≡ Menu

Cara Mengatasi CMD (Command Prompt) Hilang di Windows 7

Cara Mengatasi CMD (Command Prompt) Hilang di Windows 7

Command Prompt atau lebih dikenal dengan singkatan CMD adalah komponen yang sangat diperlukan pada komputer. Bahwasanya program tersebut dipakai untuk kejadian penting dan dapat dipakai untuk memperbaiki komputer apabila terjadi sesuatu yang fatal.

Entah kejadian apa yang terjadi sebelumnya sehingga CMD bisa hilang, tapi jika sekiranya pengguna memiliki system restore point di waktu lampau, sebaiknya diutamakan menggunakan itu untuk mengembalikannya. Sedangkan jika tidak ada, silakan terus untuk menyimak artikel ini.

Baca juga: Cara Membuat System Restore Point Di Windows 7

1. Download Program CMD Secara Manual

Untungnya pengguna masih bisa menggunakan CMD lagi dengan cara yang paling mudah, tapi bukan berarti dengan memasang CMD secara manual akan menyelesaikan masalahnya, sebab file CMD yang ditambahkan akan dianggap sebagai corrupt. Tapi tenang saja karena ada solusinya.

Silakan unduh terlebih dahulu berkas CMD Disini. Kemudian extract dan pindahkan cmd.exe menuju direktori C:\Windows\System32\. Tapi khusus untuk Windows 64-bit silakan pindah ke direktori C:\Windows\SysWOW64\.

Nah sekarang pasti Command Prompt sudah dapat dibuka kembali.

2. Mengembalikan Berkas Command Prompt ke Versi Original

Seperti yang dikatakan diatas bahwa meski CMD dapat dibuka kembali, tapi filenya akan tetap dianggap corrupt atau palsu sehingga perlu diganti ke versi original. Untuk melakukan ini sangatlah mudah, dan memerlukan bantuan CMD yang baru ditambahkan tersebut.

Buka Elevated Command Prompt (Run as Administrator). Lalu ketik perintah dibawah ini dan lanjutkan menekan tombol ENTER pada keyboard.

sfc /scannow

Perintah diatas akan menyuruh sistem untuk melakukan pemeriksaan terhadap berkas sistem yang penting dan jika terdapat berkas yang tidak sama seperti versi original, maka akan lekas diganti. Pengguna cukup menunggu prosesnya sampai 100% dan kemudian restart komputernya dan proses pembaruan file yang corrupt akan segera berjalan.

Baca juga: Mengatasi Icon Shortcut Bermasalah pada Komputer Windows

Kesimpulan

Berkas yang pengguna unduh tadi hanya dipakai sebagai perantara dan tidak perlu khawatir karena file CMD itu sangat aman alias tidak mengandung program jahat apapun. Setelah melakukan langkah kedua, berkas CMD yang diunduh tadi akan tergantikan dengan berkas CMD yang asli.

Sementara itu, terkait hilangnya berkas CMD mungkin memiliki banyak faktor. Bisa jadi adanya suatu program yang mengalami malfungsi atau hal gangguan lainnya. Untuk itulah mengapa disarankan menggunakan system restore point apabila memiliki sebelumnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment