≡ Menu

Cara Mengatasi Lampu Senter Android Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Lampu Senter Android Tidak Berfungsi

Lampu senter yang ada di ponsel masih dibutuhkan untuk banyak kegunaan. Meski cahayanya kadang tidak se-terang lampu senter biasanya, tapi ini bisa dipakai untuk suatu kebutuhan seperti memotret sesuatu di kegelapan.

Jarang sekali terjadi masalah terhadap lampu senter yang ada di ponsel Android, tapi adapun seseorang yang mengalaminya dimana lampu tersebut mati dan tidak bisa menyala lagi.

Sebelum membuat kesimpulan, hal tersebut memiliki banyak faktor sehingga tidak bisa dikatakan bahwa terdapat kerusakan pada lampu senter. Karena siapa tahu masih dapat diperbaiki dengan beberapa cara yang dibagikan pada artikel ini.

Tetapi satu hal yang sangat disarankan pertama kali adalah melakukan reboot ponselnya terlebih dahulu dan kemudian mengecek kembali lampu senternya. Dan jika masih tetap saja, silakan untuk memulai menerapkan cara berikut ini dari yang paling atas.

Baca juga: Cara Mengetahui Adanya Aplikasi Mata-Mata di Android

Cobalah Menghapus Cache pada Aplikasi Lampu Senter

Untuk memastikan bahwa kesalahan ini hanya pada sisi cache aplikasi yang corrupt, kamu bisa menuju pengaturan aplikasi dan mencari aplikasi lampu senter dan kemudian menekan tombol Hapus Cache.

Menghapus Cache pada Aplikasi Lampu Senter

Tenang saja, cara ini aman untuk dilakukan dan tidak berdampak apapun. Namun jika kamu telah mencoba cara ini dan lampu senter masih tak dapat menyala, silakan lanjutkan untuk menerapkan cara selanjutnya.

Gunakan Aplikasi Lampu Senter yang Lain

Bisa jadi kerusakan yang terjadi hanyalah pada sisi aplikasi saja sehingga tidak meng-efek pada bagian hardware dan masih dapat diatasi dengan cara mengunduh aplikasi senter yang lain.

Salah satu aplikasi senter yang dapat kamu coba adalah Super-Bright LED Flashlight. Jika menggunakan aplikasi baru tersebut bisa membuat lampu senter menyala, maka bisa disimpulkan bahwa kerusakan hanya pada aplikasi lampu senter bawaan ponsel.

Kerusakan Hanya pada Widget

Apabila saat ini kamu selalu menggunakan widget untuk mengaktifkan lampu senter, sebaiknya sekarang cobalah untuk mengaktifkan lampu senter melalui aplikasinya secara langsung.

Nama aplikasi untuk mengaktifkan lampu senter biasanya adalah Senter, Lampu Senter, Flashlight, dan Torch. Silakan cari salah satu dari beberapa nama tersebut, pasti ada.

Lampu Senter Tidak Berfungsi Hanya pada Kamera

Masalah sejenis ini sudah menuju ke sisi lain dan tidak merujuk ke aplikasi senter yang ada pada ponselnya. Jadi misalnya lampu senter bisa menyala dengan normal apabila diaktifkan dari aplikasi senter, namun tidak bisa menyala apabila dipakai pada kamera.

Jika kamu mengalami masalah ini, silakan coba mengunduh aplikasi kamera yang lain pada Play Store. Sebab aplikasi kamera memiliki fitur tersendiri untuk mengaktifkan flash dan tidak menggunakan bantuan aplikasi senter bawaan.

Baca juga: Mengatasi Ponsel Tiba-Tiba Mati Saat Menggunakan Kamera

Melakukan Factory Reset

Ini merupakan cara terakhir apabila segala cara diatas tidak ada hasilnya. Dengan mereset ponsel, akan membuat setelannya dikembalikan seperti semula sehingga semua kontak, aplikasi, dan juga berkas yang tersimpan pada penyimpanan internal akan terhapus.

Jadi pastikan bahwa pengguna telah mengetahui konsekuesi dalam melakukan tindakan ini. Sebagai saran, silakan baca artikel Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya.

Akhir Kata

Kejadian lampu senter yang tidak mau menyala sangatlah jarang sekali. Dan kebanyakan dari itu bukanlah kesalahan dari hardware dan hanya mengacu pada ROM yang bermasalah sehingga mereka hanya perlu melakukan factory reset dan semuanya kembali seperti semula.

Tetaplah berfikir positif dan berharap bahwa kendalanya tidak mengacu ke hardware. Mencoba cara diatas adalah sesuatu yang baik dan selain itu dapat dijadikan pengalaman apabila suatu saat mengalami kejadian yang sama.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment