≡ Menu

Cara Memblokir Nomor Seseorang pada WhatsApp

Tahukah kamu bahwa nomor ponsel yang dipakai untuk mendaftar di WhatsApp akan digunakan sebagai ID akun WhatsApp itu nantinya. Sangat penting sekali untuk menjaga privasi terhadap nomor tersebut supaya tidak sampai disalahgunakan oleh orang lain.

Contohnya adalah, ketika nomor kamu sudah dimiliki oleh orang lain, maka mereka akan dapat mengundang kamu kedalam suatu grup. Itu tidak masalah jika hanya satu grup, tapi bagaimana jika dia mengundang ke banyak grup sekaligus, tentu hal tersebut sudah masuk dalam kategori spam.

Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah memblokir dan sekaligus melaporkan orang yang mengundang, sehingga ia akan diberi teguran oleh sistem WhatsApp. Tulisan ini akan mengajarkan untuk memblokir suatu nomor pada WhatsApp dengan cara yang paling mudah.

Baca juga: Cara Keluar dari Grup di WhatsApp dengan Mudah

Tutorial Memblokir Nomor di WhatsApp

Ada dua metode yang bisa kamu lakukan untuk memblokir seseorang di WhatsApp. Yaitu hanya sekedar memblokir atau sambil melaporkannya dengan alasan spam. Sementara tulisan ini hanya akan memberi contoh untuk memblokir nomor WhatsApp tanpa perlu melaporkannya.

Ikuti cara dibawah ini untuk mulai memblokir nomor orang tersebut:

  1. Silakan buka aplikasi WhatsApp
  2. Menuju profil pada suatu nomor dengan cara menekan fotonya dan memilih ikon bertuliskan huruf (i)

    Memblokir Nomor di WhatsApp

  3. Gulir kebawah dan tekan pada opsi Blokir

    Memblokir Nomor di WhatsApp

  4. Akan tampil dialog konfirmasi, silakan lanjutkan menekan opsi Blokir

    Memblokir Nomor di WhatsApp

Selesai, sekarang nomor tersebut tidak akan dapat mengirim pesan lagi kepada kamu atau bahkan mengundang ke suatu grup. Itu karena nomor kamu yang tersimpan disana seolah tidak pernah ada. Dan melakukan metode diatas akan menghapus konversasi/chat terhadap nomor yang diblokir, sehingga seluruh media termasuk foto juga akan dihapus.

Solusi Apabila Gagal Memblokir Nomor WhatsApp

Sudah melakukan sesuai langkah diatas namun nomornya masih belum terblokir. Mungkin saja kamu melewatkan sesuatu, contohnya adalah koneksi internet. Karena pada dasarnya segala pengaturan yang ada di WhatsApp membutuhkan koneksi internet supaya dapat bekerja.

Jadi sekarang pastikan koneksi internet yang ada pada ponsel kamu sudah berfungsi dengan baik. Pastikan juga bahwa keadaan ponsel tidak dalam modus penerbangan, karena biasanya itulah yang membuat koneksi tidak bekerja sepenuhnya.

Baca juga: Cara Memblokir Cryptocurrency Mining pada Browser

Akhir Kata

Ingat, bahwa cara diatas hanya dapat memblokir nomor saja. Tapi jika kamu merasa terganggu dengan nomor yang akan diblokir, sebaiknya memilih opsi Laporkan. Dengan melaporkan nomor, itu tandanya juga akan memblokir sekaligus.

Jika WhatsApp menganggap bahwa nomor yang dilaporkan memang bersalah, maka sistem akan memberikan semacam batasan supaya tidak dapat menambahkan seseorang ke suatu grup. Penting untuk melaporkan seseorang seperti itu supaya tidak seenaknya mengumbar privasi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment