≡ Menu

Cara Membeli Produk di AliExpress dengan Mudah

Cara Membeli Produk di AliExpress

AliExpress adalah sebuah situs belanja online yang diluncurkan pada tahun 2010. Situs ini memungkinkan pembeli internasional untuk membeli berbagai macam barang dari penjual grosir di Cina. Semua pembelian akan dikirimkan lewat berbagai jasa pengiriman internasional tergntung dari negara tujuannya.

Hingga kini, AliExpress sendiri sudah mengirimkan berbagai barang ke lebih dari 200 negara dan juga wilayah lain di seluruh dunia, termasuk India dan juga Rusia yang memiliki banyak penduduk. Bahkan, situs ini merupakan salah satu situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Rusia.

Dari tahun ke tahun, nama AliExpress kian dikenal oleh masyarakat. Semua orang yang mencintai e-commerce, akan menyebut AliExpress sebagai salah satu dari daftar e-commerce favoritnya. Karena situs ini merupakan platform jual beli yang baik dengan berbagai macam pilihan produk dan harga bersahabat.

Memang, di luar sana ada banyak e-commerce lain. Seperti Amazon, Tokopedia, Shopee hingga toko online lainnya. Tapi AliExpress berbeda. Ia memiliki banyak jenis barang dengan harga yang relatif murah. Bahkan, harga-harga tersebut akan sulit disaingi oleh e-commerce lainnya.

Tidak hanya itu, terdapat juga fitur dan kebijakan proteksi pembeli untuk meningkatkan keamanan. Sehingga membuat pembeli nyaman untuk melakukan pembelian lewat AliExpress. Hal ini akan dibahas lebih lanjut di bagian selanjutnya.

Ini semua berlaku bagi para pengguna di seluruh dunia. Menjadikannya revolusioner dan juga membuat aman untuk para pengguna yang senang berbelanja dengan basis online.

Baca juga: 5 Cara Aman Membeli Barang Secara Online

1. Melakukan Pendaftaran

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah mendaftarkan diri sebagai pengguna untuk bisa mengakses situs dan juga mendapatkan diskon. Sama seperti situs lainnya, pengguna akan diminta memasukkan informasi data diri berupa nama, nomor kontak, alamat, kode pos, dan juga informasi detail lain yang dibutuhkan untuk mendaftar.

Setelah mendaftar, pengguna sudah bisa melakukan pencarian, pembelian, dan juga pembayaran. Pengguna akan bisa mencari barang yang diinginkan dan juga melihat informasi barang yang dicari.

2. Pencarian Barang

Kita tidak perlu repot mencari sambil scroll terlalu jauh. Kita bisa mencari barang yang diinginkan lewat kategori daftar barang yang disusun oleh penjual berbeda. Fitur ini menawarkan banyak jenis barang mulai dari telepon, smartphone, aksesoris, baju, celana, peralatan elektronik rumahan, komputer, laptop, mainan anak, peralatan olah raga, peralatan rumah tangga, dan lainnya.

Pengguna hanya perlu untuk memilih kategori yang diinginkan, mencari dengan scroll ke barang yang dicari, dan memilihnya.

Pengguna juga bisa memilih penjual yang terbaik dengan melihat rating yang diberikan pembeli. Rating ini sendiri merupakan penilaian 0-5 bintang di mana 0 merupakan nilai yang terburuk dan 5 adalah yang terbaik.

Penjual yang baik akan memiliki reputasi yang baik dari bintang yang lebih banyak dari yang tidak. Akan lebih baik jika memilih penjual yang memiliki penilaian bintang 4 atau ke atas.

3. Pembelian

Setelah mencari barang yang diinginkan, pengguna bisa meng-klik gambar atau informasi dari gambar tersebut. Perlu diingat, pengguna harus memastikan harus sudah membaca deskripsi dari barang yang akan dibeli. Selain juga melihat gambar dengan lebih seksama dan detail.

Setelah membaca dan melihat gambar produk yang akan dibeli, pengguna bisa melanjutkan pembelian dengan menekan tombol “Buy Now” yang ada di halaman pembelian.

4. Konfirmasi Pesanan

Setelah melakukan pembelian, pengguna akan dialihkan ke halaman konfirmasi pemesanan atau “order confirmation page”. Di halaman tersebut, pengguna harus memastikan kembali bahwa alamat pengiriman telah benar dan juga pemilihan metode pengiriman sudah dipillih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Ada berbagai macam metode pengiriman yang bisa dipilih. Pengguna bisa memilih metode pengiriman yang paling tepat dengan produk yang akan dibeli, jangka waktu pengiriman, ongkos pengiriman, keamanan pengiriman, dan juga kebutuhan pengiriman.

5. Garansi

Penjual biasanya akan memberikan garansi barang-per-barang. Hanya karena mereka memberikan banyak jaminan pada suatu produk, belum tentu asuransi yang sama akan berlaku untuk semua katalog. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan riset sebelum membeli.

Ada empat tipe garansi berbeda yang ditawarkan. Berikut adalah garansi tersebut:

  • On-Time Delivery: Penjual menjanjikan untuk memberikan pengembalian uang secara penuh jika barang tidak tiba sebelum waktu yang telah dijanjikan sebelumnya.
  • Returns and Refund: Penjual akan menawarkan pengembalian biaya secara penuh jika produknya tidak seperti yang deskripsikan.
  • Domestic Returns: Penjual memiliki gudang di negara tempat pembeli berada. Pembeli bisa mengirim kembali barang tanpa harus mengkhawatirkan biaya pengiriman atau biaya tambahan lain.
  • Guaranteed Genuine: Jika pengguna membeli barang elektronik mahal dan juga besar, ini adalah jenis garansi yang harus dipastikan ada. Garansi ini berarti bahwa barang yang dibeli sudah diverifikasi asli oleh AliExpress sendiri. Sehingga pembeli tidak perlu khawatir akan menerima barang yang bohongan atau kualitasnya buruk.

6. Melakukan Pembayaran

Setelah melewati tahapan di atas, pengguna akan diminta untuk memilih metode pembayaran. Ada beberapa cara pembayaran yang ada di situs AliExpress. Perlu dicatat bahwa PayPal tidak mendukung pembayaran AliExpress.

Tapi jangan khawatir, karena ada bermacam metode pembayaran lainnya. Misalnya saja Boleto, Visa, MasterCard, QIWI, Western Union, Maestro, WebMoney, hingga transfer antar bank.

Terdapat juga opsi pembayaran menggunakan AliPay. AliPay sendiri merupakan metode pembayaran yang mirip dengan PayPal dan juga menawarkan proteksi pembeli tambahan.

Seluruh biaya total dibebankan berdasar harga dari barang ditambah dengan ongkos pengiriman. Di beberapa kasus, penjual akan menawarkan kupon tambahan yang bisa digunakan untuk mengurangi atau memotong total harga di halaman depan.

7. Pengiriman dan Pelacakan Pemesanan

Saat pemesanan sudah dilakukan dan pembayaran sudah dikonfirmasi, maka penjual memiliki beberapa hari untuk memenuhi permintaan pengiriman barang. Jika pengiriman yang dipesan tidak dipenuhi, kita akan mendapatkan refund atau pengembalian biaya secara penuh.

Biasanya, dalam beberapa kasus, perlu satu hingga lima hari hingga penjual memasukkan nomor pelacakan atau nomor resi pemesanan.

Baca juga: Cara Belanja di Bukalapak Cepat dan Mudah

8. Penyelesaian Pemesanan

Biasanya, akan membutuhkan waktu dari pesanan diproses hingga dikirim dan diterima oleh pembeli. Nah, saat pembeli sudah menerima barangnya, ia diminta untuk menandai bahwa pesanan telah sampai di tujuan. Atau telah komplit. Dengan begitu, antara AliExpress, Pedagang, dan juga Pengirim akan sudah mengetahui bahwa barang sudah diterima dengan baik oleh pembeli.

9. Proteksi Pembeli

Dalam beberapa kasus, memang tidak semua transaksi berjalan seperti apa yang diharapkan. Tapi, pastikan saja bahwa pesanan yang dilakukan sudah terdaftar oleh AliExpress dalam “Buyer Protection” atau “Proteksi Pembeli”.

Dengan fitur ini, pengguna atau pembeli bisa mendapatkan refund atau pengembalian biaya secara penuh saat barang yang diterima tidak seperti yang diharapkan. Misalnya saja, barang tidak sampai, jumlah barang tidak sesuai, barang yang dipesan tidak sesuai dengan deskripsi, atau barang rusak saat diterima.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment