≡ Menu

Mengetahui Artikel Sudah Terindeks di Google atau Belum

Mengetahui Artikel Sudah Terindeks Google atau Belum

Bagi para pemilik website, sangat penting sekali untuk mengecek apakah artikelnya telah tampil atau terindeks di Google. Karena satu laman pada dasarnya sangatlah berharga dan jika artikelnya berkualitas, maka semakin banyak pengunjung yang menelusuri websitenya.

Bayangkan saja jika 1 artikel dikunjungi oleh 100 pengunjung, dan apabila terdapat banyak artikel, pasti sudah terhitung ribuan pengunjung. Namun itu hanya sekedar contoh saja, karena terkadang pengunjung di setiap artikel berbeda-beda tergantung dari berapa banyak orang yang mencari topiknya.

Masalahnya adalah ketika artikel tiba-tiba tidak terindeks. Pasti normal menjadi sedikit gusar/panik sebelum mengetahui alasannya. Tapi pengguna tak harus berfikir negatif terlebih dahulu, karena ada beberapa cara untuk melihat artikel atau halaman yang telah terindeks saat ini.

Baca juga: Cara Mengecek Jumlah Halaman Yang Terindex Google

Langsung Menuliskan URL Halaman

Ini memang cara yang paling mudah. Tapi ketahuilah bahwa cara ini tidak tergolong efektif, karena mesin telusur hanya akan menampilkan satu halaman yang terkait saja. Tapi cara ini masih ada manfaatnya untuk dicoba.

Menuliskan URL di Pencarian Google

Pengguna cukup menyalin URL dari halaman artikel dan kemudian tempel pada Google. Jika tampil hasilnya, maka artikel sepenuhnya sudah terindeks. Sedangkan jika tidak ada hasil untuk pencarian berdasarkan URL tersebut, berarti masih belum terindeks.

Menggunakan Atribut “INTITLE” di Pencarian

Jika pengguna pernah tahu maksud dari Google Dork mungkin tidak akan kebingungan terhadap cara yang satu ini. Karena yang diperlukan hanyalah menyalin judul dari artikel kemudian mencari di Google dengan atribut intitle. Berikut ini contoh penerapannya.

intitle:"JUDUL ARTIKEL"

Hasil pencarian akan menampilkan segala situs web dengan judul yang sama, tapi pengguna bisa menambah atribut “site” untuk membuatnya hasil yang tampil hanya dari domain yang dituliskan. Berikut ini perintahnya.

intitle:"JUDUL ARTIKEL" site:situsnya.tld

Menggunakan Atribut INTITLE di Pencarian Google

Jangan lupa untuk mengganti teks JUDUL ARTIKEL dengan judul artikel yang sebenarnya. Dan juga situsnya.tld dengan domain situs milik pengguna.

Memanfaatkan Fitur “ALAT” pada Pencarian

Bagi yang sering mencari di Google pasti sudah tidak heran lagi dengan adanya fitur bernama alat atau tools ini. Biasanya opsi tersebut ada dibagian paling kanan dibawah kolom untuk mencari. Dan dapat dipakai untuk menampilkan halaman yang terindeks baru-baru ini.

Dan disini juga masih harus menggunakan atribut “site” untuk menampilkan hasil pencarian khusus domain yang dipilih. Lalu menggunakan fitur ALAT untuk menyeleksi halaman yang terindeks pada kurun waktu satu minggu. Berikut ini contoh gambarannya.

Memanfaatkan Fitur ALAT di Pencarian Google

Pada gambar diatas, opsi Any Time yang dipilih adalah Past Week yang mana hasilnya akan menampilkan artikel yang terindeks dalam kurun waktu seminggu. Pengguna pun juga bisa mengubahnya menjadi Past 24 Hour apabila ingin melihat artikel yang terindeks sekitar 24 jam.

Baca juga: Cara Membuat Halaman 404 pada Website

Kesimpulan

Pakai cara yang manapun sebenarnya hasilnya sama saja. Dan pengguna tidak harus melihat terindeksnya halaman dari sisi sitemap yang ada di Search Console karena itu bukan patokan halaman telah terindeks atau belum.

Jika pun halamannya masih belum tampil di Google, pengguna bisa melakukan fetch di Search Console untuk mempercepat proses indeks pada halaman tertentu. Normalnya artikel baru akan terindeks dalam kurun waktu 1 hari, tapi untuk situs yang tergolong masih baru, bisa mencakup berhari-hari lamanya sampai maksimal 1 minggu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment