≡ Menu

Cara Mengatasi Lokasi GPS Tidak Terdeteksi di Android

Cara Mengatasi Lokasi GPS Tidak Terdeteksi di Android

Ponsel Android memiliki kemampuan yang dapat memberitahukan lokasi kita saat ini dengan cara yang terbilang sederhana. Dengan adanya fitur tersebut, pemilik ponsel Android tidak akan tersesat lagi ketika akan mengunjungi suatu tempat dan tetap merasa aman.

Namun beberapa dari pemilik ponsel Android juga kadang memiliki masalah terhadap fitur GPS yang ada di ponselnya yang mana tidak terdeteksi oleh suatu aplikasi. Hal ini masih bisa diatasi tanpa perlu melakukan reset ponsel.

Contohnya seperti ketika kamu membuka aplikasi Instagram dan ingin menambahkan lokasi saat ini, namun tidak ada lokasi yang terdeteksi disana sehingga kamu tidak bisa menambahkannya. Tentu hal ini mengacu pada sisi GPS yang tidak diatur dengan benar, dan artikel ini akan membantu kamu menyelesaikan masalahnya.

Baca juga: Cara Memalsukan Lokasi GPS di Android

Mengaktifkan Fitur GPS/Lokasi di Android

Awali dengan mengecek pada setelan GPS, kira-kira apakah sudah diaktifkan? Secara default pada segala ponsel Android, fitur lokasi ini sudah diaktifkan. Tapi siapa tahu fitur tersebut pernah dinonaktifkan dengan alasan tersendiri.

Untuk mengaktifkannya, silakan ikuti tutorial berikut ini.

  1. Buka Setelan
  2. Gulir kebawah dan ketuk menu Lokasi
  3. Kemudian aktifkan fitur Lokasi

Setelah fitur lokasi telah diaktifkan, silakan coba kembali membuka aplikasi yang membutuhkan akses GPS. Apakah sudah terdeteksi? Jika belum, sangat disarankan untuk melakukan reboot terhadap ponselnya terlebih dahulu kemudian mencoba lagi.

Mengatur GPS Sebagai Akurasi Tinggi

Cara ini memungkinkan ponsel untuk mendapatkan lokasi yang lebih akurat dibanding sebelumnya. Namun efek samping dalam mengaktifkan akurasi tinggi adalah dapat membuat baterai cepat habis apabila fitur lokasi ini digunakan terus-menerus.

Menjadikan lokasi menjadi akurasi tinggi sangatlah mudah, pada bagian Lokasi dimana kamu mengaktifkannya tadi, silakan tekan pada tombol bernama Mode dan kemudian pilih opsi Akurasi Tinggi.

Mengatur Lokasi Sebagai Akurasi Tinggi di Android

Baca juga: Cara Menjadikan Lokasi Lebih Akurat Di Android

Hapus Aplikasi yang Berkaitan dengan GPS

Apabila sampai sekarang masih tidak dapat mengatasi masalahnya, silakan cek kembali apakah sebelumnya kamu pernah memasang aplikasi yang sekiranya berkaitan dengan GPS. Contohnya seperti aplikasi Fake GPS Location atau lain-lain.

Jika memang ada, silakan copot aplikasi tersebut dan kemudian reboot ponsel dan mencoba kembali membuka aplikasi yang membutuhkan akses GPS.

Kesimpulan

Suatu aplikasi tak bisa mendeteksi lokasi saat ini dikarenakan GPS yang belum diaktifkan. Dengan melakukan cara diatas, pasti ini akan menyelesaikan masalahnya. Tapi jika masih tetap saja, sebagai saran adalah cobalah membuka aplikasi Maps. Kira-kira pada aplikasi tersebut apakah lokasi sekarang ini bisa terdeteksi dengan baik?

Dan apabila pada aplikasi Maps justru tak terdeteksi, kemungkinan besar masalahnya sudah sampai pada bagian sistem, sehingga satu-satunya opsi untuk mengatasinya hanyalah melakukan reset penuh ponselnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment