≡ Menu

Tips Memilih Headphone yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Headphone yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Semakin berkembangnya tehnologi, kini banyak sekali jenis headphone yang beredar dan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Terkadang ada pula jenis headphone yang dibandrol dengan harga mahal, dan itu mengarah kepada kualitas perangkatnya, seperti keluaran suara, fitur, dan lain-lain.

Mulai sekarang tak perlu lagi membeli perangkat pemutar MP3, karena dengan sepasang headphone yang tepat akan memberikan pengguna pengalaman memutar musik dengan tingkat yang lebih tinggi. Dan sebelum membelinya, pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal dibawah ini untuk mendapatkan kesenangan yang maksimal.

Memilih Antara Earbud atau Headphone

Earbud sangat cocok bagi pengguna yang selalu berada di tempat yang ramai. Bentuknya yang kecil dapat dibawa kemana-mana dengan hanya meletakkan pada segala tempat termasuk saku. Earbud yang berkualitas biasanya memberikan case gratis sehingga keadaan perangkat tetap dalam kondisi yang baik.

Namun kekurangan dari menggunakan Earbud adalah seperti sering jatuh dari telinga, bisa penyok kapan saja akibat plastik yang kurang berkualitas, atau terkadang membuat telinga sakit untuk penggunaan jangka lama.

Dengan memilih harga Earbud yang tergolong lebih tinggi sekitar 100 ribu rupiah keatas, besar kemungkinan kamu akan mendapatkan kualitas yang nyaman dan uang yang dibelanjakan pun tidak akan sia-sia.

Sementara itu memilih Headphone lebih cocok dipakai untuk memutar suara dengan jangka lama karena dibanding Earbud, tentu Headphone lebih nyaman untuk digunakan. Contoh kecilnya seperti dipakai untuk menonton film, atau bermain game.

Kekurangannya hanya satu, yaitu headphone yang memiliki kualitas terbaik selalu memiliki harga yang tergolong mahal. Misalnya headphone gaming dengan 7.1 channel, akan memberikan sensasi bermain game terasa lebih menyenangkan dan bisa mendengarkan sesuatu lebih detil.

Selain itu, headphone juga tidak mudah untuk dibawa kemana-mana. Karena selain dikalungkan ke leher, kamu harus selalu membawa tas. Adapun jenis headphone yang memiliki tali penghubung dibelakang leher dan bukan diatas kepala, sangat direkomendasikan bagi orang yang suka memakai topi atau tidak menyukai apabila rambutnya tertekan dari atas.

Mengetahui Harga dan Kualitas Headphone

Secara umum, harga headphone yang tergolong mahal dibuat dengan bahan dan mesin berkualitas tinggi. Seperti adanya perangkat dengan harga 300 ribu rupiah, itu terbilang bagus, namun masih tak sebagus harga 600 ribu rupiah.

Membeli headphone dengan harga dibawah 100 ribuan tidak akan berlangsung lama, mungkin satu tahun akan tampil kekurangannya. Tapi membeli headphone dengan harga yang sedikit tinggi akan menjamin akan kualitasnya.

Apabila kamu pernah mendengar adanya headphone tahun 90-an yang mana sampai sekarang ini masih bisa digunakan. Itu karena bahan yang dipakai pada perangkat tersebut berkualitas dan tidak mudah cepat rusak.

Mengetes/Mengecek Headphone

Pada sebagian toko elektronik, mereka memberikan upaya bagi pembeli untuk mencobanya terlebih dahulu. Dengan begitu pengguna dapat menyimpulkan sendiri bagus tidaknya keluaran suara, kenyamanan, dan lain-lain terhadap headphone tersebut.

Mengajak teman yang berpengalaman dalam memiliki headphone yang beragam juga sangat disarankan untuk membantu pengguna mendapatkan jenis headphone yang terbaik dan tentunya awet dalam jangka panjang.

Baca juga: Cara Mengatasi Headphone dan Speaker Tidak Terdeteksi di PC

Membaca Ulasan Headphone di Internet Apabila Ingin Membeli Online

Kita tak pernah tahu bagaimana hasil dari suara yang dikeluarkan oleh headphone apabila hanya melihatnya dalam sebuah gambar. Untuk itulah mengapa pengguna setidaknya harus membaca ulasan terkait merk headphone yang akan dipilih tersebut.

Membeli headphone secara online memang tidak meyakinkan, selalu terdapat perasaan takut apabila kualitas suara nantinya tidak sesuai yang seperti diperkirakan. Tapi ini tidak mengapa apabila pengguna sudah pernah tahu dan mencoba sebelumnya, seperti meminjam milik teman.

Selalu Berfikir Positif Terhadap Headphone yang Dimiliki

Percayalah bahwa Saya pernah mengenal seseorang yang marah akibat dia membeli headphone yang tidak sesuai keinginannya. Yang menurut Saya dia selalu berfikir negatif dari awal memilih. Tapi pada akhirnya ia mengerti bahwa ada headphone yang jauh lebih buruk dibanding miliknya.

Maka dari itulah pengguna juga harus bersikap positif setelah membeli dan merasakan sensasi dari keluaran suara yang dilontarkan. Tak peduli lagi seberapa murah atau mahal harganya, karena satu-satunya yang perlu diingat adalah apakah headphone tersebut dapat bertahan lama?

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment