≡ Menu

3 Tips Menghemat Baterai pada Ponsel Layar AMOLED

3 Tips Menghemat Baterai pada Ponsel Layar AMOLED

Saat ini ada beberapa tipe layar yang biasa digunakan pada ponsel pintar. Yaitu TFT, IPS, dan AMOLED. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Contohnya seperti layar AMOLED yang bisa menampilkan gambaran dengan sangat bagus dan jelas, tapi kekurangannya adalah boros baterai.

Bukan hanya AMOLED saja, namun layar OLED dan SUPER AMOLED, atau yang berakhiran LED memang diakui boros baterai. Tapi ketahuilah bahwa ada cara unik yang bisa membuat layar sejenis AMOLED dapat menghemat baterai dengan signifikan.

Jika dibandingkan dengan LCD, dimana terdapat lampu di belakang seluruh panel tampilan. Sementara AMOLED adalah dioda pemancar cahaya yang menghasilkan cahaya mereka sendiri. Sehingga apabila salah satu piksel disetel sebagai hitam, maka ia akan mati dan tidak memancarkan cahaya.

Jadi apabila hampir keseluruhan layar diatur sebagai hitam, maka penggunaan energi untuk layar tidak akan terlalu tinggi dan inilah cara yang bisa dipakai untuk menghemat baterai khusus layar AMOLED. Untuk mengetahui selengkapnya silakan simak tips dibawah ini, mulai dari yang pertama.

Baca juga: 3 Aplikasi Terbukti Bisa Menghemat Baterai HP Android

1. Gunakan Wallpaper Berwarna Hitam

Mulai sekarang gunakan wallpaper yang bernuansa hitam. Bukan berarti harus hitam pekat, tapi kamu boleh memakai wallpaper apa saja, asalkan warna hitam lebih banyak dibanding warna lainnya. Pakailah wallpaper itu di homescreen dan juga lockscreen.

Apabila kesulitan untuk mencari wallpaper hitam, silakan menuju Play Store atau Apps Store dan cari dengan kata kunci “Amoled Wallpaper” nanti akan muncul aplikasi khusus yang menyediakan wallpaper khusus untuk layar amoled.

2. Hidupkan Modus Gelap pada Suatu Aplikasi Jika Ada

Terkadang pada suatu aplikasi terdapat modus gelap dan modus cerah. Jika kamu ingin menghemat daya baterai lebih baik, mulai sekarang silakan gunakan modus gelap tersebut. Ini juga termasuk keyboard, jangan lupa untuk atur tema-nya menjadi gelap.

Untuk browser, kamu bisa menggunakan Dolphin Browser atau UC Browser. Kemudian untuk Twitter, kamu bisa memakai aplikasi Fenix for Twitter. Lainnya, silakan cari pada Play Store.

3. Memakai Aplikasi Penggelap Layar

Untuk tips terakhir ini boleh saja untuk dilakukan, sebab kenyamanan mungkin dapat terganggu dengan menerapkan teknik ini. Jadi kamu bisa menggelapkan layar dengan bantuan suatu aplikasi. Salah satunya untuk Android bisa menggunakan aplikasi Darker (Screen Filter).

Sebagai saran, gunakan tips ini apabila baterai akan benar-benar mau habis. Sehingga kamu masih dapat memperpanjangnya hanya dengan membuat layarnya lebih gelap.

Baca juga: Cara Mengatasi Layar Burn In pada HP Android

Kesimpulan

Secara keseluruhan, untuk menghemat daya baterai di ponsel yang memakai layar AMOLED adalah membuat segalanya tampak gelap. Dengan begitu layar ponsel tidak akan menjadi faktor penguras baterai lagi.

Tapi jangan melupakan tentang kenyamanan dalam menggunakan ponsel, jadi jangan paksakan apabila kamu lebih ingin kenyamanan dalam memakai ponselnya. Selain itu kamu juga boleh memakai salah satu dari tips diatas, atau dengan maksud tak harus menerapkan ketiganya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment