≡ Menu

Cara Mengubah Rotasi Video pada VLC Player

Terkadang ada sebuah video yang tidak dapat ditonton secara sempurna akibat rotasi yang salah, sehingga jika bukan perangkat yang dibolak-balik, mungkin kepala yang harus dimiringkan sambil menontonya. Tentu itu adalah hal yang tidak benar dan tak harus dilakukan lagi dimasa mendatang.

Jika video itu berada di ponsel, mungkin cuma perlu membalikkan ponselnya saja tanpa perlu mengatur apapun lagi. Tapi bagaimana jika video tersebut pada PC? Tentunya tidak mungkin untuk membalikkan komputer/laptop supaya bisa melihat video itu dengan jelas.

Untungnya kamu masih bisa mengatur rotasi video pada PC dengan bantuan program VLC Player. Itu merupakan program video player terbaik yang memiliki banyak fitur dan dapat dinikmati secara gratis. Jadi jika kamu belum memilikinya, sebaiknya unduh sekarang juga dan lanjutkan membaca tulisan ini untuk tata cara mengubah rotasinya.

Baca juga: Mengatasi Subtitle di Video Tidak Muncul pada VLC Player

Tutorial Mengubah Rotasi Video di VLC Player

Sebenarnya setiap orang dapat melakukan ini, hanya saja karena terbatas akibat menu yang sangat banyak sehingga mereka bingung dan tidak tahu dimana setelan untuk mengubah rotasi ini. Dan berikut ini tutorial untuk mengganti rotasi video pada VLC Player.

  1. Buka VLC Player dan mulai putar video yang akan diganti rotasinya.
  2. Klik pada menu Peralatan

    Mengubah Rotasi Video pada VLC Player

  3. Lalu pilih Efek dan Filter

    Mengubah Rotasi Video pada VLC Player

  4. Selanjutnya menuju tab Efek Video dan pilih lagi pada bagian Geometri

    Mengubah Rotasi Video pada VLC Player

  5. Centang pada opsi Transformasi dan kemudian cukup pilih rotasi yang sesuai untuk videonya

    Mengubah Rotasi Video pada VLC Player

Selain itu, kamu juga bisa mengatur rotasi sesuai angle yang diinginkan, dengan cara mencentang pada opsi Rotasi dan kemudian menggeser putaran sudutnya. Dan untuk mengembalikannya seperti semula, cukup untuk tidak mencentang opsi Transformasi dan Rotasi tadi.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Kesimpulan

Secara keseluruhan, untuk mengubah rotasi ini tidak sama seperti mengubah rasio yang dapat dilakukan dengan cara cepat pada klik kanan mouse. Melainkan harus menuju setelan tersendiri yang terdapat pada bagian Efek dan Filter.

Selain itu, pada bagian Efek dan Filter juga terdapat setelan untuk mengubah banyak hal, seperti equalizer, dan lain sebagainya. Jadi jika sekiranya kamu tidak menemukan apa yang diharapkan dari fitur cepat klik kanan, kamu bisa mencoba mencarinya dibagian itu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment