≡ Menu

3 Cara Melihat Total Pengunjung Website

3 Cara Melihat Total Pengunjung Website

Sangat penting sekali bagi pemilik website untuk melihat seberapa banyak total pengunjung yang didapatkan. Dengan begitu konten yang dibuat setiap harinya tidak sia-sia. Apalagi jika pengguna adalah seorang blogger yang mengharapkan lebih dari sekedar menulis, pasti mengetahui banyaknya pengunjung adalah hal yang utama.

Maksud dari “lebih dari sekedar menulis” adalah membuat situsnya menghasilkan uang tambahan dengan memasang iklan di artikelnya. Tentunya untuk memaksimalkan penghasilan, pengguna harus memiliki pengunjung yang banyak. Tapi pertanyaannya adalah, bagaiamana cara melihat total pengunjung website tersebut?

Ada 3 cara yang akan diterapkan pada artikel ini mengenai cara melihat traffic website, yang pertama bisa digunakan pada seluruh jenis website. Dan yang kedua dan ketiga hanya dikhususkan untuk platform Blogger dan WordPress.

Baca juga: WP SlimStat – Plugin Statistik Terlengkap untuk WordPress

1. Menggunakan Google Analytics

Siapa yang tidak tahu tentang produk Google yang satu ini. Kegunaannya untuk menampilkan jumlah pengunjung dan memiliki banyak fungsional yang lengkap. Pengguna bisa mencoba produk tersebut secara gratis dengan syarat cukup memiliki akun Google saja.

Untuk tata cara pembuatannya mungkin tidak perlu dijelaskan lagi karena sangat mudah untuk dimengerti. Yang pasti, setelah menambahkan situs web ke Google Analytics, satu hal yang perlu dilakukan adalah memasang kode yang disediakan pada bagian header website.

Setelah menerapkan kode tersebut, mulai saat itu pengguna bisa melakukan monitoring penuh terhadap tindakan pengunjung website termasuk melihat perangkat apa saja yang sedang aktif, rujukan menuju halaman, dan lain banyak lagi.

Melihat Total Pengunjung Website dengan Google Analytics

Apabila sekiranya pengguna tertarik, silakan kunjungi dan daftar sekarang juga di Google Analytics.

2. Melihat Total Pengunjung pada Blogger

Apabila pengguna membuat situs ber-platform Blogger atau Blogspot, maka sangat mudah sekali untuk mengetahui total pengunjung yang ada. Namun fitur yang disediakan sangatlah terbatas atau dengan maksud tidak terbilang lengkap.

Seperti tidak bisa melihat siapa saja user yang sedang online saat ini, atau melihat secara rinci dari sisi Audit. Namun pengguna masih dapat menerapkan Google Analytics pada Blogger sehingga dapat mendapatkan informasi yang lebih banyak terkait pengunjungnya.

Melihat Total Pengunjung pada Blogger

Dari gambaran diatas, pengguna pasti sudah mengerti bahwa untuk mengetahui total pengunjung pada Blogger adalah dengan menekan menu Stats dan nantinya akan tampil beberapa sub-menu untuk mengecek beberapa hal seperti jenis peramban yang sering mengunjungi, total pengunjung hari ini, kemarin, dan minggu ini.

3. Mengetahui Statistik Pengunjung pada WordPress

Saat ini website berbabis WordPress dibagi menjadi dua. Yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Jika pengguna ingin fitur yang lebih banyak, maka disarankan untuk menggunakan WordPress.org atau biasa disebut WordPress Self-Hosted.

Melihat Total Pengunjung dari plugin Jetpack
Source: https://wordpress.org/plugins/jetpack/

Pada WordPress, untuk menampilkan statistik pengunjung website dapat terbantu dengan plugin gratis Jetpack. Plugin tersebut gratis untuk digunakan dan hal bagusnya adalah memiliki banyak fitur yang tidak hanya berfokus pada monitoring website saja.

Sementara itu, pengguna yang ingin mendapatkan fitur yang maksimal terhadap statistik website, sangat disarankan untuk menggunakan plugin bernama WP SlimStat. Berbeda dari Jetpack, justru plugin ini berfokus hanya untuk me-monitor jumlah pengunjung setiap waktu.

Melihat Total Pengunjung dari plugin WP SlimStat
Source: https://wordpress.org/plugins/wp-slimstat/

Walau pengguna masih bisa menggunakan bantuan Google Analytics, akan fitur pada WP SlimStat sudah cukup dan menyerupai Google Analytics itu sendiri. Namun tidak disarankan untuk menggunakan plugin ini pada situs yang menggunakan shared-hosting dikarenakan server akan mudah terbebani.

Baca juga: Histats vs Google Analytics Mana yang Lebih Baik?

Kesimpulan

Secara keseluruhan dari ketiga hal diatas, yang paling efektif adalah menggunakan Google Analytics. Tak hanya mudah dalam pemakaian, tapi juga tidak membebani server website dikarenakan data yang terkirim tidak masuk ke server website, melainkan server Google Analytics.

Namun selain hanya Google Analytics sebenarnya masih ada lho banyak situs monitor website seperti Histats. Hanya saja fitur gratisnya tak seperti yang diharapkan, alias terbatas. Untuk itulah mengapa Google Analytics ini selalu menjadi yang terbaik dalam hal monitoring website.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment