≡ Menu

Cara Menampilkan Keyboard pada Layar Komputer Windows

Cara Menampilkan Keyboard pada Layar Komputer Windows

Papan ketik atau keyboard sangat dibutuhkan sekali untuk sebuah komputer. Tanpa adanya papan ketik, pengguna tidak bisa melakukan banyak hal. Bahkan kebanyakan program sejenis game juga membutuhkan itu untuk mengontrol pergerakan karakter.

Keyboard bisa rusak kapan saja tergantung dari pemakaian. Dan kebanyakan orang yang memiliki laptop lebih suka membeli keyboard portable untuk mempermudah pemakaian laptop juga menghindari kerusakan keyboard yang ada di laptop tersebut.

Karena banyak orang bilang bahwa keyboard yang ada di laptop ini cepat rusak, tapi Saya sendiri masih belum tahu apa itu benar atau hanya sekedar isu saja. Karena sampai saat ini Saya hanya memakai keyboard portable untuk merasakan kenyamanan yang lebih ketika memakai laptop.

Baca juga: Cara Mengetes Tombol Keyboard PC Secara Online

Keyboard PC Rusak dalam Keadaan Darurat

Apa jadinya ketika pengguna membutuhkan keyboard tapi secara tiba-tiba satu tombol tidak berfungsi. Tentu pikiran akan langsung tidak karuan dan gusar. Nah hal ini masih bisa diatasi lho tanpa memakai keyboard.

Jadi yang akan digunakan nantinya adalah sejenis virtual papan ketik yang biasa disebut sebagai OSK (On-Screen Keyboard). Pengguna tidak butuh keyboard lagi selama mouse masih bisa dipakai.

Cara Menampilkan Keyboard pada Layar PC

Windows sudah menyediakan program keyboard khusus yang dipakai sebagai alternatif apabila saat ini papan ketik yang tertaut pada PC tidak berfungsi semestinya. Baik itu keadaan darurat maupun tidak sama sekali, pengguna bisa memunculkan papan ketik tersebut pada layar, begini caranya.

  1. Klik START Menu dan ketik On-Screen Keyboard.

    Cara Menampilkan Keyboard pada Layar Komputer Windows

  2. Kemudian tekan ENTER dan tunggu sekejap, pasti keyboard sudah muncul pada layar.

    Cara Menampilkan Keyboard pada Layar Komputer Windows

  3. Gunakan keyboard tersebut dengan bantuan mouse.

Sederhana sekali bukan? Jika pengguna menggunakan Windows 10, silakan tekan START, lalu menuju Settings => Ease of Access. Dibagian sana pasti terdapat On-Screen Keyboard. Biasanya akan muncul sedikit lama jika pertama kali memakainya, jadi tunggu setidaknya 1 menit.

Baca juga: Mengatasi Icon Shortcut Bermasalah pada Komputer Windows

Kesimpulan

Jika menurut Saya, fitur OSK ini hanya untuk keadaan darurat saja, sebab mengetik memakai bantuan mouse akan butuh waktu yang tidak sedikit. Dan ini hanya sebagai saran saja, karena jika pun ingin membeli keyboard portable, harganya juga tidak terlalu mahal.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment