≡ Menu

Cara Melaporkan Situs Web Phising ke Google

Situs web yang memiliki konten tidak jelas atau ber-unsur penipuan memang sepantasnya untuk dimusnahkan. Contoh kecilnya adalah seperti situs fake login atau yang biasa disebut sebagai “phising“. Situs seperti itu akan merekam setiap tindakan dari kolom login yang di-isi oleh pengguna.

Sehingga setelah pengguna menuliskan informasi login ke suatu akun, mereka akan bisa mendapatkannya dan akan segera diganti sandinya, kemudian pengguna tidak bisa masuk ke akun saat ingin mencoba masuk di lain hari.

Untuk itulah mengapa pengguna harus mulai teliti saat ini supaya tidak tertipu hanya melihat dari tampilan websitenya saja. Walau itu tampak seperti situs aslinya, tapi satu hal yang berbeda dari segalanya adalah domain yang tertera pada address bar peramban.

Baca juga: Tips Menghindari dan Tak Tertipu Halaman Phising

Bagaimana Cara Melaporkan Situs Web Phising?

Sudah sepantasnya orang akan gusar ketika kehilangan akun yang telah lama dimiliki. Dan geram terhadap kelakukan website phising tersebut. Dari situ, satu hal yang dapat pengguna lakukan adalah melaporkannya ke Google. Berikut ini tata caranya.

  1. Salin URL yang ada di address bar ketika mengunjungi situs phising. Seperti ini contohnya.

    Melaporkan Situs Phishing ke Google

  2. Lalu kunjungi Laporkan Laman Phishing Dan isikan seperti ini.

    Melaporkan Situs Phishing ke Google

    • A – Isikan dengan URL situs phising.
    • B – Klik pada “Saya Bukan Robot” untuk menyatakan bahwa pengguna bukanlah robot yang melaporkannya.
    • C – Isikan deskripsi sederhana mengenai situs yang akan dilaporkan.

    Setelah mengisi formulis, klik tombol Kirim Laporan dan selesai.

Google biasanya akan memproses setiap laporan kurang lebihnya dalam kurun waktu seminggu. Dan jika mereka menyetujui laporannya, semenjak hari itu halaman URL yang dilaporkan akan selalu mendapatkan peringatan ketika diakses melalui peramban seperti Chrome dan keluarga Chromium.

Baca juga: Tips Supaya Akun Facebook Tetap Aman dari Para Peretas

Melaporkan ke Penyedia Server Website

Cara diatas berlaku untuk segala macam situs web. Akan tetapi jika pengguna ingin cara yang lebih cepat, mungkin bisa mencoba cara ini. Hanya saja ini tidak bisa diterapkan apabila situs tersebut menggunakan proxy seperti Cloudflare, karena akan sukar untuk mendapatkan informasi servernya.

Jadi pengguna harus bisa mendapatkan informasi servernya dengan cara melakukan Whois Domain dan kemudian melihat pada sisi nameserver. Atau cara lain yang lebih mudah adalah memakai bantuan dari situs bernama Who Is Hosting This?.

Setelah mengetahui penyedia servernya, maka pengguna bisa menuju ke bagian support page dan mengadukan ke mereka supaya situsnya segera dihapus. Tentu mereka akan senang sekali melayani aduan dari pengguna, karena situs phising pada dasarnya memang melanggar ketentuan di internet.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment