahwa tangkapan layar telah diambil

Disaat terdapat notif tersebut, gambar screenshot sudah berhasil tersimpan dan dapat langsung dilihat pada Galeri di folder/album Screenshots.

Adapun cara lain yang lebih mudah, yaitu cukup menekan lama tombol power kemudian menunggu sampai dialog tampil. Disana biasanya terdapat opsi/menu Screenshot atau Capture, cukup tekan pada opsi tersebut. Namun sayangnya opsi tersebut tak tersedia untuk semua OS Android.

Melakukan Screenshot Menggunakan Bantuan Aplikasi

Jika kamu merasa dengan menekan tombol masih tergolong susah, maka satu-satunya cara termudah yang lain adalah memakai bantuan aplikasi. Saat ini terdapat puluhan aplikasi untuk membantu melakukan screenshot dengan mudah.

Tapi yang disarankan disini adalah aplikasi bernama Screenshot Touch. Itu merupakan aplikasi penangkap layar yang memiliki banyak fitur. Untuk mengambil screenshot bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menekan tombol dari panel notifikasi, atau bahkan cukup menggoyangkan ponsel saja.

Aplikasi Screenshot Touch buatan Daejeong Kim ini memiliki peminat yang banyak. Pada Play Store telah mendapati rating 4.6 yang mana itu sangat tinggi. Hanya saja aplikasi ini terbatas pada OS Android, sebab hanya mendukung pada OS Lolipop keatas.

Memanfaatkan Gestur Screenshot Tiga Jari

Kebanyakan ponsel Android kini dilengkapi dengan sensor multi touch yang cukup banyak sehingga dapat mengoperasikan beberapa jari di layar pada satu waktu. Sama halnya dengan fitur Screenshot Tiga Jari, itu tersedia pada ponsel Android masa kini.

Menggunakan Screenshot Tiga Jari di Ponsel Android

Cara kerjanya sangatlah sederhana. Cukup menyentuh layar dengan tiga jari (telunjuk, tengah, dan manis) kemudian seret jari kebawah atau keatas. Maka secara otomatis notif tangkapan layar akan muncul.

Untuk mengaktifkannya sangatlah bervariasi. Ini juga tergantung ROM yang digunakan pada ponselnya, atau dengan maksud tidak semua memiliki menu yang sama. Jadi silakan cari pada Pengaturan dan memilih menu Gesture, Feature, atau Action.

Baca juga: Cara Menyimpan Gambar Melalui Facebook Lite

Akhir Kata

Jadi sudahkah kamu memilih cara yang tepat untuk mengambil Screenshot? Beberapa cara yang dibagikan diatas adalah yang paling termudah. Sangat disarankan untuk mencoba cara paling utama (menggunakan tombol), sebab cara tersebut berfungsi untuk seluruh ponsel Android dan akan berhasil sepenuhnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment