≡ Menu

Cara Mencari Kiriman Orang di Grup Facebook

Cara Mencari Kiriman Orang di Grup Facebook

Kegunaan Facebook sekarang sudah menjadi sebuah tempat bagi semua orang untuk berbagi dan menemukan informasi yang baru secara cepat. Faktanya banyak sekali berita-berita terbaru yang lebih dulu hadir di Facebook ketimbang di berita TV.

Hal ini dikarenakan adanya fitur “berbagi” atau “sharing” yang mana memungkinkan seseorang untuk ikut serta membagikan kiriman itu untuk teman-temannya. Dan biasanya sebuah berita yang ter-update ini bahwasanya didapatkan dari suatu komunitas atau grup publik.

Fitur grup yang ada di Facebook bertujuan untuk berdiskusi bersama dari anggota yang telah bergabung. Kadang privasi grup bisa tertutup atau terbuka, dan hal tersebut adalah hak dari pengurus grup. Setiap hari pastinya terdapat puluhan bahkan sampai ratusan kiriman yang dilontarkan anggota. Sehingga nyaris mustahil untuk ditemukan lagi.

Baca juga: Cara Keluar dari Grup Facebook Melalui Ponsel atau PC

Bisakah Mencari Kiriman di Grup Facebook?

Jawabannya adalah bisa, dan bahkan dapat dilakukan dengan mudah memakai fitur pencarian yang ada disana. Tapi hal ini sangat mustahil untuk dilakukan apabila pengguna bukanlah anggota grup tersebut.

Tidak hanya pengurus saja, bahkan setiap anggota diberikan hak untuk mencari setiap kiriman yang ada. Ini hampir sama seperti fitur pencarian yang ada dibagian atas Facebook yang memiliki banyak kegunaan, hanya saja fitur pencarian yang ada di grup hanya khususkan untuk mencari kiriman saja.

Bagaimana Cara Melakukan Pencarian Kiriman di Grup Facebook?

Pengguna dapat menerapkan cara ini memakai perangkat ponsel maupun komputer. Harap diketahui bahwa cara yang dibagikan ini langsung dari fitur Facebook sendiri, jadi segala cara yang dilakukan adalah sepenuhnya aman untuk dilakukan. Berikut ini tata caranya.

  1. Silakan masuk ke Facebook dan menuju grup yang ingin dicari kirimannya.
  2. Untuk mulai mencari, cukup isikan kata kunci pada kolom pencarian yang ada dibawah nama grup. Atau contohnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

    Tampilan di Komputer
    Melihat kolom pencarian Facebook

    Tampilan di Ponsel
    Melihat kolom pencarian Facebook

    Jika sudah menuliskannya, cukup tekan tombol pencariannya.

  3. Kemudian akan muncul kiriman yang relevan sesuai dari kata kunci.

Kiriman yang ditampilkan tidak ada batasnya, jadi selama terdapat postingan yang memiliki unsur dari kata kunci tersebut, atau bahkan komentar yang mengandung kata kunci yang tertulis, maka akan dianggap sebagai kiriman yang dicari.

Baca juga: Tips Supaya Akun Facebook Tetap Aman dari Para Peretas

Fitur Masih Tidak Tersedia di Facebook Versi Mobile Basic

Apabila memakai ponsel, harap untuk menggunakan Facebook versi touch. Sebab fitur ini masih tak tersedia dalam versi mobile basic. Termasuk pada aplikasi versi Lite juga masih belum tersedia.

Mencari kiriman di grup kadang memang perlu untuk mencari sesuatu yang dirasa penting. Tapi sebagai saran, jika pengguna menemukan kiriman yang dirasa masih perlu untuk suatu saat, sebaiknya memakai fitur untuk menyimpan kiriman.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment