≡ Menu

Tips Bermain Mobile Legends Tanpa Ngelag di Android Low-End

Ketika bermain game Mobile Legends, satu tujuan yang terpikirkan oleh kita adalah menggapai kemenangan. Dan untuk bisa menang dalam, ada beberapa faktor yang pastinya mempengaruhi. Yang pertama adalah skill permainan, kedua adalah koneksi internet, dan yang ketiga adalah performa ponsel.

Anggap saja kita telah memiliki koneksi yang cukup dan juga skill yang lumayan. Namun bagaimana jika ponsel yang kita pakai saat ini tidak begitu bisa berkompromi dengan baik, sehingga selalu ngelag saat bermain game dan ini pastinya sangat menganggu alur permainan.

Tenang dulu, mulai sekarang kamu harus melakukan sedikit perbedaan pada ponsel untuk bisa bermain game Mobile Legends dengan nyaman, lancar, dan tidak ada kendala baik itu ngelag atau bahkan sampai force close.

Tips Main Mobile Legends Tanpa Ngelag

Tips Main Mobile Legends Tanpa Ngelag pada Android Low-End

Timbulnya ngelag sebenarnya dikarenakan dari kapasitas RAM bebas yang rendah. Ini mungkin akan sering dialami oleh ponsel yang memiliki RAM 1GB. Tetapi kamu masih dapat mengoptimisasi ponselnya supaya bisa mendapatkan kapasitas RAM bebas yang mencukupi.

Ada beberapa tips untuk melakukan itu dan semuanya aman untuk diterapkan. Dengan menerapkan semua tips ini, memungkinkan kamu akan merasakan perbedaan yang signifikan, dimana tidak ada lagi ngelag yang terjadi selama permainan dimulai.

1. Gunakan Aplikasi Launcher yang Ringan

Launcher atau bisa dikatakan sebagai tema ponsel di Android memiliki pengaruh besar terhadap proses background. Terkadang launcher yang terlalu berlebihan akan menyimpan ukuran tinggi pada proses background sehingga ini akan berdampak pada kapasitas RAM bebas yang sedikit.

Dengan menggunakan Launcher yang ringan, secara otomatis proses latar belakang yang dijalankan oleh launcher, tidak akan terlalu tinggi. Dan pengguna dapat mencari launcher yang ringan pada artikel Kumpulan Launcher Terbaik.

2. Pakai Keyboard Versi Original

Sama halnya seperti launcher, sebenarnya keyboard juga berpengaruh pada proses latar belakang. Jadi apabila kamu saat ini menggunakan aplikasi keyboard lain seperti Touchpal, GO Keyboard, silakan diganti terlebih dahulu menjadi keyboard original ponselnya. Berikut caranya.

  1. Masuk ke Setelan
  2. Ketuk pada menu Bahasa & Masukan
  3. Pada opsi Default, silakan pilih Android Keyboard (AOSP)

Baca juga: Cara Menonaktifkan Efek Getar pada Keyboard Android

3. Memakai Aplikasi Game Booster

Game Booster berguna untuk membersihkan RAM sebelum permainan dimulai. Ini berarti proses aplikasi yang berjalan pada latar belakang akan dibersihkan. Faktanya, aplikasi Game Booster akan meningkatakan performa ponsel secara drastis dengan cara ini.

Terdapat banyak sekali aplikasi Game Booster, salah satunya adalah Game Booster buatan Burakgon yang bisa diunduh secara gratis pada Play Store. Setelah memasangnya, kamu cukup memilih game apa yang akan dimainkan dan jalankan melalui aplikasi Game Booster tersebut.

Mengatur Kualitas dan Melakukan Sedikit Tweak

Pada dasarnya sistem Mobile Legends sendiri dapat mendeteksi secara otomatis spesifikasi ponsel dan memberikan kualitas yang tepat untuk merasakan pengalaman bermain game yang sempurna. Namun kamu harus memastikannya lagi apakah memang benar, kualitasnya telah diatur sebaik mungkin supaya tidak sampai ngelag.

Sementara itu, jika ponsel yang kamu pakai sudah dalam kondisi ROOTED, maka kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjadikan performa ponselnya lebih baik lagi dari sebelumnya, yaitu dengan melakukan sedikit tweak terhadap sistem.

1. Atur Kualitas Grafis Paling Rendah pada Mobile Legends

Saat ini ada beberapa setelan yang dapat diatur pada game Mobile Legends, salah satunya adalah grafis. Dengan mengaturnya sebagai rendah, maka konsumsi memory yang dibutuhkan oleh game tidak akan meningkat. Berikut ini gambaran dari setelan rendah pada Mobile Legends, silakan diterapkan.

Atur Kualitas Paling Rendah pada Mobile Legends

Grafis yang tampil akan berkurang, tapi yang terpenting itu masih tidak terlalu buruk untuk dimainkan. Lagipula alur permainan akan semakin lancar dan juga tetap menyenangkan.

2. Memberi Sedikit Tweak pada Ponsel (Khusus ROOT)

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa melakukan tweak pada sistem ponsel akan beresiko. Tapi tidak perlu cemas dulu, karena disini tidak ada sesuatu manual yang dilakukan, sebab kamu akan terbantu dengan aplikasi yang mana tersedia pada Play Store.

Aplikasi tersebut adalah:

  • L Speed
  • Greenify

Kegunaan L Speed untuk melakukan tweak terhadap sistem untuk mempercepat kinerjanya. Setelah kamu memasang L Speed, bisa langsung menuju RAM Manager dan atur sebagai modus gaming. Untuk lainnya biarkan standar, karena L Speed sudah mengatur sebaik mungkin dan tidak terlalu memaksa, sehingga segalanya terkendali.

Baca juga: Wrestling Revolution – Game Simulasi Menjadi Pemain Wrestler

Sementara itu untuk Greenify berguna untuk meng-hibernasikan aplikasi yang dirasa tidak penting. Ini hampir sama seperti membekukan aplikasi, namun perbedaannya adalah hanya membuat aktivitas aplikasi tidak berjalan untuk sementara sampai kamu membukanya kembali.

Cara menggunakan Greenify sangatlah mudah, kamu cukup memililih aplikasi apa saja yang ingin di-hibernasikan. Sebagai saran, pakailah shortcut pada home screen, jadi ketika pengguna ingin bermain game Mobile Legends, cukup mengetuk tombol hibernasi terlebih dahulu.

Kesimpulan

Setelah kamu mencoba seluruh tips diatas, Saya dapat menjamin perangkat kamu tidak akan ngelag lagi saat bertarung di game Mobile Legends. Tidak peduli grafisnya tak terlalu bagus, yang penting masih dapat merasakan permainan secara lancar. Justru itulah hal yang paling menyenangkan.

Apabila kamu mempunyai tips lain untuk menghilangkan ngelag saat bermain Mobile Legends, silakan berbagi dikomentar ya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment