≡ Menu

5 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android

5 Cara Mengatasi

Aplikasi Kontak sangatlah diperlukan untuk segala hal, salah satunya adalah berkomunikasi. Tanpa aplikasi tersebut, kamu tidak akan dapat menyimpan nomor milik teman, sehingga jika ingin menelponnya harus mengetik terlebih dahulu pada dialer.

Jika ponsel kamu tidak bisa membuka Kontak dan muncul notif “Sayangnya, Kontak Telah Berhenti” berarti ada sesuatu yang membuat aplikasi Kontak tak dapat terbuka sempurna. Baik itu akibat dari aplikasi lain atau dari sisi sistem.

Ada beberapa solusi yang bisa kamu coba dan kebanyakan dari itu dapat dilakukan dengan mudah. Jadi sekarang hilangkan kecemasan dan mulai baca tutorial mengatasi masalah ini dari cara yang pertama sampai terakhir.

1. Copot Pembaruan pada Aplikasi yang Baru-Baru Ini Diperbarui

Dimulai dari yang paling termudah, kamu cukup mengetahui aplikasi apa yang baru saja diperbarui akhir-akhir ini. Cukup ingat dan kemudian copot pembaruan pada aplikasi tersebut. Kebanyakan dari kasus, masalah ini hadir akibat baru saja memperbarui aplikasi Google atau Google+.

Untuk mencopot pembaruan sangatlah mudah, silakan menuju Pengaturan > Aplikasi, dan pada aplikasi yang dipilih, tekan tombol Copot Pemasangan Pembaruan. Maka secara otomatis aplikasi yang terpilih tersebut akan kembali ke versi sebelumnya.

Mencopot Pembaruan di Suatu Aplikasi

Baca juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Uninstall Aplikasi di Android

Sekarang buka aplikasi Kontak, apakah sudah bisa terbuka? Jika belum silakan coba cara kedua.

2. Hapus Data Aplikasi Kontak

Apabila masalah yang dialami tidak parah, maka dengan cara ini pasti sudah dapat mengatasinya. Yakni menghapus data terhadap Kontak dan cara ini beresiko karena nomor yang tersimpan pada penyimpanan telepon akan terhapus. Jadi sebaiknya export seluruh kontak terlebih dahulu memakai bantuan aplikasi lain.

Hapus Data di Aplikasi Kontak

Jika sekiranya sudah di-export, Silakan menuju Pengaturan dan Cari aplikasi Kontak, kemudian tekan tombol Hapus Data dan lanjutkan menekan tombol YA. Setelahnya, buka aplikasi Kontak dan lihatlah apakah sudah dapat terbuka?

3. Download Aplikasi Kontak Pihak Ketiga

Apabila aplikasi kontak yang terpasang di Android pada dasarnya terpasang pada sistem, ini saatnya kamu mencoba aplikasi Kontak alternatif yang dapat dipakai untuk melakukan export seluruh data nomor supaya tidak hilang.

Download True Contacts di Android

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti True Contacts yang dapat diunduh pada Play Store. Nah apabila aplikasi alternatif tersebut dapat mendeteksi dengan baik segala nomor yang tersimpan pada ponsel, itu adalah saat yang tepat untuk melakukan export. Tapi kamu juga bisa menggunakannya sebagai pengganti aplikasi kontak saat ini.

4. Mengembalikan ke Pengaturan Pabrik (RESET)

Ketahui sebelumnya bahwa mereset ponsel Android akan menghilangkan beberapa data yang tersimpan pada penyimpanan telepon termasuk nomor telepon. Jadi sebaiknya pikirkan untuk melakukan export nomor telepon terlebih dahulu seperti langkah ke-3 tadi.

Untuk melanjutkan ke proses reset, silakan masuk ke Pengaturan > Keamanan > Kembalikan ke Pengaturan Pabrik. Setelah mereset ponselnya, ponselnya akan kembali seperti baru lagi termasuk aplikasi Kontak.

Baca juga: Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya

5. Mengecek Pembaruan Firmware

Jika seluruh cara diatas masih tidak berfungsi, sangat yakin sekali bahwa masalahnya datang dari sisi firmware. Biasanya suatu merk ponsel besar sudah memperbaiki kejadian ini dan memberikan update firmware yang mana kamu bisa langsung memperbaruinya dari pengaturan.

Jika sekiranya masih tak terdeteksi adanya pembaruan firmware di pengaturan, berarti merk ponsel tersebut belum mengetahui terkait masalah ini dan kamu bisa menghubungi mereka.

Untuk mengubungi merk ponsel, bisa melalui halaman resmi, halaman di Facebook atau sosial media lainnya. Kamu harus menjelaskan masalahnya secara detil/lengkap. Karena jika mereka tak mengerti, bisa jadi kamu akan diberikan solusi seperti diatas dan bukannya diberi pembaruan firmware.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment