≡ Menu

Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk pada Komputer

Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk pada Komputer Windows

Pasti sudah tahu betul kan apa saja kegunaan dari Hard Disk yang ada di komputer? Yaitu menyimpan data penting dan melakukan banyak hal lain terhadap perangkat seperti memberi swap virtual RAM atau menyimpan cadangan Windows.

Hard Disk tidak bisa selamanya hidup karena juga memiliki batas tersendiri yang mana suatu saat perlu diganti layaknya baterai. Bukan karena kerusakan, tapi kemampuan yang berkurang sehingga terdapat sesuatu yang dirasa kurang memuaskan, layaknya memindahkan data yang terlalu lama.

Jadi sebaiknya pengguna harus memperhatikan kesehatan Hard Disk tersebut untuk mencegah terjadinya kejanggalan terhadap berkas yang disimpan saat ini. Yakni dengan cara mengecek kesehatan HDD setidaknya beberapa bulan sekali.

Baca juga: Menghapus pagefile.sys Secara Aman pada PC

Memakai Fitur Windows CHKDSK

Fitur ini sudah disediakan oleh Windows yang kegunaannya untuk mengecek sesuatu pada drive dan bisa juga memperbaikinya. Sangat penting menerapkan cara ini kepada HDD setidaknya beberapa bulan sekali untuk menghilangkan adanya bad sector. Begini cara melakukannya.

  1. Pilih Drive mana yang akan ditinjau. Dan klik kanan lalu tekan Properties.
  2. Kemudian menuju tab Tools. Dan pada bagian Error-Checking, pilih tombol Check Now.

    Mengecek Kesehatan Hard Disk pada Windows

  3. Ini akan membutuhkan perijinan administrator, jadi silakan klik Yes. Sehingga akan muncul 2 opsi. Pengguna boleh mencentang salah satu atau bahkan tak mencentang keduanya, tapi sebagai saran, silakan centang salah satu saja supaya prosesnya tidak terlalu lama.

    Mengecek Kesehatan Hard Disk pada Windows

  4. Setelah itu pengguna bisa menekan tombol Start dan mulai menunggu sampai prosesnya selesai.

Fitur ini sebenarnya hanya digunakan untuk mengecek adanya error saja. Tapi dengan melakukan ini, kesehatan HDD akan meningkat. Dan lama dari menunggu prosesnya tergantung dari berapa besar ukuran Drive yang dipindai.

Menggunakan WMIC

Cara yang kedua adalah menggunakan bantuan WMIC. Pada dasarnya itu dipakai untuk menganalisa banyak hal dan tidak hanya sekedar kesehatan Hard Drive saja. Dan penggunaannya dilakukan melalui Command Prompt. Silakan simak caranya dibawah ini.

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows+R pada keyboard. Lalu pada kotak kecil, ketik CMD dan ENTER.

    Mengecek Kesehatan Hard Disk pada Windows

  2. Kemudian ketik perintah dibawah ini lalu ENTER.

    wmic
  3. Setelahnya, ketik lagi perintah ini dan tekan ENTER.

    diskdrive get status
  4. Jika muncul tulisan OK, berarti saat ini HDD dalam kondisi yang sehat.

    Mengecek Kesehatan Hard Disk pada Windows

Ini adalah cara yang praktis dan mudah untuk dilakukan. Jika sekiranya setelah pengguna melakukan cara kedua ini tidak muncul notif “OK” melainkan “Pred-Fail“, bisa jadi HDD sudah saatnya untuk minta diganti.

Memanfaatkan Program Pihak Ketiga

Masih kurang yakin dengan kedua cara diatas? Maka pengguna bisa menggunakan pihak ketiga yang mana memiliki fitur yang jauh lebih banyak. Salah satu program yang Saya percaya dan mudah untuk digunakan adalah bernama CrystalDiskInfo.

Program tersebut akan menunjukan dan menganalisa segala kejadian pada HDD secara real time. Dan untuk mengecek kesehatan HDD sangatlah mudah, cukup melihat pada bagian Health Status. Jika tampil “Good” berarti Hard Disk dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Tutorial Melakukan Defrag Disk pada Windows 7

Kesimpulan

Walau sebenarnya pengguna sudah dapat mengecek kesehatan HDD melalui fitur Disk Management yang ada di Windows, tapi cara diatas menurut Saya lebih advanced karena akan tahu kesalahan apa yang membuat HDD tersebut tidak bagus lagi.

Apabila Hard Disk pada komputer pengguna sudah tidak lagi sehat, mulailah untuk mencadangkan data penting dan simpan pada komputer lain atau memakai penyimpanan awan sejenis Dropbox selagi membeli HDD yang baru.

Hal ini digunakan untuk mencegah terjadinya corrupt pada berkas penting tersebut mengetahui bahwa kondisi Hard Disknya sudah tidak bagus.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment