≡ Menu

Cara Mengetahui dan Menghapus Riwayat Pencarian Facebook

Sejak dulu Facebook memberikan fitur pencarian pintar yang dapat digunakan untuk menemukan orang, halaman, grup, atau bahkan kiriman. Tapi tahukah kamu bahwa fitur pencarian tersebut menyimpan segala kata kunci yang pernah kita cari.

Faktanya Facebook mulai menyimpan kata kunci pencarian sejak tahun 2018, jadi pencarian sebelum tahun itu tidak akan bisa dilihat lagi. Nah berhubungan ini juga menyangkut privasi, maka hanya pemiliki akun Facebook saja yang dapat melihat riwayat pencarian ini.

Selain hanya melihatnya saja, sang pemilik akun Facebook juga berhak untuk menghapus segala kata kunci pencarian tersebut. Dan yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana mengetahui riwayat pencarian di Facebook?

Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instagram

Melihat Seluruh Riwayat Pencarian Facebook

Meski saat ini kamu menggunakan komputer atau ponsel, kamu masih bisa melihat riwayat pencarian yang ada di Facebook. Tapi kedua itu memiliki cara yang berbeda-beda sehingga artikel ini akan dibagi menjadi dua. Cukup pilih tutorial sesuai perangkat yang kamu gunakan sekarang.

Melalui Komputer

Cara ini hanya memiliki beberapa langkah saja, dan sangat mudah sekali. Yang pertama kali harus dilakukan adalah masuk ke Facebook terlebih dahulu. Selanjutnya ikuti tutorialnya dibawah ini.

  1. Menuju Profil

    Mengetahui Riwayat Pencarian Facebook

  2. Tekan tombol Lihat Log Aktivitas

    Mengetahui Riwayat Pencarian Facebook

  3. Pada daftar menu disebelah kiri, tekan opsi Lainnya

    Mengetahui Riwayat Pencarian Facebook

  4. Kemudian tekan menu Riwayat Pencarian

    Mengetahui Riwayat Pencarian Facebook

  5. Sekarang akan tampil seluruh riwayat pencarian selama ini

    Mengetahui Riwayat Pencarian Facebook

Jika kamu ingin menghapus seluruh riwayat pencarian, caranya sangat mudah sekali, yaitu cukup menekan tombol Hapus Pencarian yang ada dibagian atas.

Melalui Ponsel

Berbeda dengan versi komputer yang mana harus menuju Log Aktivitas untuk bisa mengecek seluruh riwayat pencarian. Sedangkan pada ponsel, kamu bisa mengeceknya langsung dari bagian pencarian itu sendiri. Berikut ini cara lengkapnya.

  1. Tekan ikon Pencarian yang ada dibagian atas

    Mengetahui Riwayat Pencarian Facebook

  2. Pada bagian Pencarian baru, silakan tekan menu Edit yang ada disebelahnya

    Mengetahui Riwayat Pencarian Facebook

  3. Sekarang pasti sudah tampil riwayat pencariannya.

    Mengetahui Riwayat Pencarian Facebook

Apabila kamu ingin menghapus seluruh riwayat pencariannya, cukup tekan menu Hapus Pencarian yang ada dibawah menu Filter.

Kesimpulan

Secara keseluruhan untuk mengetahui dan menghapus riwayat pencarian di Facebook melalui komputer dan ponsel tidaklah berbeda jauh dan bisa dilakukan dengan cepat tanpa perlu ribet. Dan meski disana terdapat pilihan tahun, percayalah itu tidak akan ada hasilnya jika kamu memilih tahun dibawah 2018.

Baca juga: Cara Menghapus Segala Riwayat Aktivitas pada Akun Google

Tutorial khusus untuk ponsel diatas diambil melalui web browser, tapi sepertinya juga masih sama meski diterapkan dari aplikasi Facebook atau Lite.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment