≡ Menu

2 Cara Kalibrasi Layar Sentuh Ponsel Android

2 Cara Kalibrasi Layar Sentuh Ponsel Android

Apakah pengguna memiliki gangguan terhadap layar sentuh yang ada di ponselnya? Seperti tiba-tiba adanya dead pixel atau maksudnya pengguna tak dapat menyentuh di daerah tertentu pada layar. Ini adalah masalah serius, tapi kebanyakan dari itu masih bisa diatasi dari sisi sistem.

Satu hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah melakukan kalibrasi layar sentuh. Karena siapa tahu masalah ini tidak separah yang diduga dan pengguna hanya memerlukan bantuan aplikasi lain dibanding memerlukan bantuan tukang servis.

Terdapat 2 aplikasi yang akan membantu pengguna melakukan kalibrasi layar sentuh di Android dengan sangat mudah. Bukan cara yang lama dan teknik ini bisa juga dipakai untuk mengatasi layar sentuh yang lama merespon.

Baca juga: Cara Mengetahui Ponsel Android Mendukung OTG

1. Menggunakan Aplikasi Touchscreen Test

Touchscreen Test merupakan aplikasi yang dapat dipakai untuk mengetahui adanya dead pixel pada layar ponselnya. Aplikasi tersebut bekerja dengan cara menampilkan semacam kolom atau dots kecil yang harus ditekan semua.

Gambaran dari Aplikasi Touchscreen Test di Android

Awalnya semua kolom tersebut hanya tampil dengan warna putih, dan apabila pengguna menekannya akan berubah menjadi hijau. Dan tujuan dari aplikasi ini ialah memastikan bahwa semua kolomya berwarna hijau sehingga tidak ditemukan adanya dead pixel.

Bukan cara yang sulit kan? Pengguna pun juga boleh menekan layar dengan cara mengusapnya langsung atau dengan maksud tidak harus ditekan satu-per-satu. Dan aplikasi tersebut juga memiliki ukuran yang sangat kecil. Ingin mencobanya? Silakan menuju halaman Touchscreen Test di Play Store.

2. Memakai Aplikasi Touchscreen Repair

Sulit untuk menjelaskan nama dari aplikasi ini. Sebab pada Play Store bernama Screen Repair and Calibrator dan sedangkan setelah dipasang berubah nama menjadi Touchscreen Repair. Tapi apapun itu namanya, yang terpenting dapat melakukan kalibrasi layar sentuh dengan baik.

Touchscreen Repair bergerak dalam bidang perbaikan dari setiap sentuhan pada layar Android. Kecepatan dalam sekali ketuk sangatlah berharga untuk membuat kenyamanan setiap pengguna. Dan aplikasi ini dapat membuatnya semakin cepat lagi.

Ada 3 tahapan yang perlu dilakukan. Disana terdapat beberapa kolom atau kotak yang perlu ditekan sekali saja (bukan diusap atau digeser). Kemudian aplikasi ini akan menghitung seberapa cepat proses mengetuknya.

Gambaran dari Aplikasi Touchscreen Repair di Android

Ketika 3 tahap telah berhasil dilakukan, maka Touchscreen Repair akan menampilkan dialog bahwa proses ketukan pada layar sudah dikurangi sekian mili detik. Langkah terakhir yang harus dilakukan setelah mendapatkan dialog tersebut adalah melakukan reboot pada ponselnya dan merasakan perbedaanya.

Untuk mengunduhnya, silakan ke halaman Touchscreen Repair pada Play Store.

Hal Positif dari Melakukan Kalibrasi Layar Sentuh Android

Dengan melakukan kalibrasi setidaknya sebulan atau dua bulan sekali, akan membuat layar sentuh ponselnya semakin stabil dan terhindar dari kerusakan terhadap malfungsi. Selain itu jika dengan menggunakan aplikasi diatas masih tak meng-efek apapun. Bisa jadi masalah tersebut datang dari sisi hardware.

Baca juga: Night Screen – Aplikasi Mode Malam untuk Layar Android

Beberapa ponsel Android juga diberi fungsi untuk melakukan test terhadap layar. Tapi tidak kebanyakan ponsel yang menyediakan fitur itu. Dan biasanya fitur tersebut dapat dilakukan dari proses semacam recovery.

Selain itu pengguna juga bisa mencoba beberapa fungsional yang ada di Developer Mode untuk mengetes layar. Tapi pastikan bahwa pengguna paham aturannya sebelum melakukannya. Karena pada dasarnya fitur tersebut hanya dikhususkan untuk para pengembang saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment