≡ Menu

Mengatasi Android Meminta Masuk Akun Google yang Tersinkron

Solusi Mengatasi HP Android Meminta Masuk Akun Google

Sudah menjadi kewajiban untuk membuat akun Google pada sebuah ponsel Android. Karena dengan satu akun saja sudah bisa dipakai untuk banyak hal. Seperti mengunduh game di Play Store, menonton video di Youtube, mendapatkan akses email gratis, dan banyak lain lagi.

Tapi pastikan juga bahwa pengguna mengingat terus nama akun Google yang dibuat beserta kata sandinya. Sebab sekarang ini ponsel Android memiliki keamanan yang canggih dan memanfaatkan akun Google tersebut.

Salah satu kegunaannya adalah meminimalisir terhadap pencurian dari orang awam yang bisanya cuma me-reset ponsel dengan tehnik 3 jari yang menuju recovery. Tapi banyak dari jenis ponsel Android sekarang ini sudah diberlakukan keamanan untuk tetap menyuruh orang yang memegang, masuk ke akun Google yang pernah ditambahkan sebelumnya meski ponsel sudah direset.

Baca juga: Cara Menghapus Segala Riwayat Aktivitas pada Akun Google

Mengingat Kembali Username Akun Google

Salah satu solusi terbaik dan tercepat yang bisa Saya sarankan adalah mengingat betul username dari akun Google yang pernah ditamabahkan. Untuk kata sandi, itu tidak perlu dipikirkan terlalu jauh selagi pengguna mendaftar akun Google dari ponsel dan nomor HP yang sama.

Intinya yang diperlukan adalah username saja. Karena dengan mengingat username, maka pengguna pasti sudah bisa masuk. Kecuali jika pada saat mendaftar akun Google dulu tidak pernah menambah nomor HP, disaat itulah harus bingung memikirkan password.

Namun Google sudah memberikan fitur Lupa Sandi dan pengguna dapat memanfaatkan fitur tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan singkat seperti tanggal lahir dan juga hari pembuatan akun. Dan apabila pengguna tidak ingat kapan pembuatan akunnya, silakan lanjutkan cara dibawah ini.

Mereset Ponsel Melalui Pengaturan

Memang terlihat tidak memungkinkan untuk bisa masuk ke pengaturan, sebab ketika ponsel telah berada pada masalah ini, tidak ada opsi apapun kecuali menuliskan alamat email. Namun ada satu trik yang dapat pengguna lakukan.

Trik tersebut adalah mencoba menuju pengaturan dan melakukan factory reset. Pengguna bisa mencari tata caranya sesuai ponselnya di Youtube dengan kata kunci “Bypass FRP“. Atau pengguna juga bisa melihat dan mencoba sesuai prosedur pada video dibawah ini.

Melakukan Flashing Terhadap Ponsel

Diatas tadi Saya mengatakan bahwa fitur keamanan ini hanya untuk meminimalisir saja dan bukan berarti menghindari atau mencegah. Jadi pengguna masih memiliki kesempatan untuk membuat ponselnya menjadi seperti semula.

Berhubungan tutorial flashing pada setiap merk ponsel kadang berbeda-beda, Jadi Saya hanya bisa menyarankan pengguna untuk mencari tata caranya di Youtube. Atau jika pengguna tidak paham, sebaiknya dibawa ke tukang servis saja.

Baca juga: Trik 1 Akun GMail Memiliki Ribuan Alamat Email

Bagaimana Menghindari Masalah Ini?

Banyak sesuatu yang dikorbankan sehabis melakukan flashing, salah satunya adalah seluruh kontak akan hilang. Dan disini Saya akan memberikan tips supaya pengguna tidak pernah lupa terhadap akun Google.

  • Mencatat username, password, dan tanggal pembuatan akun Google pada buku penting atau di komputer.
  • Jika akun yang tertaut pada ponsel saat ini sudah lupa terhadap sandinya. Silakan buat kembali akun yang baru dan hapus akun yang lama.

Kesimpulannya adalah selalu ingatlah akun Google seperti pengguna mengingat nomor HP yang ada di ponselnya. Dengan begitu setiap kali pengguna ganti ponsel Android, akan masih bisa memakai akun tersebut tanpa perlu membuat yang baru.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment