≡ Menu

Mengatasi Aplikasi WhatsApp Error Tidak Dapat Dibuka

Mengatasi Aplikasi WhatsApp Error Tidak Dapat Dibuka

Semua orang pasti sudah tahu apa itu WhatsApp. Adalah aplikasi chatting terkenal yang juga digemari oleh banyak orang di Indonesia. Jika dulunya setiap ponsel Android seolah wajib memiliki PIN BBM, namun sekarang berganti ke WhatsApp dengan berbagai alasan.

WhatsApp memberikan keamanan yang ketat terhadap percakapan yang dibuat sehingga tidak ada orang yang akan tahu atau dengan kata lain menyadap dengan cara yang mudah. Namun terdapat banyak masalah yang hadir di WhatsApp ini, seperti tidak adanya cara pemulihkan terhadap nomor yang telah kadaluarsa.

Tapi masalah besar yang kadang terjadi terhadap WhatsApp adalah tidak bisa membuka aplikasinya. Biasanya akan muncul layar putih atau hitam saja dan kadang-kadang juga langsung terhenti seolah aplikasi tak merespon.

Artkel ini akan membahas sedikit cara untuk mengatasi permasalahan tersebut tanpa harus me-reset ponselnya ke pengaturan pabrik. Karena biasanya orang yang terlalu gusar terhadap masalah sejenis ini akan langsung melakukan factory reset, padahal masih ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan.

Baca juga: Trik Melihat Status WhatsApp Teman Tanpa Terdeteksi

Menghapus Data Aplikasi WhatsApp

Cara palling sederhana yang dapat pengguna lakukan adalah menghapus data terhadap aplikasi WhatsApp. Biasanya masalahnya timbul dari berkas data yang corrupt sehingga itu menjalar ke sisi aplikasi. Namun setelah data dihapus, maka aplikasi akan dapat dibuka kembali secara normal.

Untuk melakukannya, silakan menuju pengaturan aplikasi dan pada aplikasi WhatsApp silakan tekan tombol Hapus Data atau Clear Data. Kemudian akan tampil dialog, dan lanjutkan dengan menekan tombol Ya.

Hapus Data di Aplikasi WhatsApp

Setelah menghapus data, maka ketika pengguna membuka aplikasi WhatsApp akan diharuskan untuk memasukkan nomor teleponnya. Tapi tidak perlu khawatir karena percakapan sebelumnya tidak akan hilang. Sebab disaat proses masuk, sistem WhatsApp akan mendeteksi cadangan percakapan lokal.

Mengggunakan Aplikasi WhatsApp Mod

Jika cara diatas masih tidak dapat mengatasi permasalahannya dan WhatsApp masih saja terus terhenti ketika dibuka. Maka satu-satunya cara yang dapat pengguna lakukan adalah mengunduh WhatsApp Mod. Mungkin ini tergolong aneh, tapi percayalah bahwa ini memang berfungsi.

Pada dasarnya masalah tersebut datang hanya ke package name WhatsApp saja, yang mana terdapat sistem didalam yang mungkin saja malfungsi dan sebenarnya ponsel minta untuk di-reset. Tapi dengan mengunduh WhatsApp Mod, package name yang didapatkan akan berbeda sehingga tidak akan error ketika dibuka.

Mohon maaf karena artikel ini tidak dapat menyediakan aplikasi WhatsApp Mod dengan alasan tertentu. Namun pengguna bisa mendapatkannya dengan menuliskan kata kunci “WhatsApp Mod APK” pada pencarian Google atau mesin telusur lainnya.

Kesimpulan

Untuk saat ini cara pertama yang paling disarankan untuk dilakukan. Sementara itu untuk cara kedua memang sedikit beresiko, sebab pada dasarnya WhatsApp Mod dilarang untuk digunakan karena dalaman aplikasi yang telah dirubah.

Dan apabila pengguna tidak meng=inginkan memakai WhatsApp Mod, maka jalan terakhir untuk mengatasi permasalahannya adalah mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Baca juga: Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya

Tidak usah ragu untuk melakukan hard reset selama pengguna telah mencadangkan data-data yang tergolong penting seperti kontak. Dan 100% pasti aplikasi WhatsApp akan bisa terbuka kembali tanpa adanya force close atau terhenti secara tiba-tiba.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment