≡ Menu

Cara Mengetahui Apakah Cooling Fan Laptop Berfungsi

Cara Mengetahui Apakah Cooling Fan Laptop Berfungsi

Colling Fan atau gampangannya adalah Kipas yang dipakai untuk mendinginkan suhu dalam perangkat sangatlah dibutuhkan sekali untuk membuat Laptop bisa hidup dalam jangka waktu lama. Tanpa kipas yang berfungsi, suhu akan terus meningkat dan komponen bisa berpotensi rusak atau terbakar.

Jika pengguna penasaran mengapa ada lubang dibagian bawah atau bahkan samping laptop, itu karena dipakai untuk mengeluarkan uap panas yang dihembuskan oleh kipas. Dan bayangkan jika tidak ada lubang sekalipun, pasti perangkat bisa sesak dan mulai tidak terkontrol.

Untuk itu, sangat penting sekali bagi pengguna untuk mengetahui apakah cooling fan pada laptopnya bekerja atau tidak. Dan disini akan Saya berikan sedikit tips untuk mengeceknya yang mana semuanya aman untuk dilakukan.

Baca juga: Cara Mengatasi Kinerja Laptop Yang Lambat

Mendengarakan Cooling Fan

Kipas laptop memiliki fitur yang sangat baik. Karena dapat mengontrol kecepatan sesuai suhu perangkat saat ini. Tapi bagaimanapun juga kipasnya pasti akan terus berputar walaupun itu lambat. Dan sangat pasti sekali akan mengeluarkan suara layaknya kipas biasanya.

Pengguna hanya perlu mendengarkannya pada ruangan yang senyap. Cukup tempelkan kuping pada keyboard laptop dan pasti pengguna sudah bisa mengetahui apakah cooling fan tersebut bekerja atau tidak.

Merasakan Hembusan Kipas

Mendengarkan kipas bekerja tidaknya mungkint tergolong sesuatu yang sedikit susah apabila kipas tersebut tidak berputar sangat cepat. Tapi pengguna masih bisa mencobanya dengan cara merasakan hembusannya.

Jika ada lubang khusus untuk kipas yang biasanya terdapat pada sisi samping, rasakan pada area tersebut. Namun jika tidak ada berarti pengguna harus merasakannya dari area bawah laptop.

Mendekatkan jari pada area kipas itu berhembus biasanya membantu, tapi supaya lebih akurat adalah mendekatkan pipi pada sekitar area hembusan. Entah kenapa tapi sepertinya pipi lebih sensitif apabila menerima sesuatu yang hangat. Atau jika ini terlalu konyol, cukup basahi jari terlebih dahulu sebelum mendekatkannya.

Mengecek Temperatur CPU Laptop

Walau Saya pikir kedua cara diatas sudah bisa mengetahui secara akurat. Tapi siapa tahu pengguna penasaran apakah cooling fan pada laptop bisa terkontrol dengan mudah. Yaitu dengan cara mengetahui temperatur suhu CPU saat ini.

Di beberapa laptop biasanya memiliki fitur untuk mengecek temperatur. Tapi banyak pula yang tak memilikinya, sehingga harus menggunakan pihak ketiga untuk mulai melihatnya. Ada banyak program gratis yang bisa pengguna pakai untuk mengecek suhu CPU. Silakan cari di Google.

Apabila suhu CPU laptop lebih dari 160 derajat disaat tidak melakukan apapun. Itu tandanya ada sesuatu yang ganjil pada kipasnya. Bisa jadi rusak atau tidak bekerja dengan baik.

Baca juga: Solusi Komputer Tidak Mau Booting dan Black Screen

Kesimpulan

Jangan membiarkan laptop menyala tanpa adanya cooling fan yang berfungsi. Mungkin pengguna berfikir bahwa itu bisa diatasi dengan cooling fan external atau biasanya dipakai dibawah laptop. Namun ketahuilah bahwa itu bukan cara yang benar.

Sebaiknya lekas membawa laptop ke tukang servis. Pasti mereka tahu apa yang harus diperbaiki dan biayanya pun juga tidak terlalu mahal. Sebab jika membiarkannya, suatu saat pengguna akan mengalami masalah yang lebih berat seperti perangkat tiba-tiba mati atau bahkan blue screen walau tidak membuka program yang membebani.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment