≡ Menu

3 Trik Menghidupkan Ponsel Android Tanpa Tombol Power

3 Trik Menghidupkan Ponsel Android Tanpa Tombol Power

Tombol Power yang ada di ponsel Android memiliki satu makna, yakni menghidupkan dan mematikan perangkat. Tanpa adanya tombol tersebut, ponsel tidak akan bisa menyala dengan cara yang mudah, maka dari itulah penting sekali untuk membuat tombol itu tetap berfungsi.

Pernahkah pengguna mendengar tentang menghidupkan ponsel Android tanpa perlu tombol power? Mungkin hal tersebut terdengar sedikit aneh, akan tetapi itu memang nyata dan bisa diterapkan tergantung dari fungsional yang ada di ponselnya.

Jadi untuk saat ini ada tiga trik yang bisa diterapkan untuk mengaktifkan ponsel dari mode terkunci supaya bisa menyala tanpa perlu bantuan tombol power. Namun perlu diketahui sebelumnya bahwa cara ini tak bisa dilakukan apabila ponselnya benar-benar nonaktif atau dengan maksud ponselnya tidak dalam modus terkunci.

Baca juga: 7 Larangan untuk HP Android yang Sudah di ROOT

1. Memakai Fitur Double Tap to Wake

Tidak perlu cara yang sulit untuk menghidupkan ponsel, sebab pengguna hanya perlu mengetukkan jari dua kali ke ponsel dan kemudian layar akan menyala. Ini adalah cara yang paling mudah, namun sayangnya tidak semua ponsel mendukung fitur ini.

Jika ponsel pengguna mendukung, maka fitur ini pasti bisa ditemukan pada bagian Pengaturan. Tapi bagi yang tidak memiliki fitur ini, masih ada lho 2 cara lagi untuk menghidupkan ponsel Android tanpa perlu tombol power.

2. Menggunakan Fitur Gesture atau Quick Start

Sama seperti dengan menggunakan fitur double tap to wake, tapi ini terbilang berbeda dan bisa diatur sesuai variasi huruf yang disukai. Dan sekali lagi bahwa fitur ini tidak tersedia untuk kebanyakan ponsel Android.

Apabila fitur ini tersedia, maka akan ada menu Gesture pada pengaturan dan pengguna cukup memilih huruf apa yang akan dipakai. Kemudian fungsionalnya pilih sebagai membuka layar.

Menghidupkan Ponsel Android dengan Fitur Quick Start

Cara kerjanya, ketika layar ponsel mati dan dalam keadaan terkunci, pengguna hanya perlu membentuk huruf yang diatur tadi di layar dan kemudian layar ponsel akan hidup satu detik kemudian. Fitur ini juga bisa disebut sebagai jalan pintas untuk menuju aplikasi dengan cepat ketika ponsel dalam keadaan terkunci.

3. Bantuan dari Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kedua hal diatas tidak ada di ponsel pengguna, mungkin cara ini bisa diterapakan dan bahkan fitur yang didapatkan akan lebih banyak dan bervariasi. Pengguna bisa menghidupkan ponsel dalam beberapa cara, seperti melambaikan tangan didekat layar dan menggoyangnya.

Menghidupkan Ponsel Android dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cobalah dulu untuk menghidupkan layar dalam cara menggoyangnya dengan bantuan aplikasi bernama Shake Screen Lock Unlock. Didalam aplikasinya pengguna bisa mengatur seberapa aggresive goyangan yang diperlukan untuk menghidupkan layar ponsel.

Penasaran dengan cara menghidupkan layar dengan melambaikan tangan di dekat layar? Ini membutuhkan fitur proximity yang terus aktif, jadi Saya tidak menyarankan untuk menggunakan ini setiap waktu. Karena hal ini akan berdampak sedikit ke baterai. Apabila pengguna ingin mencobabanya, silakan pasang aplikasi bernama Wave to Unlock and Lock.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Double Tap To Wake Di Android

BONUS: Menggunakan Tombol Volume (Khusus ROOTED)

Sebagai tambahan apabila pengguna memiliki masalah terhadap tombol volumenya dan masih tidak ber-keinginan untuk pergi ke tukang servis untuk memperbaikinya, mungkin bisa menggunakan cara ini. Tetapi pastikan ponsel yang pengguna pakai telah di-root.

Cara ini pun sudah pernah dijelaskan pada artikel yang memakai judul Cara Menjadikan Tombol Volume Sebagai Tombol Power di Android dan sepertinya akan bekerja pada segala ponsel selama perangkat sudah dalam kondisi ROOTED. Memakai cara ini tidak akan menganggu sistem dalam mengubah volume, sebab aplikasi hanya bekerja disaat ponsel terkunci. Jadi ketika ponsel hidup, pengguna bisa memakai tombol volume seperi biasanya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment