≡ Menu

Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Berita

Cara Ampuh Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Berita

Kabar berita atau juga bisa dikatakan sebagai beranda di Instagram, yang biasanya menampilkan segala postingan foto atau video dari orang-orang yang telah diikuti. Secara normal kabar berita tersebut akan otomatis termuat sesaat setelah memasuki aplikasi Instagram.

Namun disebabkan adanya suatu masalah, baik itu dari kesalahan yang mengacu aplikasi Instagram atau lain-lain, kabar berita tersebut tidak dapat dimuat meski mencoba untuk melakukan refresh berkali-kali sehingga hanya tampil halaman putih kosong. Tapi masih ada solusi untuk mengatasi masalah ini.

Percayalah bahwa ini bukanlah satu-satunya masalah pada Instagram, karena masalah sejenis ini sangatlah ringan dan dapat diatasi dengan cara yang mudah. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi masalah kabar berita yang tidak dapat dimuat ulang.

Baca juga: Cara Membuat Pertanyaan pada Instagram Story

1. Hapus Data pada Aplikasi Instagram

Cara pertama ini tergolong sangat ampuh, kamu hanya perlu menghapus data terhadap aplikasi Instagram. Tenang saja, ini tidak akan berpengaruh apapun kepada akun, karena intinya melakukan ini sama halnya dengan logout atau keluar.

Jadi, silakan masuk ke Setelan > Aplikasi > pilih Instagram, kemudian tekan tombol Hapus Data. Setelah itu silakan buka aplikasi Instagram dan silakan masuk ke akunnya kembali.

2. Restart/Reboot Ponsel

Cobalah me-restart ulang ponselnya. Hal ini dilakukan supaya tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang nantinya yang sekiranya memblokir jaringan dan berakibat tak dapat mengakses ke server Instagram.

Selain itu, melakukan restart terhadap ponsel juga dapat menstabilkan jaringan internet, karena sistem ponsel akan menghapus DNS Cache dan itu bagus, supaya segala situs dapat diakses dengan baik termasuk server Instagram.

3. Re-Install Aplikasi Instagram

Apabila kedua cara diatas masih tidak berfungsi, sangat positif bahwa masalahnya ada pada sisi aplikasi. Entah itu malfungsi atau sebagainya. Tapi jika memang benar, silakan coba untuk mencopot aplikasi Instagram dan kemudian mengunduhnya lagi dari Play Store.

Dengan mencopot aplikasi Instagram, ini akan benar-benar menghapus segalanya pada aplikasi tersebut termasuk data dan juga cache. Kesempatan berhasil kali ini lebih besar dari sebelumnya.

4. Menggunakan Aplikasi VPN

Aplikasi VPN persisnya dipakai untuk membuka situs yang diblokir dan juga dapat dipakai untuk mengamankan koneksi. Kamu bisa mencoba menggunakan VPN ini hanya sebagai pancingan, untuk memastikan bahwa koneksi sebelumnya apakah terblokir saat membuka Instagram.

Ada banyak sekali aplikasi VPN untuk ponsel, salah satunya adalah Turbo VPN. Setelah mengunduh aplikasi VPN, silakan buka dan hubungkan. Kemudian masuk ke aplikasi Instagram, kira-kira apakah kabar berita dapat dimuat?

Jika berhasil dimuat, berarti koneksi kamu sebelumnya tidak dapat mengakses server Instagram, hal ini bisa mengacu dari banyak hal dan solusinya hanya satu, silakan baca pada langkah ke-5.

5. Melakukan Reset Penuh Ponsel

Sebelum mereset, sebagai saran silakan coba mengakses aplikasi Instagram menggunakan jaringan dari kartu SIM lain atau WiFi, kira-kira apakah masih sama? Jika masih sama, berarti masalahnya memang berada pada bagian Hosts ponsel yang kemungkinan memblokir server Instagram.

Bagi pengguna ponsel rooted, ini masih dapat dibetulkan secara manual dengan mengalihkan file Hosts tersebut. Tapi bagi pengguna non-rooted, cara mudahnya untuk mengatasi masalah ini adalah melakukan reset penuh.

Ketahuilah sebelumnya bahwa melakukan reset penuh akan menghapus segala data pada penyimpanan internal termasuk kontak. Jadi sebelum melakukannya, silakan cadangkan terlebih dahulu data-data yang dirasa penting.

Baca juga: Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya

Akhir Kata

Secara kesimpulan, sebelum melakukan reset penuh ponselnya, kamu sangat disarankan untuk mencoba dari cara pertama sampai ke-empat. Kemungkinan berhasil sangat besar pada langkah tersebut, tapi jika sampai langkah ke-empat masih tidak mengatasinya, tak ada cara lain kecuali melakukan cara ke-lima.

Yang perlu kamu lakukan adalah bersikap positif, apalagi jika ponsel kamu belum diroot, kesempatan berhasil akan semakin tinggi. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai suatu cara diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment