≡ Menu

Tutorial Unroot Android Paling Mudah

ROOT dalam istilah ponsel Android memiliki arti untuk bebas melakukan segalanya layaknya menjadi user Administrator pada komputer. Seluruh sistem dapat dialihkan semaunya tanpa ada batasan. Dan melakukan rooting ini termasuk beresiko apalagi tidak tahu kegunaannya secara menyeluruh.

Ada kekurangan dan kelebihan terhadap ponsel yang sudah diroot, semua itu sudah dibahas sebelumnya pada artikel berjudul Kelebihan dan Kekurangan Ponsel Android Yang Di ROOT. Tetapi pernahkah suatu saat pengguna mempertanyakan pada diri sendiri untuk melakukan unroot atau mengembalikan ponsel seperti semula?

Faktanya, meski ponsel sudah diroot, pengguna masih diberi hak untuk melakukan unroot penuh sehingga ponselnya menjadi seperti sedia kala. Dan tentunya ada alasan mengapa pengguna ingin sekali melakukan hal tersebut. Misalnya tak bisa meng-update perangkatnya atau bahkan ingin menjual ponselnya.

1. Unroot Android Secara Manual

Cara manual mungkin dianggap sebagai hal yang sulit, akan tetapi pengguna bisa meloncati cara ini dan melanjutkan cara kedua apabila itu yang diinginkan. Tapi setidaknya cobalah terlebih dahulu, jika tidak mudeng, boleh meninggalkan cara ini.

  1. Unduh aplikasi File Manager di Play Store, misalnya ES File Explorer atau X-Plore. Disini contohnya menggunakan aplikasi X-Plore.
  2. Buka direktori /system/bin kemudian hapus berkas bernama su.

    Cara Unroot Android Secara Manual

  3. Setelah itu masuk ke direktori /system/app/ dan hapus berkas bernama superuser.apk. Sementara contoh disini memakai Kingroot, jadi harus menghapus berkas bernama Kinguser.apk.

    Cara Unroot Android Secara Manual

  4. Selesai, silakan reboot ponselnya dan akses root pasti telah tiada.

Bukan sesuatu yang sulit bukan? Intinya hanya perlu mencari dan menghapus suatu berkas saja. Jika pada direktori bin tidak ada berkas su, silakan coba untuk mencari pada direktori bernama xbin.

2. Menghapus Akses Root di Android dengan Aplikasi SuperSU

Jika ponsel pengguna telah terpasang aplikasi bernama SuperSU sebagai kontrol akses ROOT. Maka sangat beruntung sekali karena dapat melakukan unroot dengan cara yang tergolong mudah. Yang diperlukan hanyalah membuka aplikasi SuperSU dan menuju bagian Settings.

Menghapus Akses ROOT pada Aplikasi SuperSu

Pada bagian Settings, silakan tekan pada menu Full unroot dan setelah itu tekan Continue dan proses unroot akan dimulai dan selesai. Sebenarnya tak hanya aplikasi SuperSU saja yang memiliki fitur untuk melakukan unroot. Tapi Kingroot pun juga memilikinya, hanya berbeda dari letak menunya.

Baca juga: 7 Larangan untuk HP Android yang Sudah di ROOT

3. Melakukan Unroot Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terdapat satu aplikasi pintar yang dapat membantu pengguna untuk melakukan full unroot dengan cara yang tergolong mudah. Aplikasi tersebut bernama Impactor System Un-root. Berfungsi dengan cara manual untuk menghapus akses root dan dapat mendeteksi dengan pintar cara atau taktik untuk menghapusnya di segala OS Android diatas versi 4.0.

Namun ada satu resiko dalam menggunakan aplikasi tersebut. Yaitu data dari segala aplikasi akan hilang usai berhasil melakukan unroot. Sehingga ponsel menjadi seperti semula layaknya masih baru dibuka. Sampai saat ini hanya aplikasi inilah yang memiliki rating tertinggi dari banyaknya aplikasi unroot yang lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment