≡ Menu

Cara Melaporkan Berita Palsu atau HOAX di Facebook

Cara Melaporkan Berita Palsu atau HOAX di Facebook

Adanya sosial media tidak hanya diperuntungkan untuk melakukan komunikasi secara gratis saja, bahkan untuk sekarang ini banyak yang memakainya untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai berita viral yang dibagikan oleh teman-teman. Tapi apakah berita yang dibagikan tersebut selalu benar?

Jawabannya adalah “Tak Menentu“, karena masih banyak orang yang tak bertanggung jawab yang membuat berita palsu yang mana dipakai untuk menguntungkan dirinya sendiri. Dan hal semacam ini jelas sekali melanggar hukum dan harus ditindak lanjuti.

Sebagai netizen yang pintar, kamu bisa melaporkan segala berita palsu pada Facebook dengan cara yang tergolong mudah. Sehingga Facebook akan meninjau berita tersebut dan jika memang benar-benar tak ada sumber terpercaya terkait berita itu, maka Facebook akan segera menghapusnya.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Balasan Pesan Otomatis di Facebook Fanspage

Cara Mudah Melaporkan Berita Palsu di Facebook

Pada tahun 2016, Facebook mengupayakan untuk menghapus segala berita palsu/hoax yang dibagikan oleh setiap orang, informasi selengkapnya mengenai hal ini bisa dilihat pada Facebook News Room. Namun bukan berarti Facebook langsung mendeteksi dan menghapusnya, melainkan masih memerlukan perananan seseorang untuk melaporkannya.

Dan sekarang, pengguna pun juga dapat ikut serta melaporkan segala kiriman yang mencakup berita palsu yang ada. Berikut ini caranya:

  1. Cari kiriman yang dianggap mengirimkan berita palsu
  2. Tekan tombol opsi (3 titik) dan pilih opsi Laporkan postingan

    Melaporkan Berikut Palsu di Facebook

  3. Pilih lagi menu bernama Menurut saya ini tidak seharusnya ada di Facebook

    Melaporkan Berikut Palsu di Facebook

  4. Kemudian klik Ini adalah berita palsu

    Melaporkan Berikut Palsu di Facebook

  5. Sekarang kamu hanya cukup menekan pada teks Tandai kiriman ini sebagai berita palsu dan lanjutkan menekan tombol Selesai yang ada dipojok kanan atas
  6. Melaporkan Berikut Palsu di Facebook

Setelah melakukan langkah diatas, maka kiriman yang dilaporkan akan segera ditinjau oleh Tim Facebook dan suatu saat jika mereka sudah menindaklanjuti. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa kiriman tersebut telah dihapus.

Kesimpulan

Cara diatas merupakan tutorial untuk pengguna ponsel, tapi jika pengguna saat ini sedang menggunakan PC, sebenarnya langkahnya hanya berbeda sedikit saja. Dan lamanya proses peninjauan ini tidak menentu, kadang mencakup 1 minggu dan kadang bisa lebih sampai 1 bulan.

Baca juga: Cara Menyimpan Gambar Melalui Facebook Lite

Yang pasti, semakin banyak orang yang melaporkan kiriman tersebut sebagai berita palsu, maka Facebook akan menindaklanjuti lebih cepat. Sebagai saran, pengguna tidak perlu menunggu kiriman tersebut terhapus, sebab Tim Facebook sangat pintar dalam mendeteksi segala berita HOAX.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment