≡ Menu

Cara Membersihkan Berkas Sementara pada PC

Cara Membersihkan Berkas Sementara pada PC

Ada sebuah tempat khusus pada komputer yang digunakan untuk menyimpan berkas sementara. Sehingga berkas tersebut suatu saat akan terhapus dengan sendirinya layaknya pada Recycle Bin. Biasanya tempat tersebut dijadikan letak untuk menyimpan suatu berkas yang dianggap tidak akan digunakan lagi nantinya.

Salah satunya seperti cache pada peramban, atau unduhan file pembaruan pada suatu program. Secara keseluruhan berkas sementara memang bisa dibilang sebagai sampah, tapi terkadang suatu berkas masih dibutuhkan untuk melancarkan suatu program.

Membersihkan berkas sementara adalah hal yang bagus. Tapi bukan berarti harus membersihkan setiap waktu, justru itu bukan hal yang disarankan. Tapi pengguna dapat menghapusnya apabila dirasa berkas sementara sudah menumpuk dan memiliki ukuran yang besar.

Baca juga: Cara Mengatasi Kinerja Laptop Yang Lambat

Tutorial Menghapus Berkas Sementara pada Komputer Windows

Untuk menghapusnya tidaklah sulit, tapi yang dipertanyakan adalah bagaimana mencari direktori berkas sementara tesebut? Tenang saja, karena ada solusi untuk menuju ke direktori tersebut dengan cepat, yaitu memanfaatkan fitur run. Selengkapnya silakan simak tutorialnya dibawah ini.

  1. Tekan tombol WIN+R pada keyboard
  2. Akan muncul dialog kecil, silakan ketik %TMP% dan kemudian ENTER

    Tutorial Menghapus Berkas Sementara pada Komputer Windows

  3. Secara otomatis akan ditujukan ke direktori berkas sementara

    Tutorial Menghapus Berkas Sementara pada Komputer Windows

  4. Untuk menghapusnya, cukup tekan tombol CTRL+A kemudian klik kanan dan pilih opsi Delete

    Tutorial Menghapus Berkas Sementara pada Komputer Windows

  5. Akan muncul konfirmasi, lanjutkan dengan klik Yes

    Tutorial Menghapus Berkas Sementara pada Komputer Windows

  6. Jika terdapat notif tidak dapat menghapus beberapa file, cukup klik Skip

    Tutorial Menghapus Berkas Sementara pada Komputer Windows

Tak terlalu sulit kan? Cara ini sangat aman untuk dilakukan dan tidak memiliki resiko apapun untuk dilakukan. Mungkin akan ada beberapa berkas yang tak dapat dihapus, hal tersebut terjadi karena adanya berkas yang bersangkutan terhadap program yang sedang berjalan.

Perlu diketahui, bahwa berkas yang dihapus tadi akan masuk ke folder Recycle Bin atau bukan berarti langsung terhapus permanen. Sehingga pengguna masih dapat mengelola berkas sementara tersebut pada Recycle Bin, untuk jaga-jaga apabila ada suatu berkas yang ingin dikembalikan.

Baca juga: Mengembalikan File yang Terhapus Tidak Sengaja di PC

Cara Alternatif: Memakai Bantuan Program Pembersih

Apabila melakukan secara manual terasa bukan hal yang nyaman, mungkin satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan suatu program untuk membersihkan berkas sementara pada komputer. Dan program yang disarankan untuk melakukan itu adalah Ccleaner.

Ccleaner merupakan program yang bisa mendeteksi berbagai jenis file sampah yang ada di komputer. Itu juga termasuk berkas sementara. Idealnya dalam melakukan pembersihan disarankan adalah seminggu atau sebulan sekali. Dan pada program tersebut, kamu dapat memilih apa saja yang akan dihapus, termasuk berkas sampah yang disimpan oleh peramban.

Semoga bermanfaatdan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment