≡ Menu

Cara Mengatasi Android Lag Saat Menuju Home Screen

Cara Mengatasi Android Lag Saat Menuju Home Screen

Apa yang membuat seseorang menjadi benci terhadap ponsel Android adalah adanya lag atau macet secara tiba-tiba. Tapi bukan berarti ponsel Android serendah itu, karena kemacetan yang terjadi memungkinkan karena spesifikasi perangkat yang terbilang kurang mumpuni.

Namun bagaimana jika macet tersebut masih saja timbul meski pada ponsel dengan spesifikasi gahar? Apakah ini termasuk sebuah bug? Yang pasti masalah tersebut hanya datang dari sisi perangkat lunak saja dan tidak berpengaruh ke hardware.

Contohnya adalah ketika pengguna ingin menuju ke Home Screen Android terasa ada perubahan yang membuat loadingnya sedikit lama dari biasanya. Seolah sistem tidak memiliki fitur cache untuk menyimpan apa yang dibuka sebelumnya.

Baca juga: Cara Mengakifkan Developer Mode Di Android 4.0 Keatas

Ponsel Android Lag Ketika Menuju Home Screen

Home Screen adalah komponen ponsel yang penting, dimana pengguna dapat menambahkan menu cepat, widget, dan lain-lain sebagainya. Dan jika terdapat hal-hal yang aneh seperti lag setiap kali mengakses home screen, tentunya itu membuat kenyamanan menurun.

Jadi maksud dari artikel ini adalah seperti ini. Disaat pengguna membuka suatu aplikasi, dan kemudian menekan tombol Home, perlu beberapa detik waktunya untuk memuat Home Screen. Tapi ini tidak berlaku apabila pengguna hanya menggeser menu yang ada di Home Screen. Semoga pengguna mengerti dari sini.

Cara Mengatasinya

Masalah ini datang dikarenakan pengguna baru-baru ini melakukan tweak pada bagian aktivitas proses Android. Baik itu secara sadar atau menggunakan bantuan aplikasi lain seperti L Speed. Tapi cara yang akan dibagikan disini terbilang ampuh untuk diterapkan. Berikut ini caranya.

  1. Silakan buka Pengaturan dan gulir kebawah lalu menuju Developer Option.

    Mengatasi Android Lag Saat Menuju Home Screen

  2. Gulir lagi kebawah dan jangan centang pada opsi bernama Don't keep activities.

    Mengatasi Android Lag Saat Menuju Home Screen

  3. Selanjutnya reboot ponsel dan coba rasakan, apakah menuju Home Screen sudah tidak lag atau masih sama?

Dan apabila masih tetap sama, silakan untuk menonaktifkan aplikasi yang dipakai untuk tweak performa ponsel baru-baru ini. Jika pun memakai L Speed, disana juga terdapat opsi “Don’t Keep Activities” yang bisa dinonaktifkan.

Kesimpulan

Android memberikan fitur tersebut hanya dipakai untuk melakukan testing bagi para pengembang, tapi beberapa orang menganggap dengan mengaktifkan fiturnya bisa membuat kapasitas RAM bebas bisa lebih besar. Yang terjadi ponsel malah menjadi lambat.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Booting Lama di Android

Apabila pengguna mengaktifkan opsi “Don’t Keep Activities” maka setiap aktivitas dari aplikasi yang baru saja dibuka akan langsung ditutup apabila pengguna berganti ke aplikasi yang lain. Maka dari itulah mengapa membuka Home Screen bisa lebih lama layaknya baru membuka aplikasi pertama kali.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment