≡ Menu

2 Cara Mengubah Kingroot ke SuperSU dengan Mudah

2 Cara Mengubah Kingroot ke SuperSU dengan Mudah

Kingroot adalah aplikasi yang dapat dipakai untuk melakukan rooting untuk ponsel Android. Pasalnya Kingroot akan secara otomatis berubah menjadi superuser setelah proses rooting berhasil dan tidak memakai bantuan aplikasi lain seperti SuperSU.

Sedangkan kebanyakan orang menganggap bahwa superuser yang diberikan oleh Kingroot terlalu berlebihan, entah itu dari sisi perijinan atau lain-lain. Yang pasti menggunakan SuperSU lebih nyaman dan juga ringan.

Jika kamu ingin mengganti Kingroot menjadi SuperSU, ada dua cara yang dapat dilakukan. Semua ini mudah untuk dilakukan serta terbukti aman. Namun untuk jaga-jaga sebaiknya lakukan full backup terlebih dahulu dari recovery (CWM/TWRP) apabila itu memungkinkan.

Baca juga: Cara Menghapus Kingroot atau Kinguser Secara Permanen

1. Mengganti Kingroot ke SuperSU Menggunakan Script Bash

Menerapkan cara yang pertama ini sangat disarankan sekali karena tingkat keberhasilan yang tinggi. Sementara itu meski ini terlihat menyeramkan, namun nyatanya ini tidaklah beresiko apapun. Jadi kamu tidak perlu takut untuk melakukannya selama menerapkan dengan benar sesuai tutorial.

Langsung saja simak dibawah ini untuk cara mengganti Kingroot ke SuperSU memakai kode bash.

  1. Download scriptnya terlebih dahulu KLIK DISINI
  2. Selanjutnya extract folder MRW pada direktori utama SD Card.
  3. Sekarang unduh dan buka aplikasi Terminal Emulator
  4. Ketik perintah dibawah untuk mengijinkan superuser

    su
  5. Kemudian ketikkan lagi perintah dibawah ini untuk mengeksekusi kode bash tadi

    sh /sdcard/mrw/root.sh
  6. Tunggu prosesnya sampai selesai. Hingga akhirnya otomatis masuk ke aplikasi SuperSU
  7. Pasti SuperSU akan meminta untuk memperbarui binary, silakan klik LANJUTKAN
  8. Kemudian ada dua pilihan untuk memperbarui binary, cukup pilih modus NORMAL
  9. Tahap terakhir adalah menekan REBOOT dan selesai.

Setelah ponsel memulai ulang, disitulah SuperSU sudah menggantikan Kingroot dan bisa langsung dipakai mulai sekarang. Tutorial diatas mungkin akan sulit dipahami jika hanya dilihat-lihat saja, tapi cobalah langsung mempraktekannya, pasti akan sangat mudah dan tidak perlu waktu lama untuk melakukannya.

2. Mengubah Kingroot ke SuperSU Tanpa Script Bash

Jika tutorial diatas tadi perlu script bash untuk melakukannya, dengan cara kedua ini kamu dapat melakukannya tanpa perlu terminal emulator lagi dan juga lebih praktis. Karena intinya hanya perlu memasang aplikasi dan menggantikannya sesuai apa yang diperintahkan SuperSU.

Jadi SuperSU lah yang akan langsung menggantikan Kingroot dengan dirinya sendiri dan ini tergolong cara yang tercepat dibanding cara yang pertama tadi. Berikut ini tutorial lengkapnya.

  1. Unduh dan buka aplikasi SuperSU di Play Store
  2. Ijinkan akses root yang diminta oleh Kingroot.
  3. Maka SuperSU akan meminta untuk memperbarui binary, silakan tekan LANJUTKAN dan kemudian pilih Modus NORMAL
  4. Selanjutnya SuperSU pasti akan menampilkan dialog yang menyuruh untuk mencopot Kingroot karena terdeteksi sebagai aplikasi superuser yang lain, jadi cukup tekan OK
  5. Tahap terakhir adalah menekan REBOOT dan selesai.

Bukankah ini lebih cepat? Dan hasilnya pun akan sama saja dengan tutorial pertama. Sehingga ketika ponsel telah memulai ulang, aplikasi SuperSU sudah dapat digunakan.

Kesimpulan

Perbedaan dari kedua cara diatas adalah dari sisi pengerjaan dalam penghapusan Kingroot. Apabila cara pertama dapat mengghapus Kingroot secara keseluruhan dari sistem termasuk segalanya, sedangkan cara kedua akan langsung menambah binary secara overwrite dan kemudian menghapus aplikasi Kingroot.

Baca juga: Tutorial Unroot Android Paling Mudah

Tapi cara manapun yang kamu coba, itu pasti akan berhasil. Dan bisa jadi mungkin kamu bertanya-tanya mengapa saat menggunakan Terminal Emulator dan menjalankan kode bashnya muncul error yang banyak.

Hal tersebut adalah normal karena didalam scriptnya berusaha untuk mencari seluruh direktori Kingroot yang mana itu bisa saja tidak ada sehingga jadilah error yang tampil. Tapi pada akhirnya aplikasi SuperSU akan terpasang dan hanya perlu melanjutkan prosesnya sesuai langkah diatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment