≡ Menu

Cara Mengatasi Tindakan Diblokir pada Instagram

Setiap hari kita tidak menyadari seberapa banyak tindakan yang dilakukan saat menggunakan sosial media seperti Instagram. Terkadang kita tidak tahu apakah sesuatu yang dilakukan tersebut telah menyalahi aturan, seperti mengunggah gambar terus-menerus, atau berkomentar yang terlalu cepat.

Sistem yang terdapat pada Instagram sangat tidak menyukai terhadap robot, sehingga jika terdapat tindakan yang seolah otomatis atau mencurigakan, maka sistemnya akan langsung beroperasi untuk menghentikan itu dan memberikan teguran kepada pemilik akun berupa dialog pemberitahuan.

Ada bervariasi teguran yang diberikan oleh sistem Instagram, salah satunya adalah munculnya notif “Tindakan Diblokir” dan ini sangat lumrah terjadi pada akun yang masih tergolong baru supaya bisa menaati peraturan yang dibuat Instagram.

Baca juga: Solusi Mengatasi Komentar Diblokir Oleh Instagram

Penyebab Tindakan Diblokir di Instagram

Cara Mengatasi Tindakan Diblokir pada Instagram

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengatasinya, mungkin kamu harus tahu terkait penyebab munculnya notif tindakan diblokir tersebut. Dan pada dialog yang muncul, kira-kira seperti ini.

Tidakan ini diblokir, coba lagi nanti. Kami melarang konten dan tindakan tertentu untuk melindungi komunitas kami. Beri tahu kami jika menurut Anda kami telah melakukan kesalahan.

Mengetahui dari dialog tersebut, tentunya kita masih bertanya-tanya apa penyebab sesungguhnya, karena penjelasan yang tampil pada pemberitahuan tersebut tidak begitu jelas. Tapi berikut inilah tindakan yang mungkin pengguna lakukan di Instagram sehingga dialog tersebut muncul.

  • Memberi Love terlalu sering pada suatu kiriman (termasuk di komentar)
  • Berkomentar terlalu cepat.
  • Mengikuti atau Mem-follow seseorang terlalu cepat.
  • Upload Gambar atau Video terlalu sering dalam sehari.

Nah, setelah kamu telah mengetahui penyebabnya, sekarang saatnya untuk menuju bagian solusinya.

Solusi Tindakan Diblokir pada Instagram

Terdapat dua opsi yang dapat kamu lakukan saat ini, dan kamu bisa langsung menerapkan keduanya. Yang pasti, gunakan pemberitahuan tersebut sebagai pengalaman supaya tidak melanggar lagi nantinya. Sebab jika tidak menaati peraturan Instagram, ada kemungkinan sewaktu-waktu akun dapat dihapus secara permanen.

Berikut ini kedua cara yang dapat pengguna terapkan mulai sekarang.

1. Melapor Ke Instagram

Disaat dialog tersebut tampil, terdapat tombol bernama Laporkan Masalah yang muncul dibagian bawah. Silakan tekan tombol tersebut dan maka akan muncul kolom untuk melapor ke Instagram.

Tuliskan pernyataan singkat untuk memastikan ke Instagram bahwa kamu telah menyalahgunakan suatu tindakan terlalu cepat dan tidak akan mengulanginya lagi. Lalu kirimkan.

Meski mereka tidak merespon pernyataan yang kamu buat, tapi pada dasarnya mereka telah menerima dan melihat. Dan untuk saat ini yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah menuju langkah ke-dua.

Baca juga: Trik Melihat Instagram Stories Teman Tanpa Ketahuan

2. Menunggu Beberapa Hari

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa pemblokiran yang dialami saat ini sebenarnya hanyalah sementara layaknya pada Facebook. Perbedaannya adalah sistem Instagram tidak memberitahu dengan jelas kapan tepatnya pemblokiran tersebut akan berakhir.

Namun sebaiknya kamu cukup menunggu sampai maksimal 1 minggu saja, pasti setelah itu kamu tidak akan menerima dialog tindakan diblokir lagi dan segalanya menjadi normal seperti semula.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment