≡ Menu

Mengatasi Nada Pemberitahuan WhatsApp Tidak Berbunyi

WhatsApp kini telah menjadi kebutuhan bagi pengguna ponsel yang berguna untuk melakukan komunikasi dengan mudah dan juga gratis. Adanya fitur panggilan video yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan konversasi lebih menyenangkan, dan juga mengirim gambar tidak perlu biaya yang mahal layaknya MMS.

Setiap kali adanya panggilan atau bahkan pesan baru pada WhatsApp, pastilah akan muncul pemberitahuan beserta nada yang telah diatur. Tapi bagaimana jika pemberitahuan itu tidak muncul? Atau bagaimana jika pemberitahuan itu muncul, namun tidak ada nada yang berbunyi? Tentu terdapat alasan mengenai hal tersebut.

Jika pemberitahuan tidak muncul, pastilah adanya pengaturan yang salah diatur. Yang pasti ini bukan dari aplikasi WhatsApp, melainkan pada setelan aplikasi pada ponselnya. Sedangkan jika masalah nada yang tak berbunyi, ini mengacu pada beberapa hal. Untuk mengatasi kendala tersebut, tetap lanjutkan menyimak tulisan ini.

Baca juga: Trik Melihat Status WhatsApp Teman Tanpa Terdeteksi

Mengatasi Tidak Ada Pemberitahuan di WhatsApp

Kendala sejenis ini tidaklah sulit untuk diatasi. Kamu hanya perlu menuju Pengaturan > Aplikasi > Pilih WhatsApp. Dan kemudian pastikan bahwa opsi Tampilkan Pemberitahuan telah dicentang.

Mencentang Pemberitahuan pada Setelan Aplikasi WhatsApp di Pengaturan Android

Sebagian ponsel memiliki menu yang berbeda-beda, contohnya adalah ponsel Xiaomi yang perlu menuju menu Pengaturan > Pemberitahuan dan Bilah Status > Kelola Pemberitahuan untuk menghidupkan atau mematikan notifikasi sebuah aplikasi.

Pastikan Ponsel Tidak Dalam Modus Senyap

Siapa sangka jika kamu sebelumnya tidak sadar memencet ke modus senyap/diam/getar pada panel notifikasi sehingga setiap adanya pemberitahuan dari WhatsApp dan lain-lain tidak akan berbunyi. Silakan ubah kembali ke modus umum dan nada pemberitahuan nantinya akan berbunyi lagi.

Jika kamu tidak tahu bagaimana cara mengemablikannya ke modus Umum, silakan menuju Pengaturan > Audio Profil dan kemudian pilih/centang opsi Umum. Pada sebagian ponsel Android kadang memiliki nama menu yang berbeda, kadang itu juga tampil sebagai Volume.

Mengubah ke Modus Umum di Android

Tapi cara paling mudah untuk mengganti modus senyap ke umum adalah melalui panel notifikasi. Biasanya disana terdapat ikon berbentuk speaker, cukup tekan itu sampai ikon speakernya berubah menjadi tampil berbunyi.

Mengubah ke Modus Umum Melalui Panel Notifikasi di Android

Baca juga: Mengatasi Duplikat Nomor di Kontak Akibat WhatsApp

Cek Apakah Kamu Sudah Mengatur Nada Pemberitahuan dengan Benar di WhatsApp

Selain mengecek modus yang digunakan sekarang, kamu juga perlu untuk mengecek pada bagian setelan notifikasi di aplikasi WhatsApp. Barangkali kamu tidak sengaja menonaktifkan nada pemberitahuannya sehingga ketika ada pesan masuk menjadi tidak pernah berbunyi.

Untuk mengatasi hal ini sangat mudah, berikut ini tutorialnya beserta gambar:

  1. Masuk ke Aplikasi WhatsApp
  2. Tekan pada ikon 3 titik pada bagian kanan atas sebalah ikon pencarian

    Mengatur Nada Notifikasi pada WhatsApp

  3. Pilih menu Setelan

    Mengatur Nada Notifikasi pada WhatsApp

  4. Menuju menu bernama Notifikasi

    Mengatur Nada Notifikasi pada WhatsApp

  5. Centang pada opsi Nada Percakapan

    Mengatur Nada Notifikasi pada WhatsApp

Selesai, tahap terakhir setelah melakukan hal diatas adalah mengatur nada notifikasi sesuai yang diinginkan. Secara default, WhatsApp akan mengatur nada notifikasi sesuai yang sudah diatur pada setelan sistem ponselnya. Tapi pada aplikasi WhatsApp, kamu juga bisa mengubahnya menjadi nada lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment