≡ Menu

Mengatasi Duplikat Nomor di Kontak Akibat WhatsApp

Mengatasi Duplikat Nomor di Kontak Akibat WhatsApp

Sistem ID yang diterapkan pada aplikasi WhatsApp adalah menggunakan nomor ponsel. Selama pengguna menambahkan nomor seseorang pada kontak, maka secara otomatis WhatsApp akan mendeteksinya dan juga menduplikasinya apabila nomor tersebut telah terdaftar.

Tapi pengguna perlu tahu bahwa sebenarnya WhatsApp tidaklah menduplikasinya, tapi hanya menyalinnya saja untuk kontak khusus di WhatsApp. Jadi sebenarnya pengguna dapat mengatur kontak bawaan ponsel untuk hanya menampilkan nomor yang ditambahkan kecuali duplikasi dari WhatsApp.

Biasanya nomor yang terduplikasi, akan ditandai dengan adanya ikon WhatsApp. Itu pertanda bahwa kontak yang tampil disana juga diambil dari proses sinkronisasi di WhatsApp dan yang perlu dilakukan adalah membuatnya tidak tampil lagi.

Baca juga: Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus di Android

Tidak Menampilkan Nomor Duplikat dari WhatsApp pada kontak

Aplikasi kontak yang ada di Android selalu memiliki fitur untuk menandai jenis nomor apa saja yang akan ditampilkan. Dan dalam kasus ini yang perlu diaktifkan hanyalah nomor yang tersimpan dari Telepon dan SIM saja. Mungkin menu ponsel berbeda-beda, tapi setidaknya seperti inilah cara melakukannya.

  1. Buka aplikasi Kontak dan langsung saja tekan tombol opsi yang biasanya berada di pojok kanan atas atau di pojok kanan bawah.
  2. Kemudian tekan menu bernama Contact to Display. Disebagian ponsel, menu tersebut tampil di bagian menu Lainnya.

    Mengatasi Duplikat Nomor di Kontak Akibat WhatsApp

  3. Sekarang pengguna hanya cukup memilih jenis nomor apa yang perlu ditampilkan, pada contoh pada gambar dibawah ini, diatur untuk menampilkan kontak hanya untuk SIM dan Telepon saja.

    Mengatasi Duplikat Nomor di Kontak Akibat WhatsApp

  4. Selesai. Sekarang coba lihat pada kontak, pasti nomor WhatsApp sudah tidak ditampilkan lagi.

Tutorial diatas dibuat menggunakan ponsel Android KitKat, maka dari itulah kemungkinan OS lainnya akan menemukan menu yang berbeda-beda tapi percayalah bahwa ada menu untuk menambah pengecualian untuk menampilkan jenis nomor seperti diatas.

Tidak Lagi Memakai WhatsApp, Tapi Nomornya Masih Tampil di Kontak

Biasanya ketika pengguna menghapus aplikasi WhatsApp, maka seluruh nomor yang terduplikasi akan dihapus secara otomatis. Dan jika ternyata masih ada, berarti aplikasi terdapat kekliruan pada sistem yang membuatnya tidak ikut menghapus nomor tersebut.

Satu solusi mengatasi hal ini sangatlah mudah sekali, yaitu menggunakan bantuan aplikasi bernama Duplicate Contacts Remover. Aplikasi tersebut juga berguna untuk menghilangkan adanya nomor yang terdeteksi ganda, jadi secara otomatis aplikasi ini akan menyeleksi nomor ganda itu dan pengguna hanya perlu menghapusnya saja.

Mengatasi Duplikat Nomor di Kontak Akibat WhatsApp

Gambar diatas adalah contoh bagaimana aplikasi ini bekerja dalam proses penyeleksi nomor dari WhatsApp. Dan untuk menghapusnya, silakan tekan tombol yang ada di pojok kanan atas. Dan tenang saja, karena aplikasi tersebut juga memiliki fitur untuk mencadangkan. Jadi jika pengguna salah menghapus, masih bisa dikembalikan.

Baca juga: Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya

Kesimpulan

Pada tutorial diatas dijelaskan cara untuk tidak menampilkan nomor yang ditambahkan oleh WhatsApp, dan ini sangat aman untuk dilakukan serta tidak menganggu sama sekali terhadap sinkronisasi kontak yang terjadi di WhatsApp nantinya.

Jadi meski tidak menampilkannya di kontak, apabila pengguna menambahkan nomor baru yang terdeteksi oleh WhatsApp, maka secara otomatis WhatsApp juga akan menduplikasinya, namun tetap tidak akan ditampilkan pada kontak. Mungkin ini sulit untuk dipahami, tapi yang pasti secara keseluruhan cara diatas tidaklah beresiko apapun.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment