≡ Menu

Cara Mengatasi Penggunaan CPU Terlalu Tinggi pada Shared Hosting

Cara Mengatasi Penggunaan CPU Terlalu Tinggi pada Shared Hosting

Memang menyenangkan apabila mendapatkan harga server website yang murah, contohnya pada situs-situs layanan shared hosting. Tapi ketahuilah bahwa ketika pengguna membeli produk tersebut, pasti akan ada larangan yang harus ditaati supaya website tetap aktif.

Sebab shared hosting memanfaatkan satu server yang didalamnya terdapat puluhan atau bahkan ratusan website aktif. Maka dari itulah kenapa ada batasan yang membuat situs tidak boleh memakan banyak resource supaya server hosting tetap stabil dan tak menganggu aktivitas website lainnya.

Salah satu hal yang memungkinkan akan menganggu situs lain di server yang sama adalah CPU Load pada website pengguna terbilang terus tinggi dan tak mau menurun. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, dan harus segera diatasi supaya tak mendapatkan peringatan oleh layanan hosting.

Baca juga: Penyebab Website Ditangguhkan oleh Layanan Hosting

Mengatasi CPU Terlalu Tinggi pada Shared Hosting

Secara normal, ambang batas stabil CPU tidak sampai 50%, karena jika diatas itu bisa dikatakan memaksa sebuah situs untuk tetap normal. Dan apabila CPU sampai 100%, pasti akan menampilkan pemberitahuan terhadap ini.

Layanan hosting berhak menangguhkan website dengan alasan ini. Sementara pengguna mungkin tidak terlalu paham bagaimana hal ini bisa terjadi, tapi yang pasti disini akan Saya berikan beberapa cara supaya CPU tidak meningkat terus-menerus meski pengunjung situs tergolong banyak.

Menambah Fitur Cache pada Website

Fitur caching biasanya akan membuat static file yang mana digunakan untuk memuat halaman yang diakses semua orang. Ini adalah cara utama yang wajib untuk dilakukan. Tak hanya membuat CPU stabil, tapi website juga cepat untuk diakses.

Intinya dalam mengaktifkan fitur cache pada website, setiap operasi dari kode PHP atau lain-lain tidak akan dimuat kembali. Dan pengunjung website hanya akan melihat versi HTML pada situs.

Tidak Menambah Banyak Kode Javascript

Kode javascript memang penting untuk digunakan, tapi bukan berarti harus berlebihan dalam penggunannya. Contohnya seperti pengguna memasang banyak plugin pada situsnya yang mana harus menambahkan javascript pada bagian atas.

Jika itu javascript external, mungkin tak menjadi masalah. Namun apabila kode javascript dimuat dari internal pasti bisa menyebabkan CPU meninggi. Hal ini bisa diatasi dengan menggabungkan banyak javascript dalam satu berkas saja atau biasa disebut sebagai tehnik Minify.

Menampilkan Gambar Ukuran Tinggi

Tidak masalah apabila gambar tersebut dimuat dari sumber external, tapi jika gambar disediakan dari server situs. Maka bukan hanya CPU yang akan meningkat, tapi bandwidth juga akan bertambah pesat setiap kali seseorang me-refresh halaman.

Solusinya adalah mengunggahnya pada penyimpanan gambar dan ambil URL untuk ditampilkan pada situs. Jangan lupa untuk mengompress gambar tersebut supaya loading situs juga cepat.

Percepat Loading Website

Ketika suatu pengunjung kesusahan untuk mengakses website dengan cepat dan harus menunggu waktu sedikit lama, hal ini bisa juga lho menambah beban CPU meski cara diatas sudah diterapkan. Dan hal ini bisa terjadi adanya script external yang tidak dapat diakses sehingga masalah ini terjadi.

Sebaiknya segera untuk memperbaiki apa penyebab proses loading pada situsnya menjadi lambat. Atau cara mudahnya, silakan konsultasikan pada layanan support pada hostingnya. Mereka pasti akan membantu untuk menganalisa apa yang membuat situs menjadi berat untuk diakses.

Tambah Fitur Lazy Load

Jika situs pengguna memang bertujuan untuk gambar, misalnya situs penyedia tutorial yang selalu menampilkan gambar untuk mempermudahkan pengunjung. Berarti situs pengguna tersebut sebaiknya dipasang fitur lazy load.

Maksud dari Lazy Load adalah menampilkan gambar hanya ketika pengunjung akan melihatnya pada layar. Jadi apabila pengunjung belum menggulir halaman yang tersedia gambar itu, maka gambar tidak akan dimuat.

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Situs WordPress pada Shared Hosting

Kesimpulan

Kecepatan loading pada website adalah faktor utama yang berpengaruh pada CPU. Tapi selama pengguna menerapkan cara diatas, Saya menjamin bahwa beban CPU pasti bisa kurang dari 50%.

Saya juga menyarankan pengguna untuk bertanya lebih kepada layanan support hosting tentang kejanggalan yang mungkin terjadi pada situsnya akhir-akhir ini yang mana itu tidak pernah terjadi sebelumnya. Jadi suruh mereka untuk melakukan pemindaian penuh berkas file dan segalanya terhadap ancaman berbahaya seperti virus atau lain-lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment