≡ Menu

Cara Mudah Mendeteksi File Ukuran Besar di Android

Cara Mudah Medeteksi File Ukuran Besar di Android

Penyimpanan di ponsel terasa penuh? Pasti ada sebabnya dan salah satunya adalah terdapat file dengan ukuran yang besar. Mungkin pengguna akan kesulitan untuk mencari file tersebut mengetahui banyaknya folder yang ada di penyimpanan internal maupun kartu memori.

Ada banyak jenis yang bisa disebut sebagai file ukuran besar, salah satunya seperti data dari sebuah game yang mana itu sangatlah lumrah. Jadi jika pengguna saat ini memasang banyak game HD, tentulah memerlukan kartu memori dengan penyimpanan yang lebih besar.

Sementara itu jika pengguna hanya memasang sedikit aplikasi dan game biasa saja, namun penyimpanan tiba-tiba penuh, hal tersebut bisa masuk dalam permasalahan. Dan satu solusinya adalah dengan cara mendeteksi file ukuran besar yang tersimpan saat ini.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Mendeteksi dan Menghapus File Ukuran Besar pada Android

Artikel ini akan menunjukan kepada pengguna bagaimana cara mendeteksi sekaligus menghapus berkas yang memiliki ukuran besar, dan untuk melakukan itu memerlukan bantuan aplikasi bernama Big File Locator.

Merupapakan aplikasi yang bertujuan untuk menampilkan berkas dengan ukuran besar dari direktori atau folder yang telah dipilih. Aplikasi tersebut tergolong cepat dalam hal memindai dan juga mudah untuk dilakukan.

Gambaran dari Aplikasi Big File Locator

Gambar diatas menunjukan pertama kali membuka aplikasi Big File Locator. Bagian A dipakai untuk menampilkan berapa jumlah file besar yang akan ditampilkan nantinya. Lalu bagian B adalah folder dimana aplikasi ini akan mencari file ukuran besar. Dan terakhir adalah bagian C berfungsi untuk menambah folder atau direktori tertentu.

Setelah mengaturnya dengan sesuai, maka pengguna bisa menekan tombol START untuk melanjutkan. Proses pemindaian tergolong cepat, bahkan meskipun penyimpanan dari suatu folder yang akan dipindai memiliki ribuan file didalamnya, aplikasi ini hanya membutuhkan kurang dari satu menit untuk menyelesaikan.

Gambaran dari Aplikasi Big File Locator

Gambar diatas menampilkan proses pemindaian telah selesai dan menampilkan hasil dari berkas ukuran paling besar dibagian awal. Dilihat dari gambar diatas, terdapat file dengan ukuran ber-GB yang mana semacam berkas corrupt atau rusak dan siap untuk dihapus.

Ini merupakan aplikasi paling mudah untuk mendeteksi file ukuran besar tanpa perlu menunggu waktu yang lama. Serta aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil lho. Minat untuk mencoba? Silakan unduh di Play Store.

Menghapus Berkas Ukuran Besar dengan Clean Master

Pasti sudah pada tahu kan apa itu Clean Master? Itu adalah aplikasi yang dipakai untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di Android dengan sekali ketukan. Tapi dilain sisi aplikasi Clean Master pun juga memiliki fitur lain, seperti pendeteksi berkas dengan ukuran besar.

Silakan buka Clean Master dan gulir kebawah sampai menemukan menu bernama Advanced Cleaner. Selanjutnya gulir lagi kebawah dan temukan bagian bernama Big Files dan cukup tekan tombol Handle untuk mengetahui berkas secara keseluruhan.

Fitur Big File di Aplikasi Clean Master

Baca juga: Atasi File .thumbnails yang Memiliki Ukuran Besar di Android

Setelah itu pengguna bisa menyeleksi berkas apa saja yang akan dihapus. Dan pastikan jangan menghapus file yang berkaitan dengan game atau aplikasi yang sedang dipasang saat ini. Contoh kecilnya seperti file OBB atau yang ada di folder “Android/data“.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment