≡ Menu

Cara Menambah Akismet pada Contact Form 7 di WordPress

Cara Menambah Akismet pada Contact Form 7 di WordPress

Contact Form 7 adalah plugin yang akan membantu pengguna dalam pembuatan formulir kontak secara instan. Pada setelan standar, Contact Form 7 hanya menyuguhkan fitur sederhana untuk menampillkan formulir tersebut dan sisanya terbantu dengan plugin yang lain.

Ada banyak sekali plugin lain yang dapat di-integrasikan bersama Contact Form 7, salah satunya seperti Simple Captcha, MailCimp, dan tidak pula dilupakan adalah Akismet. Walau pada setelan tidak ada opsi untuk menghubungkan plugin ini dengan Akismet, tapi sebenarnya pengguna diharuskan melakukan secara manual.

Akismet bekerja dalam bidang pemberantasan robot yang melakukan komentar atau bertindak pada suatu kolom, tidak kecuali adalah formulir kontak. Dengan menambah Akismet pada Contact Form 7, maka setiap pesan yang masuk pada email akan layak untuk dibaca, karena tak akan ada lagi yang namanya robot.

Baca juga: Cara Mencegah Komentar SPAM pada Blog

Menambah Akismet pada Plugin Contact Form 7

Tidak banyak yang harus dilakukan, pengguna hanya cukup menambah sedikit kode pada formulir untuk mengaktifkan Akismet ini pada Contact Form 7. Berikut ini contoh kode yang perlu ditambahkan.

Kolom Nama

[text* your-name akismet:author]

Kolom Email

[email* your-email akismet:author_email]

Perhatikan pada kode berawal akismet: adalah cara untuk plugin ini supaya bisa terintegrasi dengan Akismet. Pengguna hanya perlu mengganti sedikit kode itu pada 2 kolom tersebut saja.

Menambah Akismet dengan Contact Form 7

Jadi setiap ada robot yang berkomentar, secara otomatis pesan tidak akan terkirim dan tampil pesan error. Akismet memiliki cara pintar untuk mendeteksi robot, baik itu dari nama atau alamat email, jadi pengguna tidak perlu khawatir lagi.

Contoh Pesan Error Karena Terhalang Akismet

Baca juga: Cara Merubah Gambar Gravatar dengan Foto Sendiri

Kesimpulan

Dengan menambah Akismet, tidak bisa dikatakan 100% dapat membasmi robot. Maka dari itu sebaiknya silakan dipikir-pikir lagi untuk menambah plugin captcha yang mana lebih tergolong ampuh.

Pada dasarnya Contact Form 7 juga memiliki fitur untuk memberi kode captcha, hanya saja tidak berbentuk gambar atau hanya sekedar teks saja, sehingga bisa saja di lewati oleh robot pintar.

Sebagai saran, tambahkan plugin Google Captcha. Itu akan menjamin 100% tidak akan ada robot yang bisa melewati formulir kontak pada websitenya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment