≡ Menu

Cara Mengubah File PDF ke Word (DOC) dan Sebaliknya

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, contohnya seperti memilih sebuah format file yang diminati karena lebih leluasa untuk mengalihkannya. Sama halnya juga seperti kamu ingin mengalihkan dokumen PDF namun lebih ingin menggunakan Microsoft Word, tentu harus diubah terlebih dahulu format file tersebut.

Dengan mengubah format PDF ke DOC, kamu bisa mulai mengalihkan dokumen pada Microsoft Word. Ini adalah cara paling termudah untuk mengisi dokumen termasuk formulir dengan cepat karena kita sudah paham benar tentang Microsoft Word.

Dan untuk mengubah format file tersebut sebenarnya sangat mudah lho, yang diperlukan hanyalah koneksi internet saja. Ini sama seperti mengubah gambar dari JPG ke PNG yang mana itu tergolong cepat jika dilakukan dengan bantuan alat atau sebuah situs web.

Baca juga: Cara Mudah Mengisi Form Dokumen PDF Secara Online

Tutorial Mengubah File PDF ke DOC dengan Mudah

Cara ini menggunakan bantuan situs web untuk melakukannya. Dan tenang saja, karena cara ini tergolong praktis dan cepat. Tidak butuh waktu yang lama untuk melakukannya selama koneksi internet stabil.

  1. Buka situs web PDF2DOC
  2. Tekan tombol Unggah File

    Mengubah PDF ke DOC dengan Mudah

  3. Pilih File PDF yang akan diubah

    Mengubah PDF ke DOC dengan Mudah

  4. Tunggu proses konversi sampai selesai

    Mengubah PDF ke DOC dengan Mudah

  5. Kemudian klik tombol Unduh dan file DOC telah siap

    Mengubah PDF ke DOC dengan Mudah

Tentang ukuran dari hasil konversi, ini masih tidak menentu, kadang ukuran file lebih kecil dibanding PDF yang tadi. Dan tentang hasil dalamannya tidak perlu diragukan, karena segalanya tertata rapi dan tidak ada kesalahan apapun.

Bagaimana Jika Mengubah File DOC ke PDF?

Masih menggunakan cara yang sama, tapi memakai situs yang berbeda, yaitu TOPDF. Caranya masih sama saja seperti diatas karena situs tersebut satu grup dengan PDF2DOC sehingga tidak ada perubahan apapun dalam sisi tampilan atau fitur.

Apakah bisa mengubah dari format DOCX ke PDF? Jawabannya adalah bisa. Kamu bisa mengunggah file berjenis DOCX juga tapi kemungkinan ukuran hasil menuju PDF akan meningkat. Misalnya jika ukuran file DOCX adalah 300KB, kemungkinan pada file PDF akan menjadi 600KB. Hal tersebut karena file DOCX telah terkompres.

Baca juga: Cara Membuka File CSV pada Excel Agar Tidak Berantakan

Kesimpulan

Daripada membebani ruangan penyimpanan pada komputer atau ponsel akibat program/alat yang dipakai untuk melakukan konversi file PDF ke DOC, lebih efisien menggunakan cara ini. Karena selain cepat, kamu juga bisa mengunggah lebih dari 1 file sekaligus.

Tentang batasan upload file pada situs diatas masih belum diketahui berapa banyak. Kami melakukan testing menggunggah berkas PDF dengan ukuran 20MB dan situs masih dapat menerima dan mengkonversi dengan baik.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment