≡ Menu

Solusi Baterai HP Android yang Tiba-Tiba 0%

Baterai HP Android Tiba-Tiba 0%, Ini Solusinya

Sangat mengejutkan ketika melihat baterai tiba-tiba habis padahal sebelumnya masih tersisa cukup banyak. Masalah ini tidak hanya dialami oleh beberapa jenis ponsel saja, tapi segala ponsel Android nyaris bisa mengalaminya kapan saja.

Baik itu persentase baterai masih 15%, 30%, 40%, atau lebih, bisa saja menjadi 0% secara tiba-tiba dengan akibat yang berbeda-beda. Jika kamu mengalami juga, maka ini adalah saat yang tepat untuk memperbaikinya dengan berbagai cara yang dibagikan disini.

Penyebab Baterai Tiba-Tiba Habis (Nol Persen)

Ada beberapa penyebab yang membuat baterai atau ponsel Android tidak stabil sehingga sistem terkadang salah menduga bahwa baterai sudah habis padahal itu masih belum waktunya. Namun sebagian lagi mengarah pada sisi kesehatan baterai itu sendiri.

Berikut beberapa penyebab masalahnya:

  • Terjadi galat pada sistem ponsel
  • Baterai tidak kompatibel
  • Baterai rusak

Dari ketiga penyebab tersebut, tentu ada cara tersendiri yang dapat kamu coba untuk bisa mengatasi masalahnya. Dan artikel ini akan membagikan sebanyak tiga solusi. Sebaiknya lakukan dimulai dari yang pertama.

1. Mengembalikan ke Setelan Pabrik

Siapa tahu masalahnya ada pada bagian sistem ponselnya, entah itu malfungsi atau terdapat hal yang tak terduga. Namun jika masalahnya hanya pada sistem, tentu dapat diatasi dengan cara mengembalikan ke setelan pabrik.

Pengguna bisa menuju Setelan > Cadangan & atur ulang > Kembalikan ke setelan pabrik. Pada bagian tersebut pengguna dapat mengikuti intruksi yang diberikan pada layar. Tapi harap berhati-hati karena cara ini bisa menghapus seluruh kontak, aplikasi, dan juga berkas yang tersimpan pada penyimpanan internal.

Baca juga: Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya

2. Jangan Mengaktifkan Fitur Fast Charging

Cobalah untuk menonaktifkan fitur Fast Charging apabila saat ini ponsel yang dimiliki mendukungnya. Fitur tersebut memang akan membuat baterai terisi dengan sangat cepat, namun ketahuilah bahwa baterai akan menjadi sangat panas saat dicas dan ini tergolong buruk.

Jadi untuk experimen sederhana, cobalah untuk menonaktifkan fitur Fast Charging tersebut dan cas ponsel secara normal. Untuk menonaktifkannya, biasanya ada di Setelan > Battery kemudian gulir kebawah dan temukan opsi Fast Cable Charging. Cukup matikan pada opsi tersebut.

3. Membeli Baterai yang Baru

Jika cara diatas tak bisa mengatasi masalahnya, ada kemungkinan besar bahwa baterainya telah rusak. Kamu juga bisa memastikan dengan cara meminjam ponsel yang sama dan kemudian pasang dengan baterai yang kamu miliki kemudian lihat hasilnya nanti.

Sebagai saran, beli baterai original merk ponselnya untuk mencegah terjadinya ketidakstabilan atau kerusakan dini.

Baca juga: Tips Membeli Baterai Baru untuk HP Android

Kesimpulan

Sangat penting sekali melakukan cara yang pertama untuk mengetahui apakah masalahnya dari sistem. Dengan melakukan reset penuh, tidak perlu lagi melakukan kalibrasi karena battery stats akan terhapus pada saat itu juga.

Namun jika pengguna tetap ingin melakukan kalibrasi terhadap baterainya, silakan simak pada artikel Tutorial Kalibrasi Baterai Android Tanpa ROOT.

Kebanyakan yang mengalami masalah ini, selalu mengacu pada kerusakan baterai. Tapi sebagian lagi ada yang berhasil dengan melakukan reset penuh ponselnya yang mana hal tersebut disebabkan karena sistem ROM yang malfungsi. Untuk itu, ada baiknya pengguna mencoba seluruh cara diatas dimulai dari yang pertama, karena siapa tahu masalahnya bukan dari kerusakan baterai.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment