≡ Menu

Cara Mengaktifkan Fitur Screen Saver di Android Nougat

Sudah tahu kan apa itu Screen Saver? Itu berupa gambar bergerak yang tampil disaat perangkat dalam keadaan terdiam tiada aktivitas atau idle. Dulunya screen saver lebih dimanfaatkan untuk komputer sebagai pelindung layar sebagai penghindar burn in screen.

Sementara screen saver dulunya juga sudah tersedia untuk ponsel Java, khususnya pada ponsel Nokia. Kebanyakan orang menggunakannya sebagai penghias ponsel supaya tampilannya lebih berwarna atau terlihat keren untuk dipandang.

Di era ponsel Android kini, fitur screen saver mungkin tidak akan ditemui pada kebanyakan versi OS Android, namun ternyata itu tersedia pada OS Android Nougat keatas. Adanya live wallpaper sebenarnya sudah cukup untuk pengganti screen saver. Namun jika itu digabungkan, tentunya akan lebih fantastis.

Baca juga: 3 Aplikasi Terbukti Bisa Menghemat Baterai HP Android

Tutorial Mengaktifkan Fitur Screen Saver di Android Nougat

Secara default, fitur screen saver sudah dihidupkan oleh sistem. Namun ketahuilah bahwa screen saver tidak akan tampil apabila kamu menekan tombol power. Tetapi akan tampil ketika membiarkan ponsel dalam keadaan tidak ada aktivitas.

Berikut ini tata cara untuk mengaktifkan fitur screen saver pada Android 7.0 (Nougat).

  1. Pada ponsel, Buka Pengaturan dan ketuk menu Diplay

    Mengaktifkan Screen Saver di Android Nougat

  2. Gulir kebawah dan ketuk pada opsi Screen Saver

    Mengaktifkan Screen Saver di Android Nougat

  3. Kemudian aktifkan

    Mengaktifkan Screen Saver di Android Nougat

  4. Maka akan ada beberapa pilihan untuk menggunakan jenis screensaver. Jika ingin menampilkan foto di galery, silakan pilih opsi Photos

    Mengaktifkan Screen Saver di Android Nougat

Selain memilih sebagai foto, kamu juga bisa menggunakan screen saver sebagai jam analog atau digital. Itu dapat diatur dengan menekan roda gigi disamping opsi yang dipilih.

Dan ketika semuanya sudah diatur dengan benar, sekarang silakan diamkan ponsel sejenak dan nantinya screen saver akan muncul dengan sendirinya. Batas waktu screen saver ini juga dapat diatur dengan cara menuju Pengaturan > Display > Sleep. Atur sebagai 5 menit atau kurang, sesuai yang diinginkan.

Baca juga: Material Island – Live Wallpaper Minimalis Hemat Baterai di Android

Apakah Screen Saver Dapat Menguras Baterai?

Ini nyaris sama seperti mengaktifkan live wallpaper, sehingga jawabannya adalah iya. Semakin lama waktu interval screen saver itu diatur, mungkin daya baterai yang dikonsumsi akan cukup tinggi. Untuk itu sebaiknya atur screen saver tidak terlalu lama untuk menghemat daya baterai.

Percaya atau tidak, fitur screen saver ini sebenarnya sudah banyak yang meninggalkannya karena tidak terlalu keren seperti dulu, diakibatkan telah adanya live wallpaper. Jadi sebaiknya pikir-pikir terlebih dahulu untuk menggunakan yang mana.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment