≡ Menu

Solusi Gagal Restore Sistem pada PC Windows

Solusi Gagal Restore Sistem pada PC

Kegunaan dari adanya system restore point adalah untuk mengembalikan setelan sistem termasuk segala hal yang pernah terganti sebelumnya. Ini hampir sama layaknya menggunakan fitur backup (cadangan), hanya saja mengacu hanya pada bagian sistem saja.

Terkadang proses restore sistem bisa saja gagal akibat banyak faktor, tapi Windows pasti akan memberikan semacam LOG yang dapat dilihat darimana kesalahannya. Namun dengan membaca file LOG tersebut, kadang kita tidak mengerti apa yang harus dilakukan.

Tulisan ini akan membantu kamu untuk menyelesaikan masalah terhadap system restore point yang gagal. Jadi untuk sekarang silakan bersabar dan mencoba beberapa langkah yang diberikan disini, dimulai dari yang pertama.

Baca juga: Mengembalikan File yang Terhapus Tidak Sengaja di PC

1. Matikan Antivirus

Program antivirus biasanya selalu menghormati terhadap pembaruan sistem termasuk melakukan restore sistem. Tapi sebuah program antivirus yang terlalu ketat, masalah sejenis ini bisa saja terjadi.

Notif error yang muncul setelah gagal restore sistem kadang juga disebabkan oleh program antivirus yang mana memiliki konflik disaat proses terjadi. Jadi sekarang cobalah untuk mematikannya terlebih dahulu dan kemudian jalankan restore sistem sekali lagi.

2. Menjalankan dari Safe Mode

Silakan hidupkan Windows dalam Safe Mode. Jika kamu masih belum tahu bagaimana caranya, silakan simak tutorial pada artikel Cara Masuk ke Safe Mode pada Windows. Dan jika Windows telah termuat dengan sempurna, silakan jalankan restore sistem.

Ini hampir sama seperti biasanya, hanya saja menjalankan pada Safe Mode lebih aman dan jarang sampai mendapati masalah konflik terhadap program lain. Namun jika masih tidak bisa juga, silakan coba cara selanjutnya.

3. Memperbaiki File Sistem

Ketahuilah bahwa cara kedua diatas sangat jarang sekali bisa gagal, kecuali jika terdapat kerusakan pada file sistem. Dan sekarang yang perlu kamu lakukan adalah mencoba memperbaiki file sistem tersebut.

Tenang saja, ini tidak sulit karena kamu bisa melakukannya secara mudah dari Command Prompt. Jadi sekarang silakan jalankan Command Prompt sebagai “Run as Administrator” dan kemudian ketik perintah dibawah ini.

sfc /scannow

Silakan tunggu sampai prosesnya selesai, ini mungkin mencakup waktu sedikit lama kurang lebihnya 15 menit karena Windows sedang mencoba mencari dan memperbaiki file sistem yang sekiranya bermasalah atau hilang.

Dan setelah prosesnya sudah selesai dan berhasil, silakan coba melakukan restore sistem sekali lagi melalui Safe Mode, pasti kali ini berhasil.

Baca juga: Alternatif SFC Scannow yang Tidak Berfungsi pada Windows

Akhir Kata

Hanya itu saja yang dapat kamu lakukan dan sebaiknya jangan hanya dilihat saja, tapi langsung praktekan. Dan satu hal lagi, tetaplah berfikir positif untuk mengatasi masalah seperti ini, karena jika terlalu gusar, maka akan semakin sulit untuk memahami dan berakhir gagal.

Dan sekali lagi, lakukan cara diatas dari yang paling pertama. Dan apabila masih gagal saja, lanjutkan ke cara kedua dan seterusnya. Sebab masalah seperti ini terkadang bisa diatasi dengan cara yang sederhana.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment