≡ Menu

3 Cara Mengatasi Lagu MP3 Macet Saat Diputar

3 Cara Mengatasi Lagu MP3 Macet Saat Diputar

Lagu yang sering diunduh dan diputar oleh kebanyakan orang biasanya memiliki format MP3. Tapi tahukah pengguna bahwa didalam file MP3 tersebut tidak semuanya sama, karena mencakup informasi yang berbeda semacam bitrate, cover, dan lain-lain.

Misalnya seperti berkas MP3 yang memiliki ukuran yang tinggi sampai 10MB tapi durasi lagunya hanya sekitar 3 Menit. Dan bisa disimpulkan dari situ adalah perbedaan dari bitrate yang didapatkan. Dan bitrate yang ideal untuk perangkat ponsel adalah 128Kbps.

Kadang suatu perangkat selain ponsel tidak dapat memutar dengan baik lagu yang memiliki bitrate tinggi, bisa jadi nada akan macet atau kadang-kadang terputus sehingga lagu tersebut tidak bisa normal seperti seharusnya. Dan hal seperti ini memiliki beberapa sebab serta masih bisa diatasi.

Baca juga: Trik Mengatur Equalizer Musik pada Youtube

1. Unduh Lagu MP3 dengan Bitrate 128Kbps

Bitrate 128Kbps pada sebuah file MP3 adalah yang paling cocok untuk segala jenis perangkat, baik itu DVD, TV, atau bahkan ponsel. Pengguna tidak akan pernah mendapati macet atau sesuatu yang buruk terjadi kecuali jika kesalahan hadir pada filenya.

Membandingkan Bitrate di File MP3

Walau Bitrate 320Kbps dianggap memiliki keluaran suaranya lebih jernih, namun cobalah bandingkan sendiri. Pasti seolah dari kedua itu perbandingannya tidaklah banyak dan kemungkinan hanya dari sisi volume yang sedikit keras.

2. Terdapat Kerusakan pada File MP3

Contoh sederhananya adalah seperti ketika pengguna memutar lagu dengan durasi 4 menit, tapi lagu tersebut sudah habis pada menit ke-3. Sangat yakin bahwa masalah tersebut hadir pada kerusakan file MP3.

Hal yang menyebabkan masalah ini terjadi adalah proses mengunduh yang tidak lengkap. Bisa jadi saat mengunduhnya disaat koneksi tidak begitu stabil sehingga menciptakan pause-resume dan diakhiri dengan kerusakan dalam berkas.

Solusinya adalah mencoba mengunduh sekali lagi lagu tersebut dan pastikan koneksi benar-benar stabil.

3. Jangan Mengatur Equalizer Secara Berlebihan

Pada pemutar lagu di ponsel maupun di komputer tentunya memiliki fitur untuk mengatur equalizer yang kegunaannya untuk merubah nada supaya lebih nyaman untuk didengar. Dan sebagian orang memilih menggunakan fitur tersebut untuk mengeraskan nada.

Menggunakan equalizer yang berlebihan seperti membuat semua opsinya diatur keatas akan menyebabkan lagu tidak stabil ketika diputar. Biasanya efeknya akan terasa pada perangkat yang memiliki RAM kecil dan dipakai untuk melakukan multitasking.

Mengatur Equalizer yang Benar

Sebaiknya atur equalizer hanya untuk membuat telinga nyaman untuk mendengar lagu, sementara jika pengguna ingin mengeraskan nada, cukup pakai volume dan speaker.

Kesimpulan

Walau cara diatas hanya sedikit, tapi silakan coba terapkan sesuai masalah yang didapat saat ini, pasti akan berhasil. Dan satu hal lagi yang mungkin perlu pengguna ketahui ketika memutar lagu di komputer dan mendengarkan suara brebet, bisa mencoba membaca artikel berikut ini.

Baca juga: Tips Mengatasi Suara Speaker Brebet pada PC

Secara keseluruhan, jangan menilai kesalahan hanya dari berkas MP3 saja, tapi perangkatnya juga perlu dicek. Misalnya terdapat pengaturan yang membuat pemutaran lagu tidak normal. Contohnya memakai sejenis tweak tambahan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment