≡ Menu

Mengatasi Modus Proteksi Perilaku di Avast Tidak Berfungsi

Modus Proteksi Perilaku atau juga disebut sebagai Behaviour Shield yang berada pada program antivirus Avast merupakan alat yang dapat dipakai untuk mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan dari sebuah program.

Dalam modus tersebut, sistem Avast dapat mendeteksi adanya program yang mampu melakukan hal yang tak terduga dan berbahaya, misalnya keylogger, perubahan sistem, dan aktivitas aneh lainnya. Sangat penting sekali untuk membuat alat tersebut tetap diaktifkan guna untuk melengkapi sisi keamanan pada komputernya.

Namun dalam beberapa kasus, Proteksi Perilaku pada Avast tidak bisa berfungsi dengan shearusnya. Seperti tidak bisa dihidupkan dan tetap saja kembali nonaktif. Hal ini mengacu ke banyak faktor dan masih bisa diselesaikan dengan beberapa cara.

Baca juga: Cara Melihat File Karantina Di Avast

Menghidupkan Manual dari Proteksi Inti

Modus Proteksi Perilaku termasuk dalam bagian Proteksi Inti di Avast sehingga sebenarnya sangat perlu untuk diaktifkan. Jika pengguna tak dapat menghidupkan dari bagian komponen, sebaiknya mencoba dari cara ini.

Menghidupkan Proteksi Perilaku di Avast Melalui Proteksi Inti

Silakan buka antarmuka program Avast dan kemudian menuju Perlindungan dan pilih menu Proteksi Inti. Dan pada bagian tersebut pengguna cukup menghidupkan modus Proteksi Perilaku. Sebagian orang berhasil memakai cara ini, dan setidaknya patut untuk dicoba.

Memperbarui Versi Program Avast

Tahukah pengguna bahwa masalah ini pun pernah dialami oleh banyak orang dan bukan hanya pengguna saja. Dan mereka melaporkannya pada forum Avast dan mendapatkan respon yang mana menyuruhnya untuk memperbarui Avast ke versi terbaru.

Memperbarui Versi Program Avast

Kurang lebihnya dulu pernah terjadi hal seperti ini pada Avast versi 17.x dan telah dibetulkan pada versi 17.6. Jadi cobalah untuk memperbaruinya juga, siapa tahu versi Avast yang pengguna pakai saat ini tidak mutakhir dan bisa jadi itulah penyebabnya.

Memperbaiki Program Avast

Avast memiliki fitur untuk memperbaiki programnya sehingga segala berkas akan diperiksa dan diperbaiki seketika. Yang harus dilakukan adalah membuka bagian Uninstaller dan menekan pada program Avast, tapi bukan berarti meng-uninstall.

Memperbaiki Program Avast

Disana terdapat opsi untuk memperbaiki, silakan tekan opsi tersebut dan tunggu prosesnya sampai selesai. Setelah itu cobalah me-restart komputernya dan coba hidupkan kembali modus Proteksi Perilaku.

Memasang Ulang Program Avast

Jika ketiga cara diatas masih belum mengatasi permasalahannya, satu-satunya yang dapat dicoba adalah memasang kembali program Avast. Karena kemungkinan masalah pengguna saat ini sedikit parah tapi tenang saja karena setelah melakukan cara terakhir ini, terdapat 90% kesempatan untuk berhasil.

Silakan unduh Avast Clear, itu adalah program yang dipakai untuk menghapus Avast secara sepenuhnya dalam modus Safe Mode. Dan setelah menerapkannya, silakan pasang kembali program Avast dan cobalah lihat, apakah modus Proteksi Perilaku sudah aktif??

Baca juga: Menambah Pengecualian File dan Situs Web di Antivirus Avast

Kesimpulan

Seluruh cara diatas tergolong aman untuk dilakukan dan tak ada resiko sama sekali. Untuk cara terakhir mungkin terlihat sedikit menyeramkan, tapi tenang saja karena segalanya akan tetap aman.

Sebab jika meng-uninstall melalui Control Panel takutnya komponen tidak terhapus semua, sehingga masih ada yang kurang. Sementara jika memakai program Avast CLear, seluruh komponen Avast akan terhapus termasuk driver dan lain-lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment