≡ Menu

2 Cara Membuat Pencarian File Lebih Cepat di Windows

2 Cara Membuat Pencarian File Lebih Cepat di Komputer Windows

Mencari suatu berkas atau file pada komputer, tidaklah sama seperti mencari teman di Facebook. Karena sistem komputer harus memilih melalui beberapa proses multitasking, dikarenakan setiap file seolah belum masuk ke database. Tapi setidaknya komputer masih dapat mencarinya dengan sedikit cepat walau itu membutuhkan waktu.

Ada cara yang bisa kamu lakukan supaya proses pencarian file pada komputer bisa semakin cepat. Tak peduli seberapa banyak file yang ada pada perangkat, dan sistem akan bekerja maksimal untuk menampilkan hasil pencarian keseluruhan lebih cepat daripada sebelumnya.

Hanya ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Dengan melakukan keseluruhan tips ini, sangat yakin sekali komputer yang dipakai sekarang akan semakin cepat dalam mencari file. Tanpa perlu basa-basi lagi, silakan simak ketiga caranya dibawah ini.

Baca juga: Cara Memperbarui Driver Intel di Komputer Windows

1. Mengelola Direktori yang Terindeks

Apabila suatu direktori telah terindeks oleh komputer, maka itu akan mempercepat proses pencarian pada direktori tersebut. Sebab perangkat telah mengenali semua nama file yang ada didalamnya. Cukup atur direktori yang sekiranya memiliki file yang dicari, dan itu akan mempermudah untuk mencari dengan cepat.

Berikut ini tata cara mengelola direktori yang Terindeks:

  1. Klik START dan ketik Indexing Options lalu ENTER
  2. Kemudian klik pada tombol Modify

    Mengelola Direktori yang Terindeks

  3. Nah, disini kamu bisa memberi centang pada suatu drive atau bahkan langsung ke direktori tertentu

    Mengelola Direktori yang Terindeks

  4. Lanjutkan dengan menekan tombol OK dibagian bawah

Sebagai saran, cukup tambahkan direktori atau drive yang dirasa memiliki paling banyak file yang sering dicari, supaya proses pencariannya semakin efektif dan file yang tidak diharapkan tak akan muncul.

2. Tentukan Jenis File yang Di-indeks

Masih pada bagian Indexing Options, kamu bisa mengatur jenis atau format file apa saja yang akan diindeks. Sebaiknya hanya memilih format file yang dirasa sering dicari. Dengan begitu komputer akan semakin cepat dalam proses mencari file yang diharapkan.

Untuk mengelola jenis file ini sangat mudah. Pada Indexing Options, tekan tombol Advanced lalu menuju tab File Types.

Menentukan Jenis File yang Di-indeks

Dibagian itu kamu bisa memilih file apa saja yang dirasa perlu untuk di-indeks. Dan hilangkan centang pada file yang tidak diperlukan, kemudian tekan tombol OK dan jika muncul notif dialog, silakan tekan tombol OK lagi.

Sekarang Windows akan melakukan rebuilding dan proses ini membutuhkan waktu. Dan jika prosesnya telah selesai, pasti efeknya akan terasa ketika mulai mencari suatu file.

Baca juga: Apa Manfaat dari Menginstal Pembaruan Windows?

Kesimpulan

Dengan melakukan kedua tips diatas, proses untuk mencari file di Windows akan meningkat setidaknya 30% sampai 50%. Untuk direktori yang terindeks, akan muncul lebih cepat ketimbang direktori yang belum terindeks.

Adapun program pihak ketiga yang dapat membantu untuk mencari file dengan mudah. Tapi sepertinya itu tidak terlalu penting, mengingatkan mencari file pada Explorer juga sudah mudah dan praktis.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment