≡ Menu

Cara Download Video dengan Format M3U8

Terdapat banyak sekali format video yang ada saat ini dan pemutar video populer pun mulai canggih dengan memberikan fitur untuk mampu memutar segala jenis format itu. Jika MP4, 3GP, dan MKV mungkin sudah sering ditemui. Namun bagaimana dengan format M3U8?

Sedikit informasi, bahwa M3U8 sebenarnya bukanlah berkas yang ber-isi dengan file video, tapi lebih mengarah ke URL bagian video file yang memiliki format TS. Didalam sana terdapat daftar URL dari setiap video yang terpisah sehingga nantinya akan disatukan supaya dapat diputar.

Biasanya file M3U8 ini lebih sering dipakai pada situs-situs streaming karena dianggap lebih effisien dalam mengatasi buffering. Tapi mungkinkah berkas video yang ada di dalam file M3U8 tersebut dapat diunduh? Jawabannya adalah bisa.

Baca juga: Trik Download Video di Facebook Lewat HP Android

Cara Download Video M3U8

Ada dua tutorial yang akan dibagikan, yaitu untuk komputer dan ponsel (Android). Seluruh tutorial ini terjamin berhasil dan dapat mengumpulkan seluruh berkas video dari M3U8 sehingga hasil jadinya akan menjadi format TS. Silakan baca tutorial dibawah ini sesuai perangkat yang dipakai sekarang.

Melalui Komputer

Pertama-tama kamu harus mengunduh sebuah program bernama M3u8x. Itu adalah program serbaguna yang dapat dipakai untuk mengunduh video M3U8 dan bahkan kamu juga bisa menggabungkan file video yang terpisah secara manual.

Selengkapnya mengenai cara mengunduh video M3U8, silakan simak tutorial dibawah ini:

  1. Buka program M3U8X
  2. Isikan kolom (URL/Path) dengan URL video M3U8

    Cara Download Video M3U8

  3. Isikan juga kolom Quality URL dengan URL video M3U8

    Cara Download Video M3U8

  4. Selanjutnya tekan tombol Download

    Cara Download Video M3U8

  5. Tunggu proses download selesai sampai 100%.

Jika prosesnya sudah 100%, maka kamu sudah dapat melihat hasil download pada folder Video_Files pada direktori dimana program M3U8X ini berada. Sebenarnya sebelum menekan tombol download, kamu juga bisa mengatur beberapa hal seperti kualitas video (jika diperlukan).

Melalui HP Android

Hampir sama seperti melakukan di komputer, pada ponsel Android pun kamu memerlukan aplikasi untuk bisa mengunduh video M3U8 ini. Jadi sekarang silakan langsung unduh aplikasi bernama M3U8 Loader pada Play Store.

Setelah mengunduh aplikasinya, lanjutkan untuk menyimak tutorial berikut ini:

  1. Buka aplikasi M3U8 Loader
  2. Ketuk menu Add

    Cara Download Video M3U8

  3. Pada kolom URL link, isikan dengan URL video M3U8

    Cara Download Video M3U8

  4. Selanjutnya pada kolom Name, isikan dengan nama baru untuk videonya. Atau biarkan saja juga tak masalah.

    Cara Download Video M3U8

  5. Lalu tekan tombol Download yang ada dibawah

    Cara Download Video M3U8

  6. Tunggu sampai proses download selesai

Dari beberapa kasus, setelah menekan tombol download kemungkinkan proses unduhan tidak akan langsung berjalan. Sebab sistem aplikasinya masih menghitung seberapa besar ukuran total filenya apabila disatukan.

Jadi semakin banyak bagian file yangt terpisah, ini akan membutuhkan waktu yang sedikit lama setidaknya 2-3 menit. Dan letak unduhan dapat ditemukan pada folder /download/ pada SD Card.

Kesimpulan

Jika dibandingkan, kedua cara diatas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dimana jika kamu melakukannya di komputer, kecepatan download terhadap video M3U8 mungkin tidak secepat yang diharapkan, sedangkan jika kamu melakukannya di ponsel Android, kecepatan download yang didapatkan akan lebih baik.

Baca juga: Cara Jitu Mempercepat Proses Download File di Android

Hal tersebut dikarenakan program M3U8X mengunduh bagian file secara satu-per-satu, sedangkan aplikasi M3U8 Loader mampu mengunduh langsung beberapa bagian file sehingga kecepatannya akan cepat.

Tetapi program M3U8X memiliki fitur yang lebih banyak dibanding aplikasi M3U8 Loader. Inilah mengapa adanya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Yang terpenting secara keseluruhan keduanya sama-sama berfungsi untuk mengunduh video M3U8.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment