≡ Menu

Cara Memblokir Cryptocurrency Mining pada Browser

Cara Memblokir Cryptocurrency Mining pada Browser

Semenjak adanya Bitcoin, banyak jenis mata uang digital yang hadir dan menyusulnya. Dan semua itu disebut sebagai cryptocurrency, dimana uang tersebut hanya tersedia di internet saja dan tidak untuk dunia nyata.

Ada beragam cara untuk mendapatkan uang digital tersebut, yang paling termudah adalah menukarkannya dengan uang asli. Dan ada pula cara yang masih terbilang mudah, yakni melakukan mining dengan mangandalkan CPU pada komputer.

Butuh komputer dengan spesifikasi yang mumpuni untuk dapat menghasilkan dengan cara mining tersebut. Sementara untuk spesifkasi komputer yang terbilang rendah, sangat tidak disarankan dengan alasan beresiko.

Berbicara mengenai hal ini, ternyata ada lho website nakal yang membuat pengunjungnya melakukan mining pada proses latar belakang. Hal ini akan menyebabkan CPU akan terus meningkat sehingga bisa jadi perangkat akan panas.

Baca juga: Cara Dekripsi Kode Md5 dengan Mudah

Mengetahui Website yang Terindikasi Terdapat Cryptocurrency Mining Tersembunyi

Pengguna cukup menuju task manager dengan cara menekan tombol CTRL+SHIFT+ESC dan kemudian melihat persentase CPU saat ini. Jika CPU terindikasi 100% atau lebih dari 70%, bisa jadi website tersebut memang memiliki proses mining yang tersembunyi.

Memblokir Cryptocurrency Mining di Segala Situs dari Browser

Cara termudah untuk menghilangkan adanya proses mining yang tersembunyi pada situs web adalah memasang sebuah pengaya yang bernama No Coin. Pengaya tersebut tersedia untuk browser Chrome dan Firefox dan gratis untuk digunakan.

Pengaya No Coin pada Firefox

Cara penggunanya sangat mudah, pengguna hanya cukup memasangnya pada peramban dan cobalah mengakses situs web yang terdapat proses mining tadi, pasti CPU tidak akan meningkat dan segalanya menjadi normal. Hal tersebut dikarenakan pengaya tersebut telah memblokirnya.

Apabila pengguna ingin memasangnya, silakan pilih salah satu dibawah ini dari peramban yang dipakai saat ini.

[No Coin untuk Google Chrome][No Coin untuk Mozzila Firefox]

Selalu Mengaktifkan Program Anti Virus

Saat ini banyak dari program Anti Virus yang menganggap bahwa proses mining ini berbahaya terhadap kestabilan komputer. Sehingga secara otomatis akan diblokir. Jika sekiranya komputer pengguna tidak memblokirnya, mungkin dikarenakan versinya tidak mutakhir.

Peringatan Cryptocurrency Mining pada Program Anti Virus Avast

Cobalah untuk memperbarui versi program Anti Virus yang dipakai saat ini untuk mendapat hasil maksimal dalam memblokir proses mining tersembunyi pada situs web.

Baca juga: Hal Positif Memakai VPN untuk Browsing di Internet

Mengaktifkan Fitur No Coin pada Browser Opera PC

Opera telah bekerja sama dengan No Coin untuk memberantas situs web coin mining kurang lebihnya semenjak tahun 2017. Pengguna tidak memerlukan untuk memasang pengaya tambahan sebab Opera telah memberikan fitur ini langsung pada pengaturan.

Mengaktifkan No Coin pada Browser Opera

Pengguna hanya cukup menuju pengaturan dan memberi centang pada opsi No Coin dan selesai. Efeknya sama seperti memasang pengaya No Coin, hanya saja ini tergolong lebih sederhana.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment