≡ Menu

2 Trik Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Telah Dibaca

2 Trik Membaca Pesan di WhatsApp Tanpa Ketahuan Telah Dibaca

Saat Mengirim pesan atau chat di WhatsApp, terdapat 3 indikasi sebagai status dari pesan tersebut. Yaitu “satu centang” yang artinya masih belum terkirim, “dua centang” yang artinya sudah terkirim namun belum dibaca, dan terakhir adalah “2 centang berwarna biru” yang memiliki arti pesan telah dibaca.

Kadang beberapa orang lebih memilih untuk menjaga privasi untuk membaca pesan secara diam-diam dan membalas pada waktu yang di-inginkan. Tapi apakah itu bisa dilakukan juga pada WhatsApp? jawabannya adalah tentu bisa. Bahkan ada beberapa cara yang dapat kamu coba.

Sebenarnya WhatsApp sendiri telah memberikan fitur untuk menjaga privasi seperti itu. Akan tetapi kemungkinan tidak banyak orang yang tahu untuk menggunakannya. Tulisan ini akan memberikan tutorial untuk melakukan itu dan pastinya sangatlah mudah.

1. Mengatur Fitur Last Seen pada WhatsApp

Fitur Last Seen atau dalam Bahasa Indonesia adalah “terakhir dilihat” dapat dijumpai pada bagian Setelan Privasi di WhatsApp. Memungkinkan kamu dapat mengontrol siapa saja orang yang dapat melihat terakhir kali kamu aktif di WhatsApp.

Tapi di lain sisi dengan mengatur fitur tersebut menjadi Tidak Ada, akan membuat perangkatmu tak akan ketahuan meski membaca pesan yang belum dibaca. Jadi mereka akan menganggapnya sebagai belum dibaca, padahal itu sudah kamu baca.

Untuk mengubah fitur Last Seen sangatlah mudah, silakan buka aplikasi WhatsApp dan kemudian menuju pada Setelan, lanjut menuju menu bernama Privasi, dan disinilah kamu akan menemukan menu bernama Terakhir Dilihat, cukup ubah itu menjadi Tidak Ada.

Mengatur Fitur Last Seen di WhatsApp

2. Menggunakan Bantuan WhatsApp Web

Ini sedikit rumit jika dibandingkan dengan cara yang pertama karena kamu tidak akan membaca pesan itu melalui aplikasi WhatsApp, namun ini akan lebih mudah dilakukan dengan dua perangkat, misalnya laptop. Jadi pastikan bahwa kamu telah mengaktifkan fitur WhatsApp Web. Jika belum, silakan baca artikel Tutorial Menggunakan Fitur WhatsApp Web.

Nah triknya adalah, ketika halaman WhatsApp Web telah terbuka, pasti disana akan tampil pesan/chat yang belum dibaca. Berikut ini tiga langkah yang perlu dilakukan.

  1. Matikan jaringan internet pada perangkat yang membuka WhatsApp Web
  2. Baca pesan tersebut
  3. Setelah membaca, jangan hidupkan koneksi dulu, tapi langsung tutup browser.

Beberapa peramban masih melanjutkan sesi apabila hanya sekedar menutup tab saja, jadi dengan menutup perambannya sehabis membaca chat, tidak akan membuat sistemnya melanjutkan sesi meski nantinya koneksi internet dihidupkan kembali.

Baca juga: Trik Melihat Status WhatsApp Teman Tanpa Terdeteksi

Tambahan: Memakai Aplikasi WhatsApp Mod

Sengaja bahwa trik ini tidak dijadikan sebagai cara ke-3 dikarenakan ini menggunakan aplikasi yang bisa dibilang tidak murni dan sudah diubah komponen dalamnya. Pada WhatsApp Mod terdapat fitur yang lebih dari yang diinginkan, bahkan ini lebih lengkap pada versi originalnya.

Banyak kelebihan yang ada pada WhatsApp Mod, namun tetap saja bahwa ini bukanlah aplikasi yang original dan beresiko adanya penyadapan. Jadi gunakan apabila kamu tertarik, namun jika ingin melindungi privasi lebih baik, sangat disarankan memakai dua cara diatas saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment