≡ Menu

Mengatasi Video Youtube Macet Saat Diputar di Android

Mengatasi Video Youtube Macet Saat Diputar di Android

Youtube adalah mesin pencari video terlengkap yang ada di internet. Hampir segala jenis video viral selalu ada pada Youtube. Bahkan Youtube sendiri telah melewati beberapa evolusi dimana sekarang ini tampilannya lebih enak dipandang dan membuat setiap pengguna merasa nyaman.

Tapi ada satu hal yang membuat pengguna tidak bisa nyaman, yaitu ketika video yang diputar tidaklah lancar dan selalu macet atau patah-patah. Ini memiliki banyak faktor dan tak bisa disimpulkan hanya satu soal saja.

Beberapa Penyebab Video Macet di Youtube

Ketahuilah sebelumnya hal apa saja yang membuat video tersebut bisa macet, karena dengan mengetahui penyebabnya, maka kamu akan lebih mudah untuk mengatasi nantinya. Dan berikut ini beberapa faktor atau gejala penyebab video yang diputar menjadi macet/patah-patah.

  • Buffering.
  • Kapasitas RAM bebas pada perangkat sangat minim.
  • Berkas cache menumpuk.

Tidak banyak yang membuat gejala lemot ketika memutar video di Youtube bisa terjadi. Tapi ada banyak langkah yang bisa kamu ambil untuk mengatasinya supaya benar-benar berhasil dan pada akhirnya tidak mengalami lemot/macet lagi.

1. Mengecek Koneksi Internet

Dari kebanyakan kasus, terkadang seseorang tidak menyadari bahwa yang membuat video tersebut lemot atau patah-patah adalah koneksi internet yang tidak stabil. Sehingga video tersebut mengalami buffering beberapa kali.

Sebagai saran, silakan cek ketersediaan koneksi internet dan kemudian mengatur kualitas videonya menjadi “otomatis“. Dengan begitu sistem Youtube akan memilihkan resolusi atau kualitas video yang cocok tergantung dari kecepatan koneksi internetnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Buffering ketika Menonton Video di Youtube

2. Tidak Melakukan Multitasking Ketika Memutar Video di Youtube

Mungkin kejadian ini lebih sering dialami oleh ponsel yang memiliki RAM 1GB atau kurang, karena jika ponsel tersebut dilakukan multitasking atau membuka aplikasi lain sembari memutar video Youtube, maka tidak heran lagi jika kadang video tersebut akan patah-patah.

Solusinya adalah hentikan aplikasi yang berada pada latar belakang. Kamu bisa melakukannya secara manual atau bisa juga memanfaatkan aplikasi task killer yang dapat diunduh gratis pada Play Store. Jadi sebelum memutar video, silakan hentikan dulu aplikasi di latar belakang. Dengan begitu video akan tetap lancar selagi koneksi internet juga mantap.

3. Menghapus Cache Youtube Secara Berkala

Tahukah kamu bahwa semakin banyak video yang kamu tonton di Youtube, maka berkas cache yang tersimpan pada data ponsel juga akan meningkat lebih besar. Walau faktanya berkas cache tersebut memang dapat terhapus otomatis, namun jika ukuran berkasnya terlalu tinggi, tentu perlu untuk dihapus secara manual supaya tetap lancar menonton video lainnya.

Sangat mudah sekali untuk menghapus secara manual, kamu cukup menuju Pengaturan > Aplikasi > Youtube dan menekan tombol Hapus Cache yang ada dibagian bawah. Atau kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi bernama Cache Cleaner yang dapat diunduh gratis pada Play Store.

4. Menggunakan Bantuan Aplikasi Seeder

Banyak sekali tugas pada Android yang berjalan lebih lambat dari yang seharusnya. Mereka mengkonsumsi sejumlah besar data acak dari melalui sumber yang terbatas. Itu meliputi seperti pembuatan session key, identitas unik, SSL, dan WiFi.

Nah data acak yang dimaksud tersebut ialah entropy yang mana itu sering habis, dan menyebabkan proses membaca dari perangkat untuk sementara berhenti merespons atau ngelag. Proses-proses ini tidak dapat dilanjutkan sampai kernel Linux terisi kembali di entropy pool, yang membutuhkan waktu tidak sebentar.

Aplikasi Seeder berguna untuk mengoptimisasi entropy supaya tidak sampai kehabisan. Dan aplikasi ini tidak dikhususkan untuk meningkatkan kinerja ponsel, namun bisa menghilangkan beberapa jenis macet yang biasa dialami pada suatu aplikasi, contohnya seperti pemutaran video di Youtube.

Kekurangannya adalah Seeder membutuhkan akses root untuk bisa digunakan. Jadi apabila ponsel kamu telah diroot, sangat direkomendasikan untuk memasang aplikasi ini guna untuk meminimalkan adanya lag/macet pada ponsel, tak hanya pada pemutaran video Youtube saja.

Baca juga: Trik Menambah Fitur di Youtube dengan Iridium

Kesimpulan

Kamu boleh mengikuti langkah diatas mulai dari yang pertama, dan jika cara pertama masih tidak bekerja, cukup lanjutkan ke cara selanjutnya dan seterusnya. Pastinya beberapa langkah diatas pasti akan mengatasi masalah macet ketika memutar video.

Dan pastikan juga bahwa aplikasi Youtube yang kamu pakai sekarang adalah versi original. Sebab jika aplikasinya diunduh melalui Google, misalnya sudah di modif, tentu terdapat kekurangan pada aplikasi tersebut sehingga bisa jadi penyebabnya dari itu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment