≡ Menu

5 Tips Memperkecil Ukuran File PSD Photoshop

5 Tips Memperkecil Ukuran File PSD Photoshop

Bagi yang sering mengedit gambar pada program Adobe Photoshop pasti sudah tahu tentang file dengan format PSD. Itu merupakan berkas yang dipakai untuk mengerjakan saat proses mengedit gambar. Terkadang semakin lama mengeditnya, maka ukuran file PSD akan menjadi besar akibat layer yang menumpuk.

Tak hanya puluhan MB saja, akan tetapi bisa mencapai ratusan MB. Itu tergantung dari banyaknya layer dan juga isi objek didalam file PSD tersebut. Namun ada lho cara untuk memperkecil ukuran file PSD supaya tak terlalu besar seperti sebelumnya.

Ada setidaknya 5 cara yang dapat kamu coba untuk membuat ukuran file PSD terkompres. Semua cara tersebut tak akan mengurangi kualitas gambar dan segalanya akan baik-baik saja. Silakan simak ke-5 caranya dibawah ini.

Baca juga: Penyebab Sebagian Menu Menjadi Abu-Abu di Photoshop

1. Hapus Layer yang Tidak Aktif

Terkadang kita membuat sebuah layer duplikat supaya tidak kehilangan versi original. Nah layer yang terduplikasi tersebut meski tidak diaktifkan atau disembunyikan, akan masih tetap memakan data yang sama seperti versi original.

Untuk itu, sangat penting untuk menghapus layer yang tidak terpakai supaya ukuran file PSD tak terlalu besar. Percayalah ini adalah opsi paling berpengaruh. Jadi jangan sampai lewatkan cara pertama ini.

2. Lakukan Merge Terhadap Layer

Faktanya 100 layer memiliki ukuran yang lebih besar dibanding 10 layer. Tapi sebelum melakukannya, ketahuilah bahwa melakukan merge terhadap layer dapat memiliki efek samping, dimana ini memungkinkan kamu akan kesulitan untuk membuat perubahan pada proses mengedit.

Jadi pikirkan matang-matang untuk melakukan merge, cukup satukan layer yang sekiranya tidak terlalu penting untuk dialihkan lagi. Dan semakin banyak layer yang disatukan, maka ukuran file PSD pasti akan mengecil.

3. Potong Gambar/Layer yang Melebihi Batas Dokumen

Pernahkah kamu menempelkan suatu objek, dan objek tersebut sampai-sampai melebihi batas dokumen? Mungkin ini lebih sering dialami oleh seseorang yang suka mengedit gambar manipulasi, dimana butuh banyak objek yang ditempel.

Sebagai saran adalah memotong gambar objek tersebut supaya pas dengan ukuran dokumen saat ini. Untuk melakukannya, cukup sorot pada layer objek yang melebihi batas, kemudian menuju menu Image > Crop.

4. Apply Layer Masks

Layer mask adalah alat yang kompleks. Mereka pada dasarnya adalah layer tambahan yang kadang kita tidak menyadarinya. Cukup klik kanan pada mask, lalu terapkan. Dengan begitu kamu akan mengurangi ukuran file PSD nantinya ketika disimpan.

5. Tambahkan Layer Warna Putih di Paling Atas

Ini adalah hal yang tidak masuk akal, akan tetapi berhasil memperkecil ukuran PSD secara signifikan. Dan sebenarnya tidak hanya warna putih saja, tapi warna apa saja tidak masalah asalkan solid dan cukup satu warna saja.

Mengapa cara ini bisa mengurangi ukuran file? Sebab nantinya yang menjadi gambar pratinjau untuk file PSD adalah warna yang telah diatur tadi, sehingga bukan gambar yang aslinya. Sedangkan jika gambar pratinjau adalah gambar yang asli, maka ukurannya akan menjadi besar mengingat bahwa Photoshop membuatkan gambaran pratinjau dengan kualitas terbaik.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Fitur Action pada Adobe Photoshop

Akhir Kata

Walau semua tips diatas berfungsi, cara terbaik untuk memastikan file tak memiliki ukuran yang berlebihan adalah dengan mempertimbangkannya dari awal. Apabila kamu memiliki pertanyaan atau bahkan cara lain untuk mengurangi ukuran file PSD, silakan bagikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment