≡ Menu

Mengatasi Browser Opera Mini Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi Browser Opera Mini Tidak Bisa Dibuka di Android

Opera Mini adalah browser yang telah berdiri cukup lama. Sebelum adanya ponsel Android, browser tersebut menduduki peringkat paling tinggi sebagai browser terbaik untuk perangkat ponsel, khususnya Java. Hingga sekarang Opera Mini masih terus diperbarui supaya mendukung untuk segala jenis OS ponsel.

Di Android, ukuran browser Opera Mini kurang lebih adalah 7MB. Didalamnya sudah memiliki fitur lengkap seperti kebanyakan browser lainnya. Dan tidak terlupakan adanya fitur Opera Turbo yang dapat diaktifkan atau dimatikan tergantung pilihan masing-masing.

Tetapi di beberapa ponsel, kadang Opera Mini mengalami suatu kesalahan yang mengakibatkan browser tiba-tiba tertutup atau bahkan macet sehingga tak merespon. Walau itu tidak sering terjadi, namun jika ponsel sudah mengalaminya, ada besar kemungkinan bahwa Opera Mini tak dapat dibuka lagi dengan normal.

Baca juga: Mematikan Pemberitahuan pada Browser Mozilla Firefox

Solusi Mengatasi Browser Opera Mini Error di HP Android

Contoh error atau kesalahan yang terjadi adalah munculnya dialog “Sayangnya, Opera Mini telah berhenti“. Lalu sesaat membuka lagi browsernya, kadang tidak merespon dan macet, sehingga beberapa detik kedepan akan muncul dialog yang sama.

Jika sekiranya kamu mengalami kendala yang mirip atau nyaris sama seperti itu, ada besar kemungkinan masalahnya dapat terselesaikan dengan tata cara dibawah ini.

  1. Buka Pengaturan dan pilih menu Aplikasi
  2. Silakan ketuk pada Opera Mini
  3. Gulir kebawah dan ketuk pada tombol Hapus Data
  4. Apabila ada dialog muncul, tekan tombol OK

Setelah melakukan langkah diatas, silakan coba buka kembali browser Opera Mini. Pasti sekarang sudah bisa berjalan dengan lancar dan tidak akan macet atau bahkan tak merespon.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Modus Turbo pada Opera PC

Kesimpulan

Munculnya error yang terjadi pada browser Opera Mini biasanya akibat data yang corrupt sehingga sistem pada browser seolah tak dapat menguraikan dengan baik dan munculah error atau tidak merespon karena sistem mengalami galat.

Dan jika cara diatas masih tak dapat mengatasinya, memungkinkan bahwa kendalanya ada pada sistem ponsel yang kurang kompatibel terhadap browser Opera Mini. Solusi paling baik adalah mencoba untuk me-reset penuh ponsel dan kemudian memasang ulang browser Opera Mini melalui Play Store.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment