≡ Menu

5 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

Banyak kegunaan dalam merekam layar pada ponsel, selain ini lebih baik ketimbang melakukan screenshot, juga terdapat kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah seperti membuat semacam tutorial untuk diunggah pada Youtube atau sosial media.

Saat ini ada puluhan aplikasi yang bisa membantu kamu merekam layar ponsel dengan mudah. Namun dari puluhan aplikasi tersebut, hanya ada beberapa saja yang sekiranya terbaik dan memiliki fitur nyaris lengkap. Dan artikel ini akan membahas untuk itu.

Aplikasi perekam layar terbaik untuk Android bisa diukur dari segi fitur, proses render, dan juga kenyamanan untuk penggunanya. Dengan maksud untuk membantu memilihkan aplikasi perekam layar terbaik untuk ponsel Android, Blog Second telah memilih 5 dari puluhan aplikasi yang terbaik.

Baca juga: 3 Aplikasi Penghemat Kuota Terbaik untuk Android

Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

1. AZ Screen Recorder

Gambaran dari Aplikasi AZ Screen Recorder di Android

AZ adalah salah satu aplikasi perekam layar yang cukup populer pada Play Store. Selain dapat merekam dengan kualitas HD dan Full HD, kamu juga dapat men-jeda atau melakukan pause saat rekaman itu sedang berlangsung.

Aplikasi ini gratis dan bagian terbaiknya adalah tidak ada watermark yang muncul pada layar, serta fiturnya yang terus bertambah. Faktanya AZ Screen Recorder sering sekali melakukan pembaruan untuk memperbaiki kesalahan atau adanya sesuatu yang baru.

2. Mobizen

Gambaran dari Aplikasi Mobizen Screen Recorder di Android

Mobizen merupakan aplikasi perekam layar yang sudah lama berdiri. Dulunya ini membutuhkan komputer untuk memaksimalkan kinerjanya, namun untuk sekarang ini pengguna bisa langsung merekam tanpa perlu bantuan komputer lagi.

Mobizen juga mendukung kualitas full HD 1080p dan bisa mengatur FPS sampai maksimal 60. Setelah merekam layar, kamu juga bisa mengedit hasil video untuk membuatnya lebih menarik lagi. Selain itu, Mobizen sepenuhnya gratis dan watermarknya dapat dihapus.

3. DU Recorder

Gambaran dari Aplikasi DU Recorder di Android

Apa yang membuat DU Screen Recorder mendadak populer adalah karena fitur-fiturnya yang sangat lengkap dan juga mudah sekali untuk mengoperasikannya. Dengan ukuran yang lebih kecil dibanding aplikasi yang lain, justru DU Screen Recorder Seolah lebih lengkap.

Untuk sekarang ini, DU Screen Recorder telah memuncaki sebagai aplikasi perekam layar dengan rating yang paling tinggi, yaitu 4.8. Hampir 3 juta orang yang menilai aplikasi ini terlihat puas dengan keseluruhan fiturnya.

4. VideoShow Screen Recorder

Gambaran dari Aplikasi VideoShow Screen Recorder di Android

Aplikasi ini dulunya dinamai sebagai V Recorder, adalah perekam layar yang tangguh untuk Android dan terdapat editor video yang mencukupi. Selain gratis, juga tidak ada watermark yang disisipkan oleh developer.

Saat memainkan game, kamu bisa merekamnya dan bisa memberikan filter khusus untuk membuat hasil video lebih bagus. Meski ukuran aplikasinya lebih dari 20MB, tapi itu sepadan untuk mendapat fitur sebanyak ini.

5. Rec. (Screen Recorder)

Gambaran dari Aplikasi Rec Screen Recorder di Android

Walau aplikasi Rec ini tidak memiliki rating yang tinggi seperti yang lainnya. Tapi kelebihan satu-satunya adalah bisa digunakan untuk Android 5 kebawah. Jadi aplikasi ini akan membutuhkan akses root ketika digunakan oleh Android Kitkat.

Selebihnya semua fiturnya berfungsi dengan baik, cuma satu kekurangannya adalah tidak adanya pembaruan lagi sejak tahun 2017 lalu. Jadi sebagai saran, gunakan aplikasi ini jika ponsel Android kamu masih versi Kitkat.


Memilih aplikasi yang terbaik memang rumit, tapi cobalah melakukan experimen dengan mencoba satu-per-satu, siapa tahu salah satu dari ke-lima diatas sangat cocok dengan kebutuhanmu. Sebagian besar aplikasi diatas membutuhkan Android versi 5 keatas, kecuali untuk yang terakhir bisa dipakai untuk versi Kitkat hanya saja membutuhkan akses root.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau mungkin ingin menambahkan aplikasi perekam layar terbaik lebih dari diatas, silakan langsung lontarkan pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment